7 Cara Menjadi Makin Kreatif untuk Ciptakan Ide Gila

Blog-29-Ags

Think outside the box!” Mungkin banyak dari kamu yang sudah sangat familiar dengan kalimat itu. Berfikir dan menggali banyak ide untuk menjadi makin kreatif, nampak sebuah hal yang sangat sulit bukan? Itulah mengapa banyak pengusaha yang tak jarang merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya, contoh lain saat seorang sutradara yang kesulitan untuk mencari ide segar dan dapat diterima oleh para penontonnya.

Budaya modern memang sering melabeli kreativitas sebagai bakat alami seseorang. Tapi sebenanrya kreativitas itu juga hasil bentukan dan latihan yang panjang, dan setiap orang ternyata punya sisi kreatif masing-masing lho. Nah, mau tahu caranya biar sisi kreatif dalam diri kita bisa digali dengan mudah? Yuk simak tips-tips kilat berikut, agar kamu bisa lekas membangkitkan sisi kreativitasmu untuk ciptakan sebuah ide gila!

A. Ya, Saya Kreatif!

Memikirkan dan membayangkan diri kita sebagai seseorang yang kreatif bisa menjadi sugesti positif untuk dapat membangkitkan kreativitas, hal ini selaras dengan hasil studi yang dilakukan oleh University of Maryland, bahwa memikirkan diri sendiri sebagai salah satu tokoh kreatif, akan membantu kita untuk mengidentifikasi ‘stereotip’ yang dapat menghambat atau meningkatkan kreativitas kita.

B. Jangan Ragu Untuk Buat Coretan

Kegiatan mencoret-coret sering kali dianggap kurangnya fokus saat melakukan kegiatan. Namun tahukah kamu? Sebenarnya kegiatan yang tak terlihat begitu penting ini justru sangat berguna untuk melatih kreativitasmu. Siapkan kertas kosong, lalu coba ciptakan sebuah ide dan mulai untuk mencoret-coret kertas tersebut. Ikuti saja apa yang kamu pikirkan dana apa yang ingin kamu ungkapkan.

C. Mainkan Mainan Favorit

Ternyata banyak lho perusahaan yang  mendorong karyawannya untuk menyimpan dan membiarkan mainan berada di atas meja kerja karyawan. Mainan sederhana seperti lego, “rubik”, origami dan mainan sederhana lain yang mengasah imajinasi otak kita. Hal ini akan merangsang pemikiran kreativitas kita untuk bekerja lebih keras.

D. Isi Imajinasimu dengan Warna Biru

Universitas British Columbia menemukan bahwa 600 orang berpartisipasi dalam tugas kognitif dengan layar biru menghasilkan dua kali produk kreatif, sedangkan dengan layar warna merah tidak demikian.

Melalui asosiasi dengan langit, laut dan air, kebanyakan orang menginterpretasikan biru dengan keterbukaan, perdamaian dan ketenangan. Sehingga akan memacu daya pikirmu menjadi lebih cepat menghasilkan kreativitas.

E. Coba Kegiatan yang Membuatmu Bosan

Ah kenapa kita harus lakukan kegiatan yang membuat kita bosan ya? Ternyata, hal bosan tersebut bisa membawamu untuk makin kreatif lho! Mengapa? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sandi Mann dari University of Central Lancashire, melakukan tugas-tugas kecil yang membosankan ternyata justru bisa merangsang otak untuk berpikir kreatif. Menyusun ulang file yang berantakan di komputermu, membereskan kamar yang berantakan, dan kegiatan membosankan lain menurutmu yang bisa kamu lakukan.

F. Melakukan Meditasi

Tahukah kamu? Meditasi itu bikin tubuh rileks. Nah, kalau tubuh rileks, otak pun tenang.
Kalau otak tenang, masalah bisa lebih mudah untuk dicarikan jalan keluar.
dan ide kreatifnya. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology sendiri, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. “Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas anda,” kata Schooler.

G. Melamun

Aneh memang saat kita ingin fokus temukan ide kreatif, bisa kita tempuh dengan cara melamun, namun ternyata membiarkan pikiranmu mengembara adalah hal yang bermanfaat lho. Peneliti dari University of California menemukan hubungan antara melamun dan pemecahan masalah secara kreatif. Ketika peserta penelitian menyelesaikan tugas ringan yang memungkinkan pikiran mereka mengembara, mereka tampil lebih baik pada tugas-tugas kreatif sesudahnya.

Itulah cara-cara kilat yang bisa kamu coba untuk temukan kreativitasmu dan segera menciptakan ide gila. Nah, kalau kamu ingin mencoba langsung untuk mengasah kreativitasmu, coba ikutan kompetisi di Festival Film Pendek, Amartha Short Movie Festival #UntungnyaTerhubung 2017.

Di sini adalah ajang yang cocok buatmu, khususnya para movie maker untuk dapat mengasah kreativitas dan menciptakan sebuah ide gila! Rebut total Hadiah Rp 350.000.000 dan rasakan pengalaman yang berbeda dalam kompetisi ini. Daftar sekarang yuk!

Please follow and like us:
1 Comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/7-cara-menjadi-makin-kreatif-untuk-ciptakan-ide-gila">
LINKEDIN
%d bloggers like this: