6 Tips Usaha Sukses dalam Waktu Satu Tahun!

|

|

|

Tips Usaha Berkembang Pesat dalam Waktu 1 Tahun – Memulai sebuah usaha mungkin memang mudah, namun membuatnya berkembang dan bertumbuh tentu tidak mudah.

Apalagi jika kamu ingin sukses meraup keuntungan besar dari bisnis yang dijalankan. Tentu saja dibutuhkan usaha dan strategi yang tepat untuk meraih hal tersebut.

Berikut ini adalah 6 tips usaha berkembang sukses dalam kurun waktu 1 tahun:

1. Tetapkan Target

cara atur keuangan

Tips pertama, cobalah untuk menetapkan target yang ingin diraih dalam periode waktu tertentu. Target ini sangat penting bagi seorang pelaku bisnis.

Dengan memiliki target yang jelas maka pelaku usaha bisa lebih mudah menyusun strategi untuk mencapai target tersebut. Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk menetapkan target yang ingin dicapai.

Tuliskan target bisnis kamu dalam kurun waktu 1 bulan misalnya. Lalu buat rincian apa saja usaha yang harus dijalankan agar target tersebut tercapai tepat waktu.

Tak perlu membuat target yang terlalu besar dalam jangka waktu panjang. Buat saja target yang lebih ringan dan dalam jangka waktu singkat namun tetap mengarah ke perkembangan bisnis. Tanpa disadari nantinya semua target ringan tersebut membawa bisnis semakin sukses.

2. Lakukan Manajemen Finansial

cara atur keuangan

Tips usaha sukses berikutnya adalah jangan lupa untuk melakukan manajemen finansial dengan cermat dan teliti. Manajemen finansial merupakan kunci dalam pengembangan sebuah usaha.

Catat pengeluaran dan pemasukan secara detail kemudian buat pembukuan yang jelas. Pembukuan ini akan menjadi sumber data yang mempermudah kamu untuk menentukan apakah usaha yang dijalankan mendapat laba atau malah rugi.

3. Manfaatkan Digital Marketing

Soft Skill yang Diperlukan Agar Cepat Naik Jabatan
Sumber Foto: Shutterstock

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang tentu akan sangat disayangkan jika tidak memanfaatkannya dengan baik.

Bisnis kamu bisa berkembang semakin pesat dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia saat ini.

Gunakan strategi digital marketing untuk menjangkau lebih banyak target konsumen dan tentunya untuk meraup keuntungan yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Retail dan Jenis-jenisnya

4. Terus Belajar

Strategi memulai usaha tidak bisa dipelajari dalam satu kedipan mata. Dalam perjalanannya strategi yang bisa dijalankan untuk mengembangkan sebuah usaha harus terus berubah mengikuti perubahan zaman.

Tips usaha berikutnya yang harus kamu ikuti adalah terus belajar dengan berbagai cara. Gunakan berbagai jenis sumber dan fasilitas untuk mendapatkan ilmu lebih banyak lagi terkait pengelolaan sebuah bisnis.

5. Jangan Takut dengan Rintangan

Cara Nego Gaji Saat Melamar Pekerjaan
Sumber Foto: Shutterstock

Dalam dunia bisnis, rintangan atau halangan menjadi hal yang sangat biasa terjadi. Pelaku bisnis jelas harus berani menghadapi semua rintangan tersebut agar bisa mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi.

Jangan pernah takut menghadapi berbagai jenis rintangan di depan mata. Bahkan jika rintangan tersebut terasa begitu berat dan seolah akan menghentikan langkah bisnis kamu, tetap jangan mudah menyerah!

6. Lakukan Evaluasi Berkala

Tips Mengatur Keuangan
Sumber foto: Shuttershock

Kamu sangat disarankan untuk terus melakukan evaluasi secara berkala demi kemajuan dan perkembangan bisnis yang dijalankan. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan dasar data pembukuan bisnis yang sudah dibuat sebelumnya.

Lewat evaluasi nanti bisa diketahui apa saja yang kurang dari bisnis tersebut. Dari hasil evaluasi juga bisa diambil langkah ke depan yang membawa kemajuan bagi bisnis.

Ambil langkah sekarang juga untuk menjalankan usaha impianmu. Pahami cara mulai usaha dari nol dan teknik pengembangan yang efektif.

Semua tips usaha yang dibahas di sini juga penting untuk diterapkan agar proses pengembangan usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar sesuai target.

Dan, jika usaha sudah mulai berkembang, jangan lupa untuk berinvestasi. Kamu bisa mulai belajar berinvestasi dengan menjadi pendana di Amartha.

Selain mendapatkan imbal hasil yang menarik, menjadi pendana di Amartha berarti membantu program pemberdayaan perempuan di desa loh.

Yuk, download aplikasi Amartha dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.