7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Ramadhan 1438 H

Lakukan Amalan Berikut, agar Puasamu Makin Indah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai amal perbuatan dapat menjadi pahala yang berkali lipat di bulan ini.

Kita sudah mulai menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Lewat puasa, diharapkan manusia dapat mensucikan diri, melakukan peleburan jiwa untuk menemukan jati diri. Nah selain puasa, di bulan Ramadhan ini akan menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk meraih pahala sebanyak mungkin, dan mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat, salah satunya dengan memperbanyak ibadah dan amalan sunnah yang tentunya tanpa meninggalkan yang wajib ya!

Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi besar umat muslim telah memberikan contoh kepada umat Islam mengenai amalan-amalan ibadah sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Penasaran apa saja? Nah berikut ini adalah 7 amalan sunnah yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, agar puasamu makin berkah.

  1. Melaksanakan Makan Sahur

Melakukan ibadah puasa tentu identik dengan kegiatan yang satu ini, sahur. Kamu tahu gak kenapa kita harus melakukan kegiatan Sahur untuk menjalankan ibadah puasa?

Ternyata rajin makan sahur setiap hari dapat memerangi banyak penyakit lho. Karenanya kegiatan ini dapat membangkitkan imunitasmu. Sebaliknya, jika kamu malah melewatkan makan sahur akan membuat sel-sel dan organ lemah, sehingga menjadi lebih rentan terhadap kuman dan virus.

Selain itu dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyebutkan,

Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Maka mulai sekarang, jangan sampai ketinggalan ya sahurnya.

  1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Selain sahur, tentu kegiatan berbuka puasa adalah suatu hal yang tak kalah penting. Tidak jarang, momen ini selalu ditunggu-tunggu bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Tapi, kamu harus segera berbuka puasa setelah kumandang adzan terdengar, dan jangan sampai menunda. Mengapa demikian?

Rosulullah SAW bersabda :

Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Selain itu, saat berbuka puasa adalah waktu bagi tubuhmu untuk menerima asupan energi kemabali setelah menahan lapar dan haus.  Jangan lupa ya untuk membaca doa berbuka, karena sering kali kita terburu-buru hingga lupa berdoa karena melihat makanan yang begitu banyak.

  1. Sholat Tarawih

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang tentunya tidak kita dapati pada bulan yang lain adalah adanya sholat malam atau tarawih. Tahukah kamu? Menjalankan ibadah sholat tarawih ini merupakan salah satu hal yang paling penting di saat bulan Ramadhan, karena pahala tak hanya pahala berlipat-lipat yang akan kamu dapat, ampunan dosa juga akan kamu peroleh apabila melakukannya dengan sebenar-benarnya.

Rosululloh SAW bersabda:

“Barangsiapa sholat tarawih dengan dilandasi keimanan dan mengharap pahala dari Alloh maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhori dan Muslim).

  1. Tadarus Al-Qur’an

Saat bulan Ramadhan tiba, tentu sangat kental dengan kegiatan tadarus atau membaca kitab suci Al-Quran, pasalnya pada bulan penuh rahmat ini, merupakan pertama kalinya kitab suci Al-Quran ini dirturunkan.

Allah Ta’ala berfirman, “Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan di dalamnya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah : 185)

Maka, aktifitas tadarus sekaligus mengkaji isi dari bacaan Al-Quran termasuk sangat utama dan merupakan salah satu aktifitas utama pula yang di lakukan oleh Nabi SAW. Bila membaca ayat suci Al-Qur’an di bulan-bulan biasa saja mendapatkan pahala, niscaya di bulan penuh berkah ini akan digandakan pahalamu berlipat-lipat.

  1. Memberikan Makanan Berbuka Puasa

Berbuat kebaikan adalah salah satu ibadah yang harus kamu tingkatkan di bulan Ramadhan ini. Salah satu hal yang bermanfaat dan bisa kamu lakukan aoabila memiliki rezeki yang lebih adalah memberikan makanan berbuka puasa.

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu.” (HR. Shohih Nasa’i dan Tirmidzi)

Amalan ibadah yang sangat mulia ini dapat kamu lakukan di sekitar lingkungan tempat tinggalmu, mulai dari tetangga hingga anak yatim piatu.

  1. Meraih Lailatul Qadar

Saat bulan Ramadhan terdapat satu malam yang sangat spesial dan istimewa bagi umat muslim, yaitu malam lailatul qadar atau juga sering disebut dengan malam seribu bulan. Mengapa istimewa?  Hal ini karena di malam lailatul qadar ini, keberkahannya bernilai sebanyak malam selama seribu bulan. Lailatur qadar ini akan hadir pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Keutamaan lain dari lailatul qadar ini adalah, barang siapa yang melakukan ibadah sholat di malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtisab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, begitu kata Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Bahkan, untuk mendapatkan malam penuh berkah itu, Rasulullah saw. mengajarkan kita sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii,” yang artinya Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku.

  1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah dikenal pula dengan sebutan zakat puasa, dan zakat fitri, kerana masa untuk menyempurnakannya adalah pada akhir Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

Bulan suci Ramadhan adalah saat yang paling tepat bagi kita untuk meningkatkan iman dan berbuat kebaikan sebanyak mungkin. Ayo berlomba-lomba meraih berkah di bulan istimewa ini.

Please follow and like us:
1 Comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: