icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 6 Skill Leadership yang Paling Banyak Dicari Perusahaan
icon-lang
icon-lang

6 Skill Leadership yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

By Team Amartha Blog - 29 Jan 2022 - 3 min membaca

Skill Leadership yang Wajib Kamu Miliki

Dalam mencari pekerjaan, selain kemampuan teknis, kamu pun harus memiliki skill leadership. Kemampuan ini wajib untuk kamu yang berniat menempati posisi sebagai seorang leader, manajer, atau supervisor. 

Skill leadership adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menginspirasi atau memotivasi orang lain supaya mau bekerjasama dan melakukan pekerjaan yang sudah direncanakan demi mencapai goal yang sudah ditetapkan. 

Nah, apa saja contoh leadership skill itu? Berikut ulasannya. 

1. Kemampuan berkomunikasi 

Seorang pemimpin, harus mampu berkomunikasi dengan orang lain mulai dari bawahan, atasan, mitra, hingga pelanggan. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik akan bisa membawa kamu untuk sukses. 

Kamu harus bisa mengartikulasikan informasi, tujuan, tugas, dan hasil dengan jelas dan ringkas. Kamu juga harus menguasai semua bentuk komunikasi, mulai dari percakapan langsung dan telepon, hingga email profesional dan pesan media sosial. 

Komunikasi juga tidak selalu tentang berbicara. Kamu juga harus dapat mendengarkan kebutuhan dan kekhawatiran karyawan, dan menetapkan metode yang tepat agar pegawai merasa nyaman. 

2. Kemampuan untuk memotivasi

Skill leadership lainnya yaitu bisa memotivasi karyawan agar lebih produktif. Ada beberapa cara untuk memotivasi karyawan kamu yaitu memberikan pengakuan dan penghargaan atas usaha yang telah mereka lakukan, memberikan kesempatan mereka untuk berkembang dengan memberi tanggung jawab baru. 

3. Mendelegasikan tugas dengan tepat

Seorang pemimpin yang baik, harus bisa mendelegasikan tugas kepada karyawan yang tepat. Untuk bisa melakukannya, kamu harus bisa mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki oleh karyawan. Dengan begitu, kamu tidak akan memberi beban pada mereka dan memberi tugas sesuai keahlian masing-masing. 

Baca Juga: Tips di Tempat Bekerja: Cara Ciptakan Lingkungan kerja yang Positif dan 

4. Problem solving

Inti dari kepemimpinan adalah tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah dalam departemen atau perusahaan. Ini mungkin masalah internal, seperti antara karyawan, atau masalah eksternal dengan pelanggan atau pesaing. Sebagai seorang pemimpin, kamu harus mampu menghadapi konflik dengan kepala dingin, menilai situasi secara menyeluruh, dan menyelesaikan masalah secara rasional. 

5. Mengambil keputusan dengan efektif

Ketika seorang pemimpin dihadapkan pada suatu masalah atau situasi yang sulit, ia harus mampu berpikir cepat dan kritis. Orang bergantung pada kemampuan pemimpin untuk berpikir, bertindak tegas, dan membuat keputusan terbaik untuk team atau perusahaan, dalam situasi apa pun. 

Pengambilan keputusan yang cepat dan efektif membutuhkan kepercayaan diri. Pun tidak mudah untuk dipelajari dalam waktu singkat. Salah satu cara meningkatkan leadership skill untuk bisa mengambil keputusan seefektif mungkin ialah melalui pelatihan dan pengalaman bekerjasama dalam tim. Kamu pun harus mengasah kemampuan menganalisis situasi secara tepat dari semua sisi agar bisa mendapatkan strategi penyelesaian yang tepat. 

6. Pandai membangun hubungan dengan bawahan dan atasan

Membangun hubungan adalah bagian penting dari bisnis apa pun, baik itu fasilitas kesehatan, perusahaan ritel, atau organisasi nirlaba. Seorang pemimpin, tidak hanya membangun hubungan baik dengan mitra atau klien, tetapi juga dengan anggota tim. 

Seorang pemimpin yang hebat, akan mampu membangun dan memelihara tim individu yang berkolaborasi, bekerja menuju tujuan bersama. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan yang kuat dan saling percaya satu sama lain dan dapat bergantung sewaktu dibutuhkan. 

Itulah skill leadership yang perlu kamu miliki agar dapat meningkatkan karir dan juga pendapatanmu. Selain itu kamu juga bisa manfaatkan skill-skill di atas dalam berinvestasi agar bisa mendapatkan hasil investasi yang menguntungkan.

Cek juga halaman karir Amartha untuk kamu yang ingin berkarir di perusahaan teknologi keuangan sekaligus pemberdayaan perempuan. Yuk gabung menjadi bagian dari Amartha Team!

Tags:

Artikel Terkait

Ilustrasi leadership. sumber: www.freepik.com

Memahami Arti Leadership dan Tips Membangunnya

Leadership & People Experience

6 Skill Leadership yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Good is the Enemy of GREAT

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png