Home Amartha Lender's Corner 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi di Amartha

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi di Amartha

|

|

|

Mungkin kegiatan investasi, masih menjadi hal yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena, masih ada paradigma bahwa investasi baru dibutuhkan saat sudah “mapan” dan berkeluarga atau investasi itu membutuhkan banyak dana dan usaha.

Padahal, investasi adalah hal yang mutlak dan sepatutnya dimulai sedini mungkin lho, selain itu sudah banyak produk investasi yang menawarkan berbagai kemudahan serta keuntungan yang menarik

Namun, masih banyak dari kita yang merasa bingung dan ragu untuk memilih produk investasi yang tepat. Selain pertimbangan profit, sering kali sebagai orang awam, kita merasa “was-was” dan bahkan ragu untuk melangkah, memilih produk investasi sesuai dengan portofolio kita. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kita ingin agar dana investasi kita aman, tumbuh, dan tidak terbuang sia–sia.

Tenang, berikut salah satu pilihan investasi aman yang ada di Indonesia, khususnya bagi Anda, para pemula, agar dapat segera memulai kegiatan investasi sejak dini, dengan nyaman, aman dan tentunya memiliki profit menarik. Kira-kira produk investasi apa yang akan memberikan pengalam investasi demikian?

Nah, ini dia salah satu contoh produk investasi, yang sedang hangat dibicarakan, yaitu investasi dengan platform Peer to peer Lending. Investasi dengan konsep ini merupakan praktek pembiayaan kepada individu atau bisnis, dari perseorangan maupun institusi. Konsep ini banyak dilakukan melalui platform online, sehingga pemberi dana dan penerima pembiayaan dapat terkoneksi dengan mudah, seperti yang telah dilakukan oleh Amartha.

Amartha sendiri adalah penyelenggara layanan Peer to peer Lending sebagai marketplace, untuk memudahkan investor menemukan peluang investasi pada pembiayaan usaha mikro dan kecil (UMKM) di Indonesia. Sejak 2010, Amartha telah melayani lebih dari 60.000 anggota dan menyalurkan lebih dari Rp 180 miliar pembiayaan bagi pengusaha mikro di pelosok pedesaan di Indonesia.

Mau tahu kenapa Anda harus memilih Amartha sebagai tempat berinvestasi? Ini dia 7 alasan, mengapa Anda harus berinvestasi di Amartha.

Amartha Resmi Terdaftar dan Diawasi OJK

Amartha telah resmi terdaftar pada administrasi Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-2491/NB.111/2017, sehingga layanan yang disediakan untuk menghubungkan pelaku usaha mikro di sektor ekonomi informal dengan pemberi modal atau investor, kini lebih aman dan transparan.

Sistem Credit Scoring

Amartha memperkenalkan analisa risiko melalui pendekatan psikologis dan kepribadian, di samping informasi profil usaha pribadi calon peminjam, dengan menggunakan sistem credit scoring. Amartha sendiri telah menjadi pionir dalam menerapkan sistem skor kredit untuk masyarakat unbanked, dengan tiga keunggulan utama:

  1. Sistem profiling yang dinamis berbasis big datadan machine learning
  2. Kecepatannya dalam prosesloan origination atau pemrosesan aplikasi untuk menghasilkan simulasi jumlah plafon, rate, dan jangka waktu yang optimal untuk setiap calon peminjam.
  3. Sistem scoringyang dirancang agar sesuai dengan karakter masyarakat unbanked di Indonesia melalui riset secara mendalam terhadap beragam karakter masyarakat yang bergerak di sektor ekonomi informal

Sistem ini diharapkan mampu membuka akses masyarakat unbanked terhadap permodalan yang terjangkau serta memungkinkan investor untuk mengukur besar risiko dan memprediksi imbal hasil yang akan didapatkan. Sehingga investor bebas memilih menerima dana yang paling sesuai dengan profil risiko mereka.

Imbal hasil yang menarik

Berinvestasi pada P2P Lending dapat memberikan imbal hasil yang fair bagi para investornya. Beberapa platform bahkan menyediakan layanan dimana investor dapat menarik dana yang mereka miliki setiap minggunya, dengan akses yang mudah seperti pada platform Amartha.

Anda akan mendapatkan imbal hasil yang dinamis di rata-rata 15% p.a sesuai dengan profil mitra usaha yang akan Anda danai.

Premi Penjaminan Asuransi

Untuk meminimalisir risiko yang terjadi, Anda dapat membeli asuransi saat mendanai mitra usaha. Proteksi ini berguna untuk mengelola risiko dan memberikan gambaran investasi Anda yang lebih terprediksi, sehingga Anda sebagai investor dapat fokus untuk mengelola dana Anda sesuai dengan profil risiko pribadi. Apabila mitra mengalami gagal bayar, maka sisa dana pokok Anda akan kembali sebesar 75 persen.

Sistem Group Lending

Salah satu hal yang dilakukan oleh Amartha untuk menghindari terjadinya kegagalan pembayaran yaitu dengan menjalankan sistem Group Lending kepada para mitra andalannya. Group lending sendiri adalah kewajiban bagi calon anggota untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 15-25 orang dalam satu wilayah.

Dengan adanya sistem kelompok ini, akan memberikan rasa tanggung jawab pada masing-masing peminjam karena bila ada anggota yang tidak bisa membayar maka anggota lain wajib melakukan tanggung renteng.

Sistem tanggung renteng yang dilakukan oleh Amartha, memberikan jaminan keamanan kepada para investor yang telah menginvestasikan dananya untuk disalurkan sebagai modal bagi para pelaku UMKM di pedesaan.

Investasi di Sektor Rill yang menguntungkan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kegiatan investasi ialah, hindari penggunaan dana yang dimanfaatkan untuk keperluan konsumtif seperti modal pembelian benda sekunder. Dengan memilih sektor pembiayaan produktif seperti modal kerja atau membuka dan mengembangkan usaha, akan mengurangi risiko gagal bayar dari peminjam yang Anda danai.

Social Impact

Taukah Anda? Kini Anda bisa merasakan kepuasan tersendiri dengan berinvestasi di platform peer to peer lending Amartha. Mengapa?

Karena jika Anda berinvestasi di Amartha, Anda telah berinvestasi kepada masyarakat pedesaan yang mempunyai economically active poor (usaha mikro dan kecil), sehingga uang yang Anda investasikan akan mendorong usaha mereka supaya bisa tumbuh dan lebih maju.

Jadi, sudah terbayang bukan mengapa Anda harus investasi di Amartha? Maka, ayo jadi bagian dari kemajuan perekonomian Indonesia dan rasakan social impact yang dapat Anda temukan, hanya di Amartha.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Related Articles

8 COMMENTS

    • Untuk nominal minimal dalam melakukan kegiatan investasi di Amartha ialah 3 Juta Rupiah. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami di 0822 1010 2525 atau email ke [email protected]

  1. adakah kantor cabang untuk daerah misalnya kota Balikpapan kaltim ? sebab kalau jauh sulit komplainnya, di sms tdk jawab, di telp direjek, websitenya tutup dsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...