Home Work Smart 6 Keterampilan yang Dicari Perusahaan Selama Pandemi

6 Keterampilan yang Dicari Perusahaan Selama Pandemi

|

|

|

Covid-19 memang membawa dampak yang besar bagi seluruh bidang kehidupan, termasuk bidang ekonomi salah satunya. Perusahaan pun mulai membuat kebijakan baru menghadapi situasi pandemi tersebut, misalnya seperti bekerja dari rumah atau bahkan sampai mengurangi jumlah karyawan.

Apabila Anda salah satu orang yang terkena dampak saat pandemi, saatnya bangkit dan meningkatkan keterampilan diri. Hal itu perlu diperhatikan supaya Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru.

6 Keterampilan yang Harus Dimiliki Jobseeker

Berikut keterampilan yang banyak dicari oleh banyak perusahaan untuk merekrut karyawan di antaranya yaitu:

Problem Solving dan Berpikir Secara Kritis

Individu yang bisa merespon dan berpikir cepat terhadap situasi apapun merupakan seorang pemenang. Apabila sudah terbiasa dengan menghadapi kesulitan, masalah komplek tersebut bisa dipecahkan menggunakan logika serta kemampuan terbaiknya.

Kenyataannya, tidak banyak orang yang mempunyai keterampilan seperti disebutkan di atas. Seseorang akan membutuhkan pemikiran evaluatif hebat dengan kecepatan tinggi, serta analogis untuk dapat memecahkan suatu masalah.

Manajemen

Manajemen merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan maupun recruiter untuk mencari karyawan baru. Keterampilan kepemimpinan, komunikasi, motivasi, dan pendelegasian adalah cara efektif membentuk karyawan secara sempurna.

Sehingga karyawan mempunyai kesiapan untuk mengelola tempat kerjanya di masa depan, yaitu dengan koordinasi secara sistematis.

Agilitas

Suatu perusahaan pastinya ingin mempunyai sumber daya yang mandiri. Untuk mempertimbangkan akan kebutuhan permintaan tinggi para konsumen dapat menjadi hal sulit. Maka karyawan harus dapat bekerja dengan cepat dan menyampaikan strategi tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sehingga karyawan akan dianggap mempunyai agilitas ketika bisa melakukan hal itu, karena harus cepat beradaptasi dan tangga akan adanya perubahan.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk bisa memantau dan menganalisis emosi dengan tepat, tanpa adanya diskriminasi. Seseorang dapat memakainya untuk membimbing dirinya sendiri dalam aspek emosional.

Keterampilan yang sangat diperlukan adalah ketika seseorang mempunyai kemampuan untuk bertindak dan mendefinisikan sesuai emosinya, serta tidak menyerah pada saat situasi yang tidak seharusnya. Karyawan pun harus mampu mengendalikan emosi dan kesehatan fisik diri sendiri.

Motivasi yang Tinggi

Seorang individu harus punya cukup tingkat kepercayaan diri untuk bisa menginspirasi dan memimpin orang lain untuk meraih kesuksesan secara menyeluruh. Seseorang harus dapat memberi motivasi pemimpin timnya, hal itulah dianggap sebagai ciri pribadi yang baik.

Perusahaan akan mencari karyawan yang bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya dan memasarkan kepercayaan agar mengambil jalan benar. Selain itu juga supaya karyawan dapat menginspirasi atas kesuksesannya.

Fleksibilitas

Apabila seseorang bisa beralih di antara ide dan situasi tanpa banyak melakukan usaha, maka mereka pun dapat memperoleh pekerjaannya dengan mudah. Perusahaan juga mencari karyawan dengan kemampuan menganalisis dan berpikir terhadap situasi di dalam satu waktu.

Seseorang bisa mengubah pemikirannya dari situasi satu ke yang lainnya tanpa merasa stres jika mempunyai fleksibilitas kognitif baik atau tinggi. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa keterampilan itu pun dipercaya banyak orang mampu meningkatkan peluang mendapatkan keberhasilan dalam memperoleh pekerjaan. Anda bisa mulai melatih dan memperbaiki diri supaya menguasai keterampilan tersebut.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...