6 Tips Traveling Low Budget, Dijamin Tabungan Tetap Aman

0
19
Ilustrasi solo traveling. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi solo traveling. sumber: www.freepik.com

Traveling menjadi salah satu aktivitas yang popular beberapa waktu belakangan ini. Bahkan, bagi mereka yang memiliki anggaran pas-pasan, traveling low budget bisa menjadi pilihan. 

Bukan hanya banyak dibahas di berbagai macam media, kegiatan traveling sepertinya sekarang sudah mulai menjadi hobi banyak orang. Sebenarnya, layaknya aktivitas hobi yang lain, traveling juga memerlukan sejumlah dana. 

Besaran dana yang diperlukan ini bergantung dari destinasi wisata yang dijadikan pilihan, biaya makan, transportasi hingga penginapan. Tidak perlu selalu mahal, kamu juga dapat menikmati traveling meskipun dengan dana minim. 

Tips Traveling Low Budget

Kamu bisa menerapkan sejumlah tips berikut ini agar bisa mewujudkan impian traveling, meskipun dengan anggaran yang pas-pasan.

1. Rencanakan dari Awal dengan Matang

Tips traveling yang pertama adalah merencanakan dengan matang. Traveling sama seperti melakukan aktivitas perjalanan lain. Kegiatan ini harus direncanakan dengan baik, bahkan bila perlu dari jauh-jauh hari. Dengan mengatur segalanya dari awal, kamu bisa menyiapkan berbagai macam hal, termasuk dana. 

Bukan hanya itu, kamu juga akan lebih leluasa untuk menyesuaikan jadwalmu dengan jadwal orang lain yang nantinya ikut berlibur bersama. Hindari traveling dadakan, lebih-lebih jika traveling ini memakan waktu yang lama dan jarak yang jauh. 

2. Pilih Destinasi yang Tepat

Strategi traveling low budget yang kedua adalah memilih destinasi dengan tepat. Bukan hanya memilih destinasi yang dapat dinikmati, tetapi kamu juga harus memilih lokasi liburan yang sesuai dengan anggaran. Luangkan waktu untuk melakukan sejumlah riset lokasi yang nantinya dikunjungi. 

Kamu bisa melakukan riset secara online dengan cara melihat sejumlah informasi seperti penginapan, tempat wisata dan yang lainnya. Kemudian, lakukan perbandingan untuk setiap biaya yang harus kamu keluarkan. Hal ini untuk menjamin kenyamananmu selama traveling. 

3. Traveling Low Budget di Luar Waktu Liburan

Berlibur ketika momen libur panjang mungkin juga menjadi pilihanmu. Namun, jika ingin traveling on a budget, akan lebih baik memilih waktu traveling di luar masa liburan ini. 

Melakukan traveling di luar waktu liburan akan membuat harga penginapan, tiket pesawat, kereta, kapal dan bus menjadi lebih rendah dibandingkan dengan saat momen liburan. Tentu hal ini akan menghemat banyak anggaranmu. 

Tidak hanya itu, di moment seperti ini tempat wisata juga lebih sepi sehingga kamu dapat mengeksplor sejumlah destinasi yang nantinya dikunjungi. 

Baca Juga: Ini Cara Traveling Tanpa Bikin Dompet Kering

4. Jangan Lupakan Dana Cadangan

Setiap perjalanan, jangan lupa menyiapkan dana cadangan. Kamu bisa menyiapkan dana cadangan di luar budget perjalanan, sehingga nantinya liburan tidak akan mengganggu keuanganmu. 

5. Beli Tiket Jauh-jauh Hari

Tips traveling low budget berikutnya, beli tiket dari jauh-jauh hari. Bila rencana liburan sudah ditentukan jadwalnya, segera lakukan pembelian tiket perjalanan. Membeli tiket dari jauh-jauh hari akan memungkinkanmu memperoleh harga tiket terbaik untuk moment liburan ini. 

Pastikan telah menentukan sejak awal, apa moda transportasi yang ingin kamu gunakan, kemudian lakukan sejumlah riset yang berkaitan dengan harga tiket pesawat, kereta, bus hingga kapal laut. 

6. Pilih Penginapan yang Nyaman dan Murah

Ketika memilih penginapan, pastikan memilih jenis yang tepat. Selain dapat merasa nyaman, kamu harus memperoleh harga yang hemat. Lakukan riset melalui internet atau tanyakan pada teman mengenai penginapan murah sesuai destinasi yang akan kamu tuju.Traveling low budget tetap bisa dinikmati dengan menyenangkan dan maksimal. Namun, jangan hanya berfokus pada liburan saja. Kamu juga bisa mengalihkan danamu untuk membantu pengusaha kecil serta mikro di pelosok pedesaan melalui Microfinance Marketplace Amartha. Di sini, kamu bisa memperoleh keuntungan hingga 15% flat per tahunnya serta cash flow mingguan, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here