6 Tips Atur Keuangan untuk Pasangan Muda Yang Baru Menikah

0
590
Sumber Foto: Freepik

Tips Atur Keuangan secara Efektif bagi Pasangan Muda – Mengelola keuangan dengan baik sangatlah penting dilakukan oleh pasangan muda.

Setelah menikah maka strategi manajemen finansial yang diterapkan harus berbeda. Kebutuhan semakin meningkat sehingga pengaturan keuangan juga harus bertambah ketat.

6 Tips Atur Keuangan untuk Pasangan Muda

Berikut ini adalah 6 tips atur keuangan yang sangat direkomendasikan bagi para pasangan muda baru menikah.

1. Tetapkan Rencana Keuangan

Langkah pertama, silakan tetapkan rencana keuangan bersama. Setelah menikah, persepsi dan tujuan finansial sudah pasti berbeda.

Sebaiknya diskusikan bersama pasangan bagaimana rencana keuangan di masa depan setelah kehidupan pernikahan berjalan. Penting sekali untuk saling terbuka mengenai jumlah pemasukan masing-masing dan tujuan finansial yang ingin dicapai.

Diskusikan pula cara mengelola keuangan setelah menikah. Misalnya, jika suami dan istri sama-sama punya penghasilan maka tentukan penghasilan istri akan digunakan untuk apa saja begitu juga penghasilan suami. Penyusunan rencana dan aturan seperti ini sangat penting agar finansial keluarga tetap stabil.

2. Catat Pemasukan

Pastikan kamu dan pasangan sama-sama mengetahui jumlah pemasukan setiap bulan. Catat pemasukan istri dan suami. Jika sumber pemasukan hanya dari satu orang, suami atau istri maka catat juga.

Hal ini penting untuk dilakukan sebagai acuan dalam mengelola keuangan lebih lanjut. Rencana pengeluaran juga bisa disusun lebih efektif jika tahu berapa besar pemasukan yang diperoleh.

3. Buat Rencana Pengeluaran

Tips atur keuangan
Tips atur keuangan. Sumber Foto: Shutterstock

Mengatur keuangan keluarga memang tidak semudah yang dibayangkan. Penyusunan rencana pengeluaran akan membantu mempermudah kamu dalam mengelola finansial.

Catat pengeluaran apa saja yang harus dilakukan dalam waktu satu bulan. Buat juga daftar belanja agar rencana pengeluaran bisa berjalan dengan baik sesuai harapan. 

Saat membuat rencana pengeluaran, kamu sebaiknya menggunakan acuan prioritas. Pembayaran tagihan sebaiknya dijadikan sebagai prioritas utama.

Kemudian dilanjutkan dengan kebutuhan hidup sehari-hari lalu berikutnya adalah kebutuhan yang sifatnya sekunder dan tersier. Skala prioritas ini akan membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih terarah.

Baca Juga: Kakeibo: Teknik Mudah Atur Keuangan Ala Orang Jepang

4. Sebisa Mungkin Hindari Utang

Atur keuangan sebaik mungkin dan berusahalah untuk menghindar dari utang. Apalagi untuk pasangan muda yang baru saja menikah. Rencana utang sebaiknya tidak dijadikan sebagai pilihan utama.

Jika memang harus meminjam uang maka pikirkan baik-baik dan pastikan bahwa pinjaman tersebut memang berguna serta mudah untuk dikembalikan.

5. Siapkan Dana Darurat

in case of emergency, break glass
Sumber Foto: Time Magazine

Pastikan kamu mempersiapkan dana darurat karena ini merupakan alokasi finansial yang paling penting. Harus ada bagian tertentu dari jumlah pendapatan yang dimiliki untuk ditempatkan sebagai dana darurat.

Terapkan rumus mengatur keuangan 50-30-20, 50% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari lalu 30% untuk keperluan hiburan atau lifestyle serta 20% untuk dana darurat dan tabungan.

Mengapa penting mempersiapkan dana darurat? Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Jika sudah punya dana darurat maka akan lebih mudah untuk menghadapi berbagai kondisi, bahkan jika harus mengeluarkan uang. Kamu juga tak harus mengambil bagian uang yang dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari karena sudah ada simpanan dana darurat.

6. Atur Keuangan Dengan Investasi

Penting sekali bagi pasangan muda untuk menyadari pentingnya berinvestasi. Lakukan investasi memakai jenis instrumen yang dirasa paling menguntungkan.

Berinvestasi sejak dini akan membuat kamu lebih mudah mendapat banyak keuntungan. Pilihlah tempat investasi yang tepat dan bisa memberikan imbal balik yang besar.

Investasikan dana yang kamu miliki ke platform investasi Amartha. Pilihan investasi yang aman sekaligus menguntungkan. Dapatkan juga bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap mendanai satu mitra usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here