7 Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral

0
765
video tiktok fyp
Sumber Foto: Shutterstock

Demam TikTok semakin hari semakin meningkat, tidak terkecuali di Indonesia. Berbekal kreativitas banyak pengguna Tiktok menjadi terkenal karena video mereka masuk Tiktok FYP dan Viral. Apakah kamu juga tertarik?

Sebagai paltform hiburan, TikTok menghadirkan ruang bagi penggunanya untuk membuat video-video kreatif melalui smartphone dengan durasi mulai dari 15 detik hingga 3 menit.

Perlu diketahui, TikTok sendiri punya sebuah fitur yang dinamakan FYP. Nah, FYP yang merupakan singkatan dari “For Your Page” ini adalah halaman rekomendasi TikTok yang akan muncul pertama kali saat kamu membuka aplikasi tersebut.

Tidak hanya satu video, TikTok selalu memberikan rekomendasi semua video yang menarik dan bagus untuk kamu tonton. Selain itu, FYP juga menjadi harapan dan tujuan setiap orang membuat konten di aplikasi TikTok supaya videonya dilihat banyak orang.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Sambil Rebahan

Dilansir Later, TikTok sebenarnya sudah merilis faktor-faktor yang menentukan konten seperti apa yang “mampir” di FYP setiap pengguna, berikut ini di antaranya:

  • Interaksi Pengguna: video tersebut sesuai dengan apa yang kamu sukai, yang kamu komentari, akun yang kamu follow, dan konten yang kamu buat.
  • Informasi Video: meliputi caption, audio yang digunakan, dan hashtag.
  • Setelan Akun: meliputi preferensi bahasa, negaramu, dan tipe perangkat yang kamu pakai.

Lantas, bagaimana sih caranya agar video TikTok-mu bisa masuk ke FYP milik orang lain? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba!

tiktok
Sumber Foto: Shutterstock

1. Buat Caption Semenarik Mungkin   

Serupa dengan media sosial lainnya, caption juga penting di aplikasi video yang satu ini. Maka tidak heran, jika membuat caption menjadi tips agar video masuk di FYP TikTok.

Akan lebih baik, jika kamu membuat caption yang menarik dan diusahakan isi caption benar-benar mewakili isi video TikTok, yang diupload. Agar lebih menarik perhatian pengguna lain, kamu juga bisa membuat caption, dalam bentuk pertanyaan.

Sebab, dengan banyaknya interaksi, karena pengguna lain ikut berkomentar, maka videomu berkemungkinan bisa muncul di halaman FYP.

2. Buat Konten yang Mampu Menarik Engagement  

Berikutnya, video masuk ke FYP TikTok yang pertama adalah dengan membuat konten yang bisa meningkatkan engagement.

Di sini, kamu harus mengeluarkan segala ide dan kreativitasmu, dalam memilih konten yang tepat dan membuatnya bisa diterima oleh banyak orang.

Pastikan ide kontenmu unik, berbeda dari yang lain, dan memiliki ciri khas. Selain itu, perhatikan juga pengambilan gambar atau angle, serta penerangan.

Upload video-mu ke TikTok dengan resolusi dan kualitas tinggi. Kamu bisa mengambil gambar menggunakan kamera smartphone, hingga mirrorless sekalipun.

3. Kolaborasi dengan Kreator Lain di TikTok  

Supaya akun TikTok kamu semakin dikenal, buatlah konten kolaborasi dengan kreator lainnya. Bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama. Video duet TikTok bisa dibilang cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat.

Bila hasil duetnya menarik, maka akan mendatangkan banyak komentar. Apalagi. kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang diajak duet.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Crowdfunding Mulai Dari 100 Ribu

4. Gunakan Lagu Viral atau Populer di TikTok

Cara selanjutnya agar video masuk FYP TikTok adalah dengan menggunakan lagu, yang viral atau populer di TikTok. Seperti yang diketahui, bahwa lagu atau musik sangat penting dalam sebuah video. Jadi, jika video tanpa musik, mungkin akan terlihat flat.

Namun, kamu tidak perlu susah payah mencari lagu dari luar aplikasi, karena TikTok juga menyediakan banyak pilihan lagu. Bahkan, TikTok menyediakan banyak pilihan lagu, agar pengguna tidak terkena copyright, ketika menggunakannya.

Nah, agar videomu bisa masuk FYP, maka usahakan cari lagu yang sedang viral atau trending. Di situlah, TikTok akan membaca kontenmu, untuk menawarkan ke fyp pengguna lain, yang selera musiknya sama, dengan kamu.

5. Jangan Lupakan Hashtag  

Berikutnya, yang bisa dilakukan agar video bisa muncul pada halaman FYP adalah dengan menggunakan berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan dengan video milik kamu.

Penggunaan hashtag juga akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan, ada beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage. Beberapa hashtag ini dipercaya mampu meningkatkan popularitas dari sebuah video.

6. Perhatikan Waktu Upload Video   

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan waktu upload video. Seperti yang diketahui, bahwa setiap media sosial memilih waktu terbaiknya sendiri-sendiri.

Pembagian waktu-waktu ini, dilihat dari seberapa banyak orang sedang menggunakan aplikasi tersebut. Nah, di situ kamu bisa memanfaatkan waktu, agar videomu bisa dilihat oleh banyak orang.

Berikut rata-rata waktu terbaik upload video di aplikasi TikTok. Jam 12.00 – 13.00 siang, jam 16.00 sore, dan jam 19.00 – 23.00 malam (prime time).

7. Lakukan Interaksi dengan Pengguna TikTok Lainnya

Sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa memulainya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP.

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru bagi akun milikmu.

Nah, itulah beberapa cara beberapa cara yang bisa kamu coba agar video TikTok-mu bisa masuk ke FYP milik orang lain. Selama mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here