7 Peluang Karir Digital Marketing Dengan Gaji Menggiurkan

0
517
peluang karir digital marketing
Ilustrasi peluang karir digital marketing. Photos by ANTONI SHKRABA (Pexels)

Peluang Karir Digital Marketing Paling Diminati Kalangan Anak Muda

Di era yang serba canggih seperti saat ini membawa dampak yang cukup besar bagi para pencari kerja. Salah satunya adalah kian meningkatnya peluang karir digital marketing seiring dengan banyaknya permintaan dari perusahaan yang ingin menjalankan proses pemasaran melalui media digital.

Setidaknya ada 7 peluang karir yang di bidang digital marketing yang cocok untuk anak muda, diantaranya adalah: 

1. Social Media Manager

Profesi pertama di bidang digital marketing yang cocok untuk anak muda adalah social media manager. Profesi yang satu ini bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas pemasaran yang dilakukan via media sosial.

Jika ingin menjadi seorang social media manager, kamu harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan copywriting, design, community engagement, analytics, dan budgeting secara mendalam.

2. SEO Specialist

Dalam dunia digital marketing, mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan sebagainya menjadi salah satu alat paling populer yang digunakan calon konsumen dalam mencari informasi produk atau layanan yang akan dibeli.

Disinilah peran SEO specialist dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah traffic pada suatu website. Apabila sukses, tidak menutup kemungkinan gaji digital marketing seorang seorang SEO specialist bisa melebihi gaji karyawan kantoran.   

3. Social Media Strategist

Pekerjaan yang berkaitan dengan bidang digital marketing berikutnya adalah profesi sebagai Social Media Strategist. Tugas yang harus dilakukan diantaranya adalah: 

  • Bertanggung jawab dalam pengaturan strategi yang berkaitan dengan konten yang akan dibagikan. 
  • Berusaha mencapai KPI (Key Performance Indicator) dengan cara merancang rencana untuk sebuah campaign
  • Merancang strategi promosi yang akan disebarkan ke berbagai sosial media. 
  • Memiliki kemampuan Search Engine Optimization (SEO) untuk menganalisa traffic sosial media. 
Baca Juga: Generalis Atau Spesialis, Mana yang Lebih Cocok Dalam Karir?

4. User Interface Designer 

Jika kamu memiliki keahlian membuat desain, maka peluang karir digital marketing yang bisa kamu coba adalah sebagai seorang UI designer.

Tugasnya adalah merancang konsep sebuah website sesuai arahan dari UX designer yang bisa membuat pengguna merasa puas saat mengakses website tersebut. 

Selain itu, pembuatan website tersebut juga harus disesuaikan dengan platform yang digunakan, seperti website, aplikasi mobile, atau aset digital. 

Untuk bisa menjadi UI designer, kamu harus memiliki keahlian mengoperasikan beberapa software editing seperti Canva, Adobe Illustration, Figma, Adobe Photoshop, dan sebagainya. 

5. Content Writer

Jika kamu hobi menulis, contoh pekerjaan digital marketing yang cocok adalah sebagai content writer. Tugas yang harus dilakukan adalah membuat konten di berbagai platform yang berbeda-beda seperti iklan, website, dan blog. Selain itu, konten tersebut juga harus mampu menarik perhatian sekaligus membangun interaksi dengan pengunjung 

6. Web/Mobile Developer

Profesi berikutnya yang cocok generasi muda yang memiliki pengalaman kerja digital marketing dalam menciptakan sebuah website adalah bekerja sebagai web atau mobile developer. Untuk profesi yang satu ini, kamu harus menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, JQuery, dan sebagainya. 

8. Digital Marketing Consultant

Profesi terakhir yang bisa kamu pilih di dunia digital marketing adalah sebagai digital marketing consultant. Untuk bisa bekerja secara profesional, kamu harus menguasai seluk beluk digital marketing baik dari segi teknis maupun non-teknis.

Dengan demikian, kamu bisa memberikan solusi dan rekomendasi strategi yang harus dilakukan klien yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran melalui media digital. 

Itulah ketujuh rekomendasi peluang karir digital marketing yang bisa kamu pilih. Umumnya gaji di bidang ini sangat menggiurkan yaitu mulai dari Rp5 juta untuk level new entry dan bisa mencapai Rp15 juta untuk level manajer. Ayo ciptakan sejuta peluang keuntungan dengan asah terus skillmu.

Kamu juga bisa dapatkan peluang keuntungan dengan modalin CEO UMKM di Amartha, lho. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan. Ayo modalin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here