6 Profesi Unik Indonesia Yang Belum Banyak Orang Tahu!

0
77

Kreatifitas orang Indonesia memang tiada batas. Pekerjaan yang beberapa orang bahkan menganggap tidak menghasilkan pun dibuat menghasilkan oleh masyarakat Indonesia. Kali ini kita akan membahas 6 profesi unik yang tidak pernah kamu temukan di negara lain. Nomor 6 ada mbak Rara lho!

1. Pak Ogah 

Pak Ogah yang akan dibahas kali ini bukan sebuah karakter anak-anak yang kita tonton di acara televisi. Pak Ogah yang satu ini biasanya masih ada yang memiliki rambut. 

Pak Ogah yang ini adalah satu dari sekian profesi unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Setiap hari mungkin secara tidak sadar kamu sudah sering bertemu Pak Ogah. Ngapain sih kerjanya?

Pak Ogah adalah sebutan atau nama kerennya orang yang bekerja mengatur lalu lintas. Biasanya mereka ada di perempatan atau pertigaan jalan yang sering terjadi macet. Sudah tahu kan kalau Pak Ogah yang ini bukan Pak Ogah-nya Si Unyil.

Para Pak Ogah ini menerima bayaran seikhlasnya. Beberapa dari pengendara biasanya akan memberi dari Rp.500 sampai Rp.5000. Kalau kalian bertemu Pak Ogah biasanya memberi imbalan berapa?

2. Profesi Ojek Payung

Pekerjaan unik ini biasanya ramai saat musim hujan saja. Tukan ojek payung awalnya akan berdiri di beberapa lokasi yang cukup ramai, dari situ biasanya mereka menemukan orang-orang yang lupa membawa payung atau jas hujan. 

Mereka akan menawarkan jasanya untuk di bayar seikhlasnya, biasanya orang-orang memberi Rp.2000 hingga Rp.10.000. Kebanyakan dari tukang ojek payung ini biasanya anak-anak SD hingga orang dewasa.

3. Joki 3 in 1

Joki 3 in 1 ini hanya ada di Jakarta. Cukup absurd karena termasuk pekerjaan yang jarang diminati oleh beberapa pengendara dengan alasan keselamatan. Setelah diberlakukan satu mobil minimal tiga orang, termasuk supir, pekerjaan Joki 3 in 1 ini menjadi marak. 

Pengendara akan mempersilahkan joki naik agar jumlahnya sesuai dengan peraturan. Pemerintah pun tahu kalau peraturan ini cukup aneh dan kurang relevan, namun sampai saat ini kalau kamu ke Jakarta, masih bisa menemukan Joki 3 in 1 ini di beberapa daerah disana.

Baca Juga: Profesi Paling Banyak Dikejar. Berapa Sih Gaji PNS Itu?

4. Tukang Parkir

Pernahkah kalian saat selesai berbelanja di supermarket tiba-tiba dihampiri tukang parkir yang tidak ada saat kamu masuk? Keberadaannya sungguh sebuah misteri. Profesi ini terbilang cukup menjamur di Indonesia, dan cukup dibutuhkan pula untuk berbagai alasan.

Tukang parkir ini merupakan profesi yang cukup unik karena tidak membutuhkan skill khusus. Mereka hanya membantu mengatur masuk dan keluarnya kendaraan di beberapa lokasi. Biasanya mereka juga menjaga kendaraan yang terparkir, bila ada kunci yang tertinggal mereka lah yang menyimpankan hingga si pemilik kembali.

5. Jasa Tukar Uang Receh

Membeli uang dengan uang, hanya ada di Indonesia. Profesi unik di Indonesia ini hanya ada waktu mendekati Hari Raya Idul Fitri saja jasa tukar uang receh ini meramai-ramai memenuhi jalan dan lokasi jual beli. 

Jasa ini nyatatnya cukup berguna bagi mereka yang perlu pecahan uang dengan kondisi baru. Sebenarnya pihak Bank Indonesia sudah menyediakan jasa penukaran uang ini, namun orang Indonesia beberapa masih menganggap pekerjaan ini menguntungkan.

6. Profesi Pawang Hujan

Siapa sih yang tidak tahu mbak Rara, ternyata menjadi pawang hujan ini termasuk pekerjaan yang keren lho! Pantas saja mbak Rara meraup untung puluhan juta saat menjadi pawang hujan Formula 1 beberapa waktu lalu.

Sebenarnya profesi ini dibutuhkan oleh pemangku hajat agar acara mereka terang dan lancar. Juga masih menjadi misteri bagaimana mereka bisa mengubah langit mendung menjadi terang benderang hanya dalam hitungan menit. Ajaib!

Tidak berhenti di acara hajatan saja, banyak mandor proyek yang mencari jasa pawang hujan ini agar proyeknya tidak becek karena hujan. Buktinya profesi unik ini juga banyak peminat di Indonesia yang tentu saja tetap membutuhkan skill mengubah langit mendung jadi terang benderang.

Di bandrol sekitar Rp1-2jutaan hingga ada yang sampai Rp3jutaan, jasa pawang hujan ini biasanya dilihat dari durasi acara dan kondisi angin setempat.

Upah pawang hujan beragam, tergantung lokasi, durasi dan kondisi. Profesi ini tidak bisa di pandang sebelah mata karena sekali menjaga satu acara biasanya bisa mendapat Rp1-2 juta, hingga yang paling lama Rp3 juta.

Masih banyak sekali keunikan profesi yang ada di Indonesia. Profesi-profesi unik ini semuanya cukup menghasilkan bila dilakukan dengan tekun dan giat. Jika kamu ingin menambah penghasilan serta berbuat baik kepada sesama, berinvestasilah bersama Amartha. 

Di Amartha tidak memandang jenis profesi apa yang kamu tekuni. Jadilah bagian dari pendana Amartha yang telah menandai lebih dari 1000 pengusaha mikro pedesaan demi menjadikan Indonesia tangguh! Dapatkan juga imbal hasil hingga 15% flat per tahun saat mendanai di Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here