6 Tips Untuk Menghemat Biaya Pernikahan

|

|

|

Menggelar sebuah resepsi pernikahan, membutuhkan banyak persiapan dan juga biaya. Patinya setiap pasangan yang baru saja mengikat janji sehidup semati menginginkan sebuah resepsi pernikahan yang sempurna untuk berbagi kebahagian bersama orang-orang terkasih.

Namun ada kalanya rencana resepsi pernikahan tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan karena terkendala akan biaya nikah yang terbatas. Di saat seperti ini, tentu para calon pengantin akan kebingungan karena takut resepsi pernikahan yang telah mereka impikan sekian lama tidak bisa terwujud.

Nah, kali ini kami kembali mendapatkan insight yang menarik dari thebridedept.com – situs yang didedikasikan khusus untuk membantu para calon pengantin dalam menemukan inspirasi pernikahan dan menata masa depan pernikahannya.

Berikut ini 6 tips jitu menghemat biaya pernikahan yang bisa kamu terapkan:

  1. Gather your friends or families

Menggunakan jasa Wedding Organizer mungkin menjadi pilihan bagi kamu yang tidak mau repot untuk mengatur segala sesuatunya sendiri. Tapi menggunakan Wedding Organizer mengharuskan kamu mengeluarkan biaya yang lebih lagi.

Tidak ada salahnya meminta para sahabat atau keluarga untuk membantumu dalam mengatur resepsi pernikahan. Apakah temanmu seorang fotografer? Atau seorang tukang kue? Kamu bisa memakai jasa teman-teman karena tentunya mereka akan memberikan potongan harga dan kamu bisa berdiskusi mengenai apa yang kamu inginkan untuk resepsi pernikahanmu.

2. Memilih Tempat dan Waktu

tips resepsi selama pandemi
Sumber Foto: genpi.co

Kamu tentu akan berpikir akan lebih hemat jika melakukan resepsi pernikahan di rumah. Namun hal itu belum tentu benar.

Biaya dekorasi, tenda, makanan, dan perlengkapan lainnya hampir sama dengan menyewa sebuah tempat/gedung resepsi pernikahan. Dan belum ditambah dengan kerepotan lainnya di mana kamu harus membereskan rumah setelah acara usai.

Saat ingin memesan tempat untuk resepsi pernikahan, tanyakanlah berapa harga yang ditawarkan untuk acara resepsi pada siang dan malam hari. Ada beberapa gedung pertemuan yang menawarkan harga lebih murah untuk acara resepsi pernikahan pada siang hari dibandingkan pada malam hari.

Jika memungkinkan, hindari menyewa tempat saat bulan-bulan di mana banyak orang menggelar acara resepsi pernikahan.

4 Pernikahan Adat Yang Membutuhkan Banyak Biaya!

3. Undangan dan Daftar Tamu

Berkreasilah dengan membuat desain undangan sendiri. Ada beberapa pilihan font undangan yang sempat di share oleh The Bride Dept yang bisa kamu lihat di sini. Kamu bisa mencetak dan menyebar sendiri undangan yang kamu buat.

Pergunakanlah media sosial untuk mengumumkan tempat dan waktu resepsi pernikahan. Dengan begitu, kamu tidak harus mencetak banyak undangan. Selain itu, undanglah orang-orang yang kamu pikir perlu untuk diundang. Dengan memperkecil jumlah daftar tamu, maka kamu bisa menghemat biaya undangan dan catering.

4. Hunting and Bargain

Hunting ke berbagai tempat memungkinkan kamu untuk mendapat beberapa alternatif yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kamu miliki.

Selain itu, jelilah dalam memilih paket yang ditawarkan. Seperti paket yang ditawarkan oleh gedung atau fotografer yang akan kamu sewa. Tanyakan beberapa hal yang ingin kamu ketahui. Jangan malu untuk melakukan tawar-menawar. Jika kamu tidak bisa tawar-menawar, bawalah teman atau kerabat yang biasa melakukan tawar-menawar dengan vendor.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sesuatu yang Kamu inginkan dengan harga yang lebih murah. Oh ya, jangan lupa untuk rajin pergi ke wedding exhibition karena biasanya vendor memberikan diskon spesial pada event tersebut.

5. Honeymoon

Pasangan yang baru menikah tentu tidak lepas dari yang namanya honeymoon. Kamu bisa memesan tiket atau paket honeymoon dari jauh hari dengan harga promo yang ditawarkan.

Gunakanlah promo voucher yang biasa diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan sponsor lainnya. Hindari melakukan perjalanan saat peak season yang pasti membuat harga semakin melonjak.

6. Spend Your Money Wisely

Jangan mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang hanya akan kamu pakai satu kali seumur hidup, seperti gaun pengantin atau pun sepatu.

Kamu bisa menyewa kebaya atau gaun pengantin di bridal salon untuk menghemat biaya daripada membelinya, namun jika ingin membeli sepatu, belilah sepatu yang akan kamu pakai di kemudian hari.

Untuk pengantin pria, menggunakan jas buatan desainer terkenal bukan suatu hal yang diharuskan. Kamu bisa menyewa jas di tempat pengantin wanita menyewa kebaya atau gaunnya (biasanya akan mendapat potongan harga), maka akan lebih hemat.

Nah selain hal di atas, ada hal yang lebih penting yang harus dipikirkan masak-masak, yaitu mengumpulkan dana pernikahan. Kamu dan pasanganmu bisa memulainya dengan menabung atau melakukan investasi di perusahaan investasi yang aman dan menguntungkan.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Peer-to-peer (P2P) Lending Amartha.

Amartha merupakan perusahaan investasi yang menghubungkan pendana kepada perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan. Dengan mendanai mitra Amartha, pendana bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun. Selain itu, pendana juga turut menciptakan dampak sosial berupa pemberdayaan perempuan.

Pasalnya, Amartha tidak hanya menyalurkan dana Anda tetapi juga melakukan pendampingan usaha dan pelatihan keuangan secara rutin. Mitra juga diberikan cek kesehatan gratis secara berkala.

Tak perlu khawatir, Amartha adalah P2P Lending paling aman karena sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Budget memang menjadi salah satu hal penting dalam perencanaan acara resepsi pernikahan. Maka, persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang sejak jauh-jauh hari untuk dapat mewujudkan pesta pernikahan impianmu, so your perfect wedding is not just a dream!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...