6 Tanda Yang Menandakan Kamu Masuk Kategori Middle Class. Yuk Cek!

0
114

Sebagai negara dengan penduduk yang lebih dari 270 juta jiwa, Indonesia diketahui memiliki kategori middle class dalam jumlah cukup banyak.

Per Bulan November 2020 saja, Indonesia memiliki penduduk dalam kategori middle class nomor empat terbesar di dunia dengan jumlah 17,3 juta rumah tangga. Jumlah ini tidak kalah dari Amerika Serikat, India, dan China.

Pada dasarnya, memang tidak ada standar resmi yang menandakan bahwa seseorang masuk dalam kategori middle class. Meski begitu, James W.McWhinney sebagai penulis keuangan di sejumlah website dan majalah bisnis mengutarakan setidaknya ada 6 acuan finansial yang bisa dijadikan penanda bahwa seseorang telah masuk dalam kategori middle class.

Berikut ini adalah 6 tanda bahwa kamu telah masuk kategori middle class!

1. Mempunyai Mobil

Pada dasarnya, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil memberikan kebebasan dalam mengatur kapan kamu harus bepergian, atau setidaknya berangkat ke kantor.

Kemewahan yang ditawarkan termasuk dalam mengatasi jadwal transportasi umum yang terbatas (misalnya kereta api komuter), melindungi diri dari hujan, dan menghindari ruang yang berjejal dengan penumpang lain. Sekali lagi, harga mobil sangatlah bervariasi, seperti halnya jenis mobil yang dibutuhkan.

2. Punya Rumah

Memiliki rumah tentunya menjadi impian bagi sebagian besar orang. Membeli rumah, entah dengan cash keras atau mencicil merupakan langkah maju, apalagi jika sebelumnya kamu hanya sanggup mengontrak.

Dari mengontrak hingga berhasil membeli rumah merupakan penanda kemakmuran dan prestasi. Dengan kisaran harga rumah median yang sangat berbeda di berbagai daerah, kemampuan untuk mencapai tujuan ini sangat bervariasi tergantung lokasi geografis.

3. Punya Biaya Pendidikan Ke Perguruan Tinggi untuk Anak-Anaknya

Membantu anak mendapatkan pendidikan yang layak juga merupakan tujuan primer dari keluarga middle class. Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa biaya pendidikan saat ini begitu mahal.

Pada umumnya, membayar biaya pendidikan perguruan tinggi untuk anak-anak bisa menghabiskan dana tidak sedikit. Apalagi, jika anakmu mengincar universitas favorit, biaya pendidikan yang dihabiskan bisa lebih signifikan.

4. Punya Asuransi Kesehatan

Kemampuan mendapatkan layanan kesehatan merupakan tujuan penting lain bagi keluarga middle class. Seperti juga pendidikan, biaya kesehatan saat ini semakin tinggi. Obat-obatan, terapi atau perawatan lain yang harus dijalani ketika anggota keluarga menderita penyakit berat, tentu harus dipenuhi.

Bukan rahasia lagi bila banyak keluarga menjadi terlibat hutang karena harus membiayai biaya perawatan hingga ratusan juta. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak keluarga middle class kini mengambil asuransi kesehatan.

5. Punya Dana Pensiun

Semua orang tentu ingin bisa pensiun dan tetap melanjutkan kehidupan dengan layak. Memiliki dana pensiun tentunya menunjukkan kesuksesan dan penghargaan setelah kerja keras yang dilakukan selama bertahun-tahun.

6. Bisa Berlibur Bersama Keluarga

Liburan keluarga adalah kebutuhan pokok kaum middle class. Liburan menunjukkan bahwa sebuah keluarga memiliki pendapatan yang memadai dan cukup berhasil meluangkan waktu dari pekerjaan untuk fokus pada waktu luang.

Nah, itulah tanda-tanda yang menandakan seseorang masuk kategori middle class. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here