7 Keuntungan Ibu Rumah Tangga Punya Usaha UMKM

0
18
Sumber Foto: Freepik

Ibu Rumah Tangga Jalankan Usaha UMKM – Menjalankan sebuah usaha adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan sumber penghasilan.

Meskipun jenis usaha yang dijalankan adalah usaha UMKM dengan kapasitas yang kecil. Bagi ibu rumah tangga sebenarnya tipe bisnis seperti ini sangat direkomendasikan.

Berikut adalah 7 keuntungan yang bisa didapatkan ketika ibu rumah tangga memiliki kesibukan menjalankan UMKM:

new normal, peluang usaha
Photo by Pexels.com

1. Dapat Penghasilan Tambahan

Keuntungan yang pertama jelas sekali bahwa menjalankan UMKM untuk ibu rumah tangga akan memberikan penghasilan tambahan. Dengan adanya UMKM ini maka istri tak perlu bergantung lagi sepenuhnya kepada penghasilan suami.

Adanya sumber penghasilan lain yang bisa diandalkan dan hal ini tentu saja akan memperkuat finansial keluarga. Kesejahteraan juga akan meningkat seiring dengan bertambahnya penghasilan.

2. Pengaturan Finansial Lebih Mudah

Jumlah penghasilan yang lebih besar akan mempermudah proses pengaturan finansial. Bayangkan saja, ketika penghasilan pas-pasan dan hanya dari satu sumber saja. Pasti akan terasa sulit untuk mengelolanya dengan baik dan efektif.

Lain halnya jika ada sumber penghasilan lain yang membuat pemasukan bertambah. Proses mengatur finansial akan lebih efektif dan alokasi dana untuk berbagai kebutuhan bisa dilakukan dengan lebih leluasa.

3. Kreativitas Meningkat

Mengelola sebuah usaha akan membuat kreativitas jadi lebih terasah dan terus meningkat. Ibu rumah tangga juga perlu melatih pikiran agar selalu kreatif dan tidak bosan dengan rutinitas.

Menjalankan usaha adalah salah satu solusi yang bisa diambil. Pilihlah jenis usaha UMKM yang paling sesuai dengan bakat dan passion sehingga kreativitas bisa terus terasah tanpa merasa bosan.

Baca Juga: Anti Gagal! 6 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

4. Risiko Stres Menurun

Keuntungan menjalankan usaha untuk ibu rumah tangga memang tidak selamanya berbentuk uang. Salah satu keuntungan lain yang bisa diperoleh adalah risiko stres pada ibu rumah tangga jadi lebih kecil.

Perlu diketahui bahwa ibu rumah tangga adalah salah satu golongan orang yang mudah sekali stres. Rutinitas sehari-hari mengurus rumah dan keluarga bisa memicu stres dan hal ini bisa dicegah dengan menjalani kesibukan lain yaitu berbisnis. 

5. Bisa Jadi Persiapan Hari Tua

Usaha yang dimulai oleh ibu rumah tangga dapat menjadi persiapan untuk menghadapi hari tua. Sebagai orang yang sudah berkeluarga, penting sekali untuk memikirkan persiapan hari tua apalagi setelah suami pensiun. Bisnis kecil-kecilan yang dirintis bisa menjadi solusi persiapan finansial di masa-masa tua ketika produktivitas sudah mulai menurun. 

6. Melatih untuk Lebih Mandiri

Mengelola bisnis akan melatih ibu rumah tangga untuk lebih mandiri. Khususnya mandiri secara finansial sehingga ada beberapa jenis kebutuhan yang bisa dipenuhi sendiri tanpa harus minta kepada suami.

Selain lebih mandiri finansial juga lebih mandiri dari segi lainnya karena dalam proses menjalankan bisnis itu sendiri memang dibutuhkan kerja keras dan sikap kemandirian.

7. Dapat Jadi Investasi

Pilihlah bisnis ibu rumah tangga yang sekiranya bisa berkembang besar di masa depan. Jika bisa menjalankan sebuah bisnis yang awet bertahan di masa yang akan datang maka penghasilan dari bisnis tersebut dapat jadi investasi yang menjanjikan.

Investasi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan demi kemapanan finansial di masa depan, terutama untuk masa depan anak-anak.

Itulah tadi 7 keuntungan menjalankan usaha UMKM bagi ibu rumah tangga. Jika sudah menjalankan usaha dan mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut maka pastikan untuk mengelola finansial dengan sebaik mungkin.

Lakukan investasi bersama Amartha yang sudah terbukti aman dan terpercaya serta bisa memberikan nilai imbal balik yang tinggi yaitu hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here