6 Tanda Gak Bisa Pensiun Meski Sudah Siapkan Dana Pensiun

0
110
siapkan dana pensiun
Sumber Foto: Shutterstock

Dana pensiun adalah dana yang perlu kamu siapkan sejak dini apabila ingin menjalankan masa pensiun dengan tenang.

Meski begitu, pensiun sebenarnya tidak selalu sederhana tentang meninggalkan pekerjaan. Masa pensiun yang nyaman tentu melibatkan bertahun-tahun menabung dan berinvestasi.

Walaupun sudah melakukannya, tetap ada kemungkinan bahwa kamu tidak bisa pensiun dengan nyaman meski sudah menyiapkan tabungan.

Untuk mengantisipasinya, ada baiknya mengetahui tanda-tanda bahwa kamu belum siap pensiun walau sudah menyiapkan dananya.

Nah, berikut ini 6 tanda bahwa kamu gak bisa pensiun meski sudah menyiapkan dana pensiun!

1. Punya Utang yang Besar

David Walters, perencana keuangan dan manajer portofolio di Potland menyebutkan bahwa utang dalam jumlah besar akan sangat membebani tabunganmu saat pensiun.

Menurut David, sebaiknya kurangi bahkan hilangkan pembayaran kartu kredit atau pinjaman mobil. Tergantung pada situasimu, kata David, pelunasan atau perampingan semacam ini dapat membantu dalam jangka panjang.

Membayar utang sebelum kamu pensiun mungkin akan menghabiskan waktu bekerja lebih lama dari yang diinginkan. Namun, kemungkinan besar tidak akan memberatkan di masa pensiun. Menghilangkan tagihan juga berarti menghilangkan pembayaran bunga yang dapat mempengaruhi keuangan jangka panjang.

Baca Juga: Apakah Utang Mempengaruhi Kesehatan Mental?

2. Tidak Memperbarui Tingkat Tabunganmu

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga
Sumber Foto: Pexels

Tabungan pensiun biasanya otomatis, langsung dari gajimu. Namun, apabila kamu tidak terlalu memikirkan rencanamu selama bertahun-tahun, mungkin tidak berada di jalur yang benar. Walaupun mudah untuk menetapkan tingkat tabungan.

Banyak perencana keuangan merekomendasikan untuk menabung sekitar 15% dari gajimu untuk masa pensiun. Meski begitu, bukan berarti kamu harus segera menabung dalam persentase 15%.

Perencana keuangan Natalie Taylor menyarankan untuk menggunakan fitur peningkatan otomatis, yang meningkatkan kontribusi sebesar 1% setiap tahun. Baik kamu melakukannya secara otomatis atau manual, ada baiknya membuat rencana untuk meningkatkan kontribusimu seiring waktu.

3. Tidak Punya Rencana Keuangan Setelah Pensiun

investasi 100 ribu
Sumber Foto: Pexels

Perencana Keuangan David Walters menyebutkan bahwa sesudah kamu pensiun, gaji tentu ikut berhenti. Meski begitu, jika kamu masih memiliki tagihan, tentu itu akan terus menghantui.

Walters menyarankan, sebaiknya kamu perlu memetakan arus kas bulanan sebelum pensiun. Dengan mengetahui beberapa pengeluaranmu, kemungkinan besar berarti kamu mengetahui berapa banyak pendapatan yang dibutuhkan.

4. Mengambil Banyak Dana Pensiun di Awal

Pada dasarnya, mengambil uang dari rekening pensiun lebih awal dapat berdampak besar pada jumlah yang akan disediakan untuk masa pensiun nanti.

Sebab, uang kamu memiliki lebih sedikit waktu untuk tumbuh, meskipun hanya hilang selama beberapa bulan.

Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pensiun Boston College menunjukkan bahwa penabung yang telah mengambil pinjaman atau penarikan awal mengurangi dana yang tersedia di masa pensiun sekitar 25%.

Baca Juga: 3 Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Pensiun Dengan Bahagia

5. Tidak Memperhitungkan Inflasi

Inflasi sebenarnya akan memengaruhi pengeluaran kamu sehari-hari dan nilai tabungan pensiunmu. Sebagai contoh, tingkat inflasi sebesar 3 persen menunjukkan pengeluaran kamu yang akan berlipat ganda dalam waktu kurang dari 25 tahun.

Jika mengabaikan inflasi, kamu bisa memiliki kesalahan perencanaan pensiun yang paling umum dan dapat memiliki implasi jangka panjang yang serius, jika tidak diperhitungkan dengan benar.

Dengan masa hidup rata-rata yang jauh lebih lama dari sebelumnya, tentu kamu perlu mengelola keuangan dengan hati-hati untuk mengimbangi atau melebihi inflasi.

6. Tidak Melakukan Investasi

Amartha
Kunjungi www.amartha.com

Untuk siapkan dana pensiun, sebaiknya menginvestasikan uangnya ke sejumlah investasi selain menyiapkan tabungan pensiun. Meski begitu, investasi tersebut juga harus direncanakan dengan baik sehingga tingkat risiko yang diterima justru tinggi.

Selain itu, kamu pun lebih baik melakukan investasi pada sesuatu yang kamu pahami dengan baik. Oleh karena itu, jika kamu ingin berinvestasi buat persiapan pensiun, mestinya kamu memilih produk yang paling diketahui dan sudah memahami untung ruginya.

Salah satu platform investasi yang paling mudah dan bisa kamu coba adalah Amartha. Di Amartha kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap mendanai satu mitra usaha, lho.

Well, itulah 6 tanda bahwa kamu gak bisa pensiun meski sudah menyiapkan dana pensiun. Semoga informasi ini berguna buatmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here