7 Penyebab Insomnia pada Wanita dan Cara Mengatasinya!

0
39
Ilustrasi insomnia pada wanita. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi insomnia pada wanita. sumber: www.istockphoto.com

Insomnia memang bisa menyerang siapa saja, tidak melihat soal gender ataupun usia. Namun, wanita menjadi salah satu yang paling rentan terkena insomnia ini dikarenakan kombinasi faktor sosial dan biologis. Sebenarnya apa penyebab insomnia pada wanita?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang penyebab susah tidur ini, kamu perlu mengetahui dulu sebenarnya apa itu insomnia. Pada dasarnya, insomnia ini merupakan gangguan yang membuat penderita kesusahan tidur atau tidak mendapatkan tidur yang cukup walaupun sebenarnya ada cukup banyak waktu untuk beristirahat.

Berdasarkan informasi dari Medical News Today, kasus ini hanya terjadi dalam jangka waktu yang pendek, tapi dari 1 banding 10 kasus mengalami gangguan insomnia yang kronis yang terjadi selama 3 bulan.

Penyebab Insomnia Pada Wanita

Sebenarnya apa penyebab insomnia dan mengapa kebanyakan terjadi pada wanita? Hal ini kebanyakan dipengaruhi oleh hormon yang pada akhirnya menyebabkan insomnia. Jadi ada beberapa penyebab khusus yang hanya dialami oleh wanita. Namun ada beberapa faktor diluar hormon yang juga ikut berpengaruh. Berikut adalah penyebabnya:

1. Multitasking

Ini adalah salah satu yang menjadi ciri khas sekaligus keahlian wanita. Hal ini disematkan pada wanita karena dapat melakukan berbagai hal bersamaan dalam waktu sekaligus, dan hal ini mencakup pekerjaan, rumah, dan sosial. Disamping segala kelebihannya, ternyata multitasking membawa akibat buruk, yaitu insomnia.

2. Sindrom Premenstruasi

Menstruasi tidak  hanya berpengaruh terhadap fisik seperti lemah letih lesu serta perubahan mood. Sindrom premenstruasi atau yang biasa disebut dengan PMS ini terpengaruh dari hormone yang membuat perubahan mood menjadi tidak menentu. Selain itu, PMS ini juga bisa menimbulkan insomnia yang cukup akut.

3. Kehamilan

Ibu hamil juga cenderung mengalami perubahan hormon. Hal ini menjadi penyebab insomnia pada wanita. Insomnia ini juga makin bertambah parah ketika trimester pertama. Bagaimana bisa terjadi insomnia? Biasanya ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Ditambah lagi keinginan untuk buang air kecil yang cukup sering serta mengalami kram di bagian kaki.

Baca Juga: Apa Itu Financial Stress, Dampak dan Cara Mengatasinya!

4. Menopause

Memasuki usia 45-55 tahun, wanita akan memasuki tahap menopause. Pada fase ini, wanita akan mengalami penurunan dalam produksi hormon estrogen yang menyebabkan insomnia.

5. Stress

Stress dan juga gangguan pada mood memang sangat berpengaruh pada insomnia. Secara general, wanita akan lebih mudah mengalami perubahan mood serta rentan akan stress yang tentu saja akan berpengaruh pada pola tidurnya. Selain itu, wanita akan mudah mengalami gangguan kecemasan yang bisa memicu semakin parahnya insomnia.

6. Efek Obat

Selain penyebab insomnia secara psikologis, ada juga yang disebabkan karena faktor luar seperti obat yang dikonsumsi. Ternyata, ada obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan wanita menjadi susah untuk tidur.

7. Penyakit

Ketika wanita menderita penyakit yang cukup parah, pasti akan langsung berpengaruh pada pola tidurnya. Sampai sekarang belum ada cara mengatasi insomnia paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Nah, itulah tadi beberapa penyebab insomnia pada wanita. Semoga membantu ya!

Dapatkan informasi bermanfaat lainnya dengan mendownload aplikasi Amartha di samrtphone kamu.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here