7 Strategi Pengembangan Usaha Agar Semakin Sukses!

0
314
Ilustrasi pengembangan usaha. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi pengembangan usaha. sumber: www.pexels.com

Seorang pengusaha yang sukses tentunya akan terus melakukan berbagai upaya pengembangan usaha agar perolehan profit semakin meningkat. Apalagi dengan kondisi perekonomian saat ini yang sedikit lesu. Banyak yang mengeluhkan penghasilan mereka menurun drastis akibat daya beli masyarakat yang kian menurun. 

Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan beberapa strategi yang tepat dan efektif agar bisnis tidak stagnan dan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Apa saja sih strategi dalam mengembangkan usaha untuk mencapai target profit yang diinginkan? Berikut informasinya. 

Strategi Pengembangan Usaha Untuk Tingkatkan Profit

1. Kenali Pesaing

Dalam dunia usaha selalu ada yang namanya persaingan antar sesama pengusaha, terutama pesaing yang menjual produk serupa dengan yang kamu miliki. Berkaitan dengan hal tersebut, strategi pengembangan usaha yang pertama kali harus dilakukan adalah mengenali pesaing atau kompetitor. 

Ini diperlukan agar kamu bisa mengukur kekuatan dan kelemahan pesaing sebagai bahan perbandingan. Dengan pengenalan tersebut kamu bisa mencari ide bisnis yang bisa membedakan antara usaha yang kamu kelola dengan milik pesaingmu, walau produk yang dijual serupa. 

2. Manfaatkan Media Sosial

Fungsi media sosial kini tidak hanya sebagai pusat informasi tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasil rupiah yang menakjubkan. Pasalnya, melalui media sosial kamu bisa membuat konten yang dibalut dengan iklan produk serta profil yang menarik secara gratis. Dengan tujuan, agar calon konsumen tertarik dengan produk tersebut dan berujung pada transaksi pembelian. 

Jika ingin menjangkau pasar lebih luas lagi, kamu bisa menggunakan akun media sosial bisnis atau memanfaatkan fitur social media advertising. Namun ingat, untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus mengeluarkan sejumlah uang agar bisa mempromosikan produk di fitur tersebut. 

3. Memperluas Jaringan

Salah satu tujuan pengembangan usaha adalah untuk meningkatkan profit. Strategi yang tepat agar hal tersebut bisa terwujud adalah dengan memperluas jaringan pemasaran. Misalnya saja dengan membuat cabang baru, menerapkan pemasaran online, beriklan di beberapa platform sekaligus, atau meningkatkan hubungan bisnis.

Baca Juga: 7 Sumber Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

4. Mengajukan Pinjaman Dana

Untuk memperluas jaringan tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Kamu bisa menerapkan cara pengembangan usaha berupa mengajukan pinjaman untuk tambahan modal, misalnya saja ke bank atau ke microfinance marketplace yang terpercaya dan telah mengantongi izin resmi dari OJK.

5. Melakukan Investasi

Alternatif lain untuk mendapatkan tambahan modal selain menabung dan mengajukan pinjaman adalah dengan investasi. Ada banyak sarana investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan modal yang kamu miliki. 

Contohnya, reksa dana, saham, emas, obligasi, p2p lending dan lain sebagainya. Namun sebelum memilih, pastikan untuk mencari informasi secara lengkap mengenai investasi yang kamu inginkan agar tidak terjebak pada investasi bodong. 

Jika tertarik pada pendanaan kolektif untuk pendanaan pengusaha mikro lainnya, kamu bisa memilih Amartha untuk memperoleh imbal hasil pasif mingguan hingga 15% flat per tahun. Langsung aja download dan modalin dari Rp100.000 aja di Amartha.

6. Inovasi Berkala

Konsumen memiliki kecenderungan cepat bosan dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Untuk itu, kamu harus selalu mengupayakan adanya inovasi pada bisnis yang kamu kelola agar tidak kehilangan pelanggan setia. Contoh strategi pengembangan usaha yang berkaitan dengan inovasi adalah menyediakan berbagai macam metode pembayaran, membuka toko online dan offline, dan lain sebagainya. 

7. Utamakan Pelayanan Konsumen

Ungkapan bahwa konsumen adalah raja wajib diterapkan dalam berbisnis. Sebab, konsumen memiliki kuasa untuk memilih toko manapun yang membuatnya nyaman. 

Untuk itu, kamu harus bisa memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya agar mereka merasa dihargai dan dihormati. Contoh layanan terhadap konsumen diantaranya adalah menjawab dengan sopan dan ramah, cepat tanggap terhadap setiap pertanyaan yang diajukan, menawarkan bantuan, dan memberikan solusi. 

Itulah ketujuh strategi dalam mengembangkan usaha yang bisa meningkatkan profit. Intinya, apapun jenis bisnis yang kamu lakukan, baik skala kecil maupun bisnis skala besar tetap membutuhkan strategi jitu untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here