7 Daerah Indonesia Dengan Tradisi Unik Di Hari Kemerdekaan

0
31
Ilustrasi tradisi kemerdekaan. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi tradisi kemerdekaan. sumber: www.istockphoto.com

Hari kemerdekaan yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus selalu dirayakan dengan berbagai cara yang unik oleh masyarakat Indonesia. Momen ini menjadi salah satu momen perayaan kemerdekaan dan kebersamaan seluruh warga negara. Maka dari itu, berbagai aktivitas lomba, acara dan tradisi menjadi semarak.

Di Indonesia, terdapat beberapa tradisi unik yang dilakukan masyarakat untuk merayakan event kemerdekaan. Tradisi tersebut tentunya berbeda dari yang lain dan sudah menjadi ciri khas daerah tersebut. Kamu yang ingin tahu, inilah 7 tradisi unik kemerdekaan dari berbagai daerah di Indonesia:

1.Tradisi Pacu Kude (Aceh)

Tradisi unik pertama berasal dari wilayah paling barat Indonesia, yaitu Aceh. Tradisi Pacu Kude yang rutin setiap tahun diselenggarakan oleh warga Aceh awalnya adalah permainan yang diselenggarakan ketika panen tiba. Namun, tradisi ini beralih fungsi menjadi keunikan warga Aceh untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia

2. Tradisi Lomba Sampan Layar (Batam)

Tradisi lomba sampan layar menjadi tradisi unik dan khas warga Batam, yang mana sudah diselenggarakan sejak tahun 1965. Acara unik ini sudah menjadi daya tarik turis domestik dan mancanegara. Hal tersebut karena lomba sampan layar ini menunjukkan keunikan dan warna warni layar perahu yang membuat suasana meriah.

3. Tradisi Telok Abang (Palembang)

Ketika HUT RI tiba, warga Palembang akan familiar dengan penjual Telok Abang yang merupakan sebuah mainan yang terbentuk dari gabus. Berbagai jenis mainan seperti pesawat, kapal, mobil dan lain-lain dijual untuk merayakan perayaan HUT RI.

Jika di daerah lain, ketika menjelang pawai 17 Agustus, komoditas yang paling banyak dijual adalah bendera merah putih. Hal ini berbeda dengan warga Palembang yang mana komoditas yang paling banyak dijual dan sudah menjadi kekhasan adalah Telok Abang.

Baca Juga: Napak Tilas Kemerdekaan Indonesia Di 5 Tempat Bersejarah Ini

4. Tradisi Pawai Jampana (Bandung)

Warga Bandung memiliki tradisi unik tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tradisi tersebut bernama Pawai Jampana, yang mana warga Bandung membuat berbagai jenis tandu yang berisi buah-buahan, hasil bumi dan aneka makanan.

Selanjutnya, tandu akan diarak oleh warga sebagai bentuk dari tradisi kemerdekaan. Tradisi ini sangat unik karena sarat akan kebersamaan dan kemeriahan. Tandu yang dihiasi berbagai macam warna semakin membuat suasana semarak bagi warga Bandung dan sekitarnya.

5. Tradisi Obor Estafet (Semarang)

Tradisi obor estafet yang menjadi keunikan warga Semarang sudah berlangsung selama 30 tahun. Tradisi ini berisikan kegiatan kemerdekaan tersebut, yang mana para atlet yang membawa obor sambil berlari. Obor estafet memiliki arti semangat membara yang ada di dalam diri masyarakat dan sudah menjadi ikon penyelenggaraan HUT RI.

6. Tradisi Lomba Dayung (Banjarmasin)

Perayaan 17 Agustus di pulau Kalimantan juga tidak kalah unik dan khas. Di Banjarmasin terdapat gelaran lomba dayung di Sungai Martapura, yang mana sudah diselenggarakan sejak tahun 1942. Lomba dayung ini bukan lomba biasa karena perahu yang dipakai merupakan perahu dengan kepala naga.

7. Tradisi Peresean (Lombok)

Tradisi unik dan khas di hari perayaan kemerdekaan terakhir datang dari Lombok. Warga suku Sasak merayakan HUT RI dengan tradisi pertarungan yang disebut peresean. Tradisi ini sengaja diselenggarakan untuk menyulut semangat dan juga sekaligus melatih ketangkasan para lelaki suku tersebut.

Itulah daftar 7 keunikan dari berbagai daerah dalam merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Agar kamu juga merasakan merdeka finansial, yuk untuk berinvestasi mulai sekarang. 

Kabar baik bagi kamu yang ingin belajar berinvestasi, Amartha menawarkan produk terbaik pendanaan mulai dari Rp100 ribu dengan imbal hasil 15% flat per tahun. Cocok banget untukmu yang baru memulai langkah awal menuju kemerdekaan finansial.

Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha microfinance marketplace sudah terdaftar di OJK dan tentunya berdampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih berkembang.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here