7 Tips Menabung untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

|

|

|

Tips Menabung yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa – Menghemat dan menabung uang di masa pandemi sangat penting bagi setiap orang. Khususnya para mahasiswa di perantauan.

Kebiasaan belanja dan membeli barang yang kurang penting menjadi kendala bagi beberapa orang untuk menabung. Tapi jangan khawatir, karena kami punya tips menabung yang jitu.

Kami sudah merangkum 7 tips menabung harian yang bisa kamu coba aplikasikan. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, simak langsung penjelasannya di bawah ini:

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga
Sumber Foto: Pexels

1.   Merinci Pengeluaran secara Detail

Buatlah perincian pengeluaran secara teratur. Jangan malas mencatat pengeluaran harian karena hal ini terbilang sangat penting. Tips menabung untuk pelajar ini juga bertujuan untuk memantau pengeluaran uang belanjaan sehari-hari maupun bulanan.

Catat pengeluaran setiap hari. Setelah itu silahkan kamu review setiap akhir bulan. Dari perincian tersebut, kamu akan tahu kemana saja uang yang dikeluarkan setiap bulannya.

Tips menabung ini bermanfaat untuk perencanaan dan strategi keuangan yang lebih baik. Misalnya menghemat beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan, kemudian uangnya dialokasikan untuk ditabung.

2.   Menambah Penghasilan

Ada dua cara terbaik untuk menambah penghasilan bagi para mahasiswa. Dua cara tersebut yaitu magang atau kerja part time. Pemasukannya bisa kamu gunakan untuk tabungan.

Pada saat pandemi, kegiatan sekolah maupun kuliah umumnya diberhentikan. Inilah kesempatan baik untuk menambah penghasilan dengan kerja part time atau magang.

Bahkan, saat ini cukup banyak tawaran kerja freelancer yang bisa kamu pilih. Kerja freelancer memungkinkan kamu untuk bekerja di rumah atau di kosan.

3.   Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Silahkan review catatan pengeluaran yang sudah kamu catat. Cek informasi barang apa saja yang dibeli setiap bulannya.

Mulailah untuk mencatat dan membedakan mana barang yang diinginkan dan mana barang yang dibutuhkan. Buatlah prioritas terhadap barang-barang yang dibutuhkan. Kemudian kesampingkan barang-barang yang diinginkan.

4.   Membuat Dana Cadangan

Yang kami maksud dana cadangan di sini yaitu dana yang bisa kamugunakan saat kebutuhan mendesak. Contohnya biaya untuk pengobatan.

Dana cadangan juga sangat penting untuk mulai kamu alokasikan saat duduk di bangku kuliah.

5.   Buat Rekening Tabungan Terpisah

Tips menabung mahasiswa berikutnya adalah dengan membuat rekening terpisah untuk menabung. Dengan begitu, uang yang ada pada rekening tabungan tidak akan bercampur dengan uang untuk kebutuhan lainnya.

Cara ini juga merupakan tips menabung cepat untuk para mahasiswa. Karena rekening tabungan ini mudah dipantau dan digunakan.

Baca Juga: Rekomendasi Investasi Modal Kecil untuk Mahasiswa

6.   Membatasi Belanja dan Kuliner

Belanja adalah salah satu aktivitas yang kerap menggagalkan proses menabung seseorang. Orang yang kalap belanja umumnya kerap bermasalah dengan keuangan. Maka dari itu, mulailah batasi aktivitas belanja dan kuliner mulai saat ini.

Terlebih jika kamu punya kebiasaan belanja yang mewah dan mahal. Kemudian barang-barang tersebut jarang digunakan. Alangkah baiknya uang yang dibelanjakan tersebut, kamu simpan untuk masa depan.

7.   Membawa Bekal Makanan saat Belajar

Untuk menghemat pengeluaran, bawalah bekal makanan sendiri dari rumah maupun tempat kos. Jangan malu untuk memulai hal ini karena bagus untuk masa depan finansialmu.

Makanan yang tersedia di kantin maupun di tempat-tempat makan lainnya, biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup mahal. Berbeda halnya jika kamu mengolah masakan sendiri lalu membawanya ke kampus.

Itulah 7 tips menabung yang sudah Money+ paparkan di atas bisa kamu coba aplikasikan sekarang juga. Bagi yang ingin menambah penghasilan untuk menabung, yuk, ikut investasi P2P lending di www.amartha.com!

Di Amartha kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Investasi ini juga sangat cocok untuk pelajar maupun mahasiswa loh.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.