6 Tanda Keuangan Rumah Tangga Bermasalah. Yuk Cegah!

0
51
Sumber Foto: Shutterstock

Keuangan rumah tangga adalah masalah penting yang harus segera diatasi oleh pasangan yang telah berumah tangga. Kamu perlu mengetahui tanda-tanda saat keuangan rumah tanggamu bermasalah.

Keuangan rumah tangga menjadi perhatian serius pasalnya hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perceraian atau kekerasan dalam berumah tangga.

Di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan, ada baiknya kamu dan pasangan menghindari kesalahan-kesalahan dalam melakukan pengelolaan keuangan rumah tangga.

Nah, berikut ini Money+ merangkum 6 tanda yang harus kamu sadari saat keuangan rumah tanggamu bermasalah agar dapat segera menemukan solusinya sejak awal!

1. Tidak Tahu Uang Habis Ke Mana

Kebiasaan Keuangan Yang Bikin Kamu Tetap Miskin
Sumber Foto: Shutterstock

Banyak rumah tangga yang merasa selama ini kondisi keuangan baik-baik saja, dan uangnya cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Namun, apakah kamu mengetahui ke mana saja uang tersebut dialokasikan? Jika tidak, kemungkinan ada masalah nih dalam keuangan rumah tanggamu.

Pada permasalahan seperti ini berarti pemikiranmu dalam rumah tangga adalah selama masih hidup dengan bujet yang ada serta pendapatannya itu sudah cukup. Padahal, bisa saja kamu tidak tahu ke mana saja biaya tersebut dialokasikan. Bila berada di level ini, artinya sudah jadi penanda keuangan rumah tanggamu bermasalah.

2. Tidak Mampu Mengendalikan Besaran Utang

Pada umumnya, rasio utang terhadap pendapatan yang baik adalah sebesar 36 persen. Jika rasionya terlalu tinggi, ini bisa jadi penanda keuangan rumah tanggamu sedang bermasalah.

Apalagi, jika karena hal ini, kamu jadi tidak bisa melakukan pembayaran utang secara tepat waktu. Hal ini jelas menandakan bahwa kesehatan keuangan rumah tanggamu sedang tidak baik-baik saja.  

Baca Juga: Couple Married Wallet Untuk Kelola Keuangan Rumah Tangga Paska Menikah

3. Pengajuan Kredit Selalu Ditolak

Apabila kamu berniat mengajukan pinjaman kredit ke bank untuk sebuah keperluan, tapi selalu mendapatkan penolakan. Waspadai sebab bisa jadi bank menilai kondisi keuangan rumah tanggamu bermasalah sehingga tidak layak mendapatkan pinjaman kredit.

Pada dasarnya, bank menerapkan kualifikasi yang ketat sebelum memberikan pinjaman semata untuk mengukur risiko pemberian pinjaman kepada nasabah.

Jadi, bank tidak akan memberikan pinjaman kondisi keuangan nasabah dianggap bermasalah atau berisiko di kemudian hari.

4. Punya Banyak Utang Kartu Kredit

Sumber Foto: Pexels

Utang memang akan menjadi bagian dari hidup seseorang. Sebab, sebagian besar orang perlu mengambil pinjaman untuk melakukan pembelian besar seperti rumah, transportasi, dan pendidikan. Meski begitu, utang kartu kredit sebenarnya tidak punya tempat dalam kehidupan berumah tangga.

Utang kartu kredit ‘beracun’, mahal, dan menunjukkan kurangnya disiplin untuk mengatur keuangan. Karena itu, punya banyak utang kartu kredit menjadi salah satu tanda bahwa keuangan rumah tanggamu bermasalah.

Baca Juga: 4 Perbedaan Perempuan dan Laki-Laki dalam Mengelola Keuangan

5. Berebut Uang dengan Pasangan

Apakah kamu dan pasangan sering berkelahi karena uang? Ini bisa jadi indikator ada beberapa masalah dalam kesehatan keuangan dalam rumah tanggamu.

Sebab, hal ini menunjukkan bahwa kamu dan pasangamu memandang nilai uang terlalu tinggi. Apalagi, jika kamu dan pasangan tidak merasa nyaman dengan kondisi keuangan serta belum membuat tujuan keuangan rumah tanggamu di masa depan.

6. Tidak Bisa Membayar Tagihan Saat Kehilangan Pekerjaan

Sumber Foto: Pexels

Apakah kehilangan pekerjaan akan membuat keluargamu berada dalam kesulitan?

Jika pikiran kehilangan pekerjaan membuatmu khawatir apakah akan masih sanggup membayar tagihan, ini berarti kondisi keuangan rumah tanggamu tidak baik-baik saja.

Salah satu penyebab rumah tanggamu pada akhirnya tidak bisa membayar tagihan bisa jadi karena tidak menyiapkan dana darurat sedari dini. Bagi pasangan berumah tangga, idealnya dana darurat yang harus dimiliki adalah 12x pengeluaran bulanan.

Salah satu pilihan untuk mengumpulkan dana darurat yaitu bisa dengan melakukan investasi di P2P Lending Amartha. Pasalnya Amartha menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap kamu mendanai satu mitra usaha.

Itulah 6 tanda keuangan rumah tanggamu bermasalah. Jika keluargamu mengalami tanda-tanda tersebut, ada baiknya mulai mencari solusinya sejak saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here