6 Kesalahan yang Bisa Merugikan Bisnis Online di Instagram

0
46
Sumber Foto: Pexels

Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Bisnis Online di Instagram

Sampai saat ini media sosial Instagram masih menjadi platform favorit bagi para pelaku usaha. Instagram dianggap sebagai media yang efektif untuk menjangkau banyak konsumen.

Namun seringkali banyak pelaku bisnis online yang melakukan kesalahan-kesalahan saat menggunakan media Instagram untuk berjualan. Berikut ini adalah 6 kesalahan penggunaan Instagram yang dapat merugikan usaha online dan wajib untuk dihindari.

1. Menyajikan Konten yang Membosankan

Sumber Foto: iStockphoto

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan dan memberi dampak yang cukup fatal adalah menyajikan konten-konten membosankan. Kejadian ini kerap ditemui pada akun bisnis online pemula yang masih belum paham cara membuat konten menarik. Mereka kurang kreatif menyajikan konten sehingga hasilnya malah membosankan.

Ketika kamu memutuskan untuk berbisnis dengan media Instagram maka kamu harus siap untuk menyajikan konten-konten kreatif dan menarik. Saat ini ada banyak sekali bisnis yang masuk ke Instagram.

Akun-akun tersebut berlomba menyajikan konten menarik dan unik. Jadi, kamu harus ikut bekerja kreatif menghasilkan konten yang unik dan menarik agar bisa bersaing dengan mereka. 

2. Kualitas Foto Ala Kadarnya

Jasa fotografi

Pelaku usaha online yang menggunakan media Instagram harus bisa menyajikan foto dengan kualitas yang bagus. Instagram merupakan media sosial yang mengandalkan foto sebagai objek utama. Tentunya akun bisnis harus bisa menampilkan foto-foto yang menunjukkan produk mereka. Pastikan foto-foto tersebut dibuat dengan baik dan benar-benar berkualitas.

Foto produk atau foto konten yang dibuat ala kadarnya dan tidak serius jelas akan membawa kerugian. Foto yang jelek tidak akan bisa bekerja efektif menarik perhatian konsumen. Selain itu pembuatan foto yang ala kadarnya juga akan menurunkan value serta membuat citra bisnis tidak profesional.

3. Tidak Menggunakan Hashtag

smartphone

Kesalahan lain pelaku usaha online di Instagram adalah mengunggah konten tanpa hashtag. Meskipun sederhana namun hashtag ini punya peran penting di Instagram.

Berkat adanya hashtag, konten bisnis yang diunggah bisa dilihat oleh lebih banyak orang dan menjangkau pasar yang lebih luas. Usahakan untuk memakai hashtag yang sesuai dengan jenis konten dan bisnis online yang dijalankan. 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Tersedia di Aplikasi Belanja Online

4. Melakukan Spam

Sumber Foto: Pexels

Semua jenis media sosial tidak akan mendukung adanya tindakan spamming. Jika akun media sosial yang kamu jalankan untuk berbisnis terindikasi spamming maka ini akan membawa dampak yang buruk. Pengguna lainnya juga pasti akan terganggu apabila kamu melakukan spamming.

Agar tidak spam, cobalah untuk mengatur jadwal posting. Batasi jumlah foto atau konten yang akan diunggah dalam satu hari. Meskipun kamu mengelola bisnis online yang menjanjikan dengan produk yang menarik, jangan terlalu berlebihan dengan mengunggah banyak konten secara bersamaan.

5. Tidak Aktif Berkomunikasi

tips usaha di bidang jasa
Sumber Foto: Pexels

Kesalahan lain yang dilakukan oleh pelaku usaha online saat menggunakan platform Instagram adalah tidak aktif berkomunikasi. Sebaiknya pelaku usaha online terus aktif mengelola Instagram dan aktif menjalin interaksi dengan followers-nya. Mengunggah Instastory bisa jadi pilihan tepat untuk aktif di Instagram. Selain itu, tak ada salahnya membalas komentar para followers agar bisnismu terlihat hidup

6. Mengabaikan Penggunaan Instagram Ads

Instagram sudah menyediakan kemudahan bagi para pelaku usaha lewat fitur Instagram Ads. Fitur ini akan mempermudah pelaku usaha untuk beriklan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Jangan mengabaikan fitur ini dan menganggapnya tidak penting. Sebaliknya, pahami fitur ini dan cobalah untuk memanfaatkannya.

Itulah 6 kesalahan paling sering dilakukan pelaku bisnis online di Instagram dan bisa membawa kerugian. Instagram sudah menawarkan fitur yang menarik dan mempermudah bisnis. Bahkan lewat Instagram pula kamu bisa menemukan aneka peluang bisnis online tanpa modal, jadi jangan disia-siakan.

Jika sudah dapat untung, kamu bisa mengalokasikannya ke situs investasi yang aman dan terpercaya seperti P2P Lending Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan setiap mendanai perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan lho. Yuk daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here