6 Tips Ampuh Percaya Diri Saat Presentasi Bisnis

0
21
ilustrasi presentasi bisnis. sumber: www.istockphoto.com
ilustrasi presentasi bisnis. sumber: www.istockphoto.com

Artikel kali ini akan membahas seputar tips percaya diri presentasi bisnis. Nah, apakah kamu adalah salah satu orang yang kerap gugup saat berbicara atau mempresentasikan sesuatu di depan umum atau orang banyak? Jika iya, maka jangan lewatkan informasi ini!

1. Percaya Diri dengan Berpikir Positif

Kepercayaan diri seseorang dapat hilang khususnya saat berpikiran negatif. Kamu khawatir kalau bosmu akan menemukan kekuranganmu ketika presentasi. Kamu khawatir jika nanti tidak mampu berpresentasi dengan optimal. Kamu khawatir mereka akan menertawakanmu. 

Perlu diingat, dalam tips percaya diri presentasi bisnis pertama ini, ekspektasi atau pikiranmu dapat menjadi nyata. Saat kamu berpikiran negatif, bayangan negatif tersebut terhanyut dalam presentasimu lalu berakhir menjadi kenyataan. 

Nah, cara mengatasi grogi ketika presentasi yakni dengan memikirkan hal positif. Saat kamu berpikiran positif, bayangan positif tersebut pun dapat mensugesti serta membantumu tampil maksimal ketika presentasi.

2. Audiens Berekspektasi Kesuksesanmu

Tips percaya diri presentasi bisnis yang kedua tidaklah jauh berbeda dengan pertama. Nah, kamu pastinya sering menganggap bahwa audiens selalu mencari kekuranganmu. Kamu merasa kalau mereka selalu mengorek kesalahan serta gembira bila kamu melakukannya.

Itu merupakan anggapan yang salah. Perlu diingat, audiens berekspektasi kesuksesanmu saat tampil berpresentasi.

Mereka ingin supaya kamu berhasil dan sukses dalam menyampaikan presentasi secara maksimal dan jelas. Sewaktu penjelasanmu menarik, mereka dapat terbantu untuk memahami penjelasanmu.

3. Memperbaiki Gestur Tubuh

Sikap tubuh merupakan representasi identitasmu. Kesalahan dalam sikap tubuh dapat menimbulkan perasaan negatif, kurang percaya diri, serta menyulitkanmu untuk menampilkan yang terbaik.

Lain halnya dengan sikap tubuh yang baik dan benar. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking. Dengan sikap tubuh yang baik, maka kamu akan mampu tampil penuh kepercayaan diri bersama energi positif. 

Baca Juga: Manfaat & Alasan Memulai Bisnis di Usia Muda

4. Tarik Nafas Panjang

Dalam waktu singkat sebelum memulai presentasi, sebaiknya pejamkan matamu lalu tariklah nafas panjang. Lakukan hal ini jangan sekali. Namun beberapa kali. Kamu dapat menarik nafas panjang perlahan, tahan sebentar, lalu lepaskan secara pelan-pelan.

Dengan begitu kamu dapat merasa lebih tenang, segar, serta mendapatkan peningkatan kepercayaan diri.

5. Tampil Percaya Diri dengan Berlatih secara Rutin

Rasa percaya diri saat presentasi dapat sejalan dengan latihan dan persiapan. Semakin kamu baik dalam persiapan, maka semakin besarlah tingkat kepercayaan dirimu. Semakin kamu latihan bersama pembelajaran yang tepat, maka semakin tinggilah kepercayaan dirimu.

Ketepatan dalam latihan dibutuhkan supaya kamu dapat memperoleh pengalaman awal mengenai bagaimana cara menyampaikan presentasi bisnis sebelum menyampaikannya pada khalayak ramai.

Pergunakan waktu dan potensimu dalam berlatih mempraktekkan kalimat pembuka dan penutup yang baik serta gampang diingat. Latihan vokal pun perlu agar suara dapat terdengar baik dan bersemangat. 

6. Berdoa

Pada tips percaya diri presentasi bisnis yang satu ini, kamu menghubungkan dirimu dengan Tuhan. Tiada keluputan dari pengaturannya. Semua persiapan matangmu, tidak mungkin berarti apabila tidak memperoleh izin-Nya.

Semua ikhtiar yang telah kamu persiapkan demi kelancaran presentasi bisnis ditambah doa yang tulus. Tentu kamu akan mendapatkan ketenangan sekaligus semangat sehingga kamu juga akan mendapatkan kepercayaan diri untuk presentasi bisnis dengan lancar.

Nah, itulah 6 tips percaya diri saat melakukan presentasi bisnis. Kamu dapat mempraktekkannya secara rutin. Dengan demikian, kamu pun dapat melakukan presentasi bisnis dengan lancar. Apalagi saat mencari investor.

Bicara soal investor, kamu dapat mendaftarkan dirimu sebagai lender di microfinance marketplace fintech Amartha. Dengan berpartisipasi menjadi lender dalam program crowdfunding Amartha, kamu akan dapat imbal hasil sampai 15% untuk setiap tahunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here