icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 7 Sumber Modal Usaha untuk Memulai Bisnis
icon-lang
icon-lang

7 Sumber Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

By Team Amartha Blog - 14 Dec 2022 - 3 min membaca

Sumber modal usaha adalah hal yang penting terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Tanpa modal usaha yang cukup, maka para pengusaha UMKM akan kesulitan untuk bisa mendirikan dan mengembangkan usahanya.

Hal ini juga berlaku pada para perempuan pengusaha mikro di berbagai penjuru Indonesia. Bahkan mereka akan mengupayakan apa saja demi mendapatkan modal usaha yang halal. Llau darimana para pengusaha ini bisa mendapatkan modal usaha? Berikut daftar sumber modal usaha yang bisa mereka dapatkan.

Berbagai Sumber Modal Usaha Untuk Pengusaha UMKM

Ada berbagai sumber yang bisa digunakan para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan modal, baik dari lembaga maupun perseorangan. Berikut di antaranya:

Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi sering dijadikan sumber untuk membangun sebuah usaha, terutama sebagai sumber modal usaha kecil. Banyak pengusaha akan menabung terlebih dahulu dengan tujuan bisa membuka usaha di kemudian hari.

Namun tentunya modal yang didapatkan pun tergantung dengan jumlah tabungan sehingga bila tabungannya sedikit, maka akan kesulitan dalam membuat usaha yang memerlukan modal banyak.

Pinjam Saudara atau Teman

Sumber permodalan dalam usaha lainnya adalah pinjaman dari saudara atau teman. Pinjaman dari saudara atau teman ini sering dipilih karena biasanya tidak memiliki bunga.

Namun tidak semua anggota keluarga atau teman bisa dipinjami karena berbagai alasan. Sekalipun bisa meminjam, nominalnya pun sering tidak sesuai dengan harapan karena tergantung dari kemampuan yang meminjami.

Pinjam Bank

Cara lain yang sering digunakan oleh para pengusaha untuk mendapatkan modal adalah dengan meminjam bank. Nominal pinjaman pun bisa lebih besar daripada tabungan sendiri atau pinjam saudara dan teman.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peminjam agar pengajuan mereka diterima oleh bank. Di samping itu, bank sering meminta jaminan bila peminjam tidak bisa melunasi pinjaman.

Bantuan Pemerintah

Saat ini baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah menyiapkan bantuan bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Bantuan ini pun bisa menjadi sumber modal usaha yang bermanfaat bagi bisnis.

Namun tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan ini karena mereka harus memenuhi syarat-syarat yang ada. Di samping itu, nominal bantuan pemerintah pun tergantung dari pemerintah itu sendiri.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM dengan Cepat! 

Investor

Investor bisa juga menjadi sumber dana untuk bisnis. Biasanya para pelaku usaha yang mencari investor adalah mereka yang ingin mengembangkan usahanya menjadi skala besar.

Dalam mencari investor, para pelaku usaha harus meyakinkan mereka dengan berbagai hal seperti pengajuan proposal dan presentasi. Selain itu, pelaku usaha juga harus menetapkan perjanjian terutama mengenai bagi hasil kepada investor agar mereka mau berinvestasi. Salah satunya dengan meminta pengajuan dana ke microfinance marketplace.

Rekan Kerja

Tak jarang para pelaku usaha juga mencari rekan kerja agar memperoleh modal tambahan untuk mengembangkan usaha mereka. Rekan kerja ini nantinya juga bisa turut andil dalam pengelolaan usaha.

Biasanya diperlukan perjanjian yang menguntungkan kedua belah pihak agar bisa bekerja sama dengan baik. Namun terkadang adanya rekan kerja ini bisa menimbulkan perselisihan.

Menjual Aset

Para pelaku usaha juga bisa menjual aset untuk memperoleh modal. Aset ini bentuknya bisa bermacam-macam seperti perabotan, kendaraan, hingga rumah.

Namun terkadang sulit untuk menemukan orang yang mau membeli aset tersebut sehingga hal ini bisa menjadi penghambat pelaku usaha untuk mendapatkan modal.

Itulah berbagai sumber modal usaha yang bisa diperoleh para pelaku usaha, termasuk para perempuan pengusaha mikro.

Pinjaman Modal Usaha UMKM Bersama Amartha

Tertarik membuka usaha mikro? Teruntuk Anda, perempuan yang memiliki bisnis mikro bisa dapatkan pinjaman modal usaha kelompok mingguan produktif dan pendampingan di Amartha. 

Pengajuan pinjaman modal usaha di Amartha itu mudah, aman, dan terpercaya, dengan cicilan ringan dan jangka waktu pengembalian hingga 50 minggu. Pencairan dana juga cepat tanpa potongan admin. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai pinjaman kelompok mingguan Amartha.

Amartha Menghubungkan Akses Pendanaan dengan Mudah dan Terjangkau

  • Pengajuannya mudah
  • Dilakukan berkelompok dengan risiko terukur
  • Pencairan dana yang cepat tanpa potongan admin
  • Pendampingan berkala dengan layanan ramah dan amanah

Proses Pinjaman Modal Usaha di Amartha

  • Pembentukan Kelompok: Membentuk kelompok 15-25 orang dengan domisili berdekatan.
  • Penilaian: Mendaftarkan profil usaha untuk selanjutnya dilakukan verifikasi. Setiap calon mitra akan mendapatkan skor kredit serta jumlah pinjaman modal usaha yang disetujui.
  • Pencairan Dana: Mitra dengan pinjaman yang disetujui akan menerima dana dan melakukan akad kredit dengan petugas Amartha.
  • Pertemuan Mingguan: Selama masa peminjaman modal usaha, mitra akan mengikuti pertemuan kelompok mingguan yang difasilitasi Amartha.

Artikel Terkait

umkm go digital

UMKM Go Digital, Apa Tujuannya?

apa itu UMKM

Pengertian UMKM, Jenis, Fungsi, dan Cara Mendaftarnya

ilustrasi: peran UMKM dalam perekonomian Indonesia

Kontribusi dan Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

usaha ternak yang menjanjikan

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan, Cocok untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png