6 Hard & Soft Skill 2022 yang Wajib Kamu Kuasai!

0
273
hard and soft skill in work
Ilustrasi Hard & Soft Skill Dalam Bekerja. Photos by Christina Morillo (Pexels)

Kuasai Hard & Soft Skill 2022 Ini agar Sukses di Masa Depan!

Untuk bisa masuk dalam dunia kerja dibutuhkan keahlian khusus yang bisa meningkatkan performa ketika melalui sesi wawancara kerja. Untuk itu, kamu harus mengetahui apa saja hard & soft skill 2022 yang paling banyak dicari oleh perusahaan. 

Hard skill adalah suatu keahlian intelektual yang bersifat teknis yang bisa diasah melalui jenjang pendidikan, latihan, maupun pengulangan. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan non teknis seseorang yang terbentuk dalam jangka waktu lama melalui karakter, kepribadian, atau kebiasaan.

Hard & Soft Skill yang Harus Dimiliki di Tahun 2022

Agar tidak kalah bersaing dengan para pencari kerja lainnya, kamu tidak bisa berpatokan pada informasi kebutuhan skill di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, adanya perkembangan teknologi yang semakin modern ikut mempengaruhi dunia kerja. Setidaknya, ada 6 hard & soft skill di tahun 2022 yang harus dikuasai, yaitu: 

1. Literasi Teknis

Perbedaan hard dan soft skill terletak pada kemampuan teknis seseorang. Jika kamu memiliki rencana melamar pekerjaan, kemampuan pertama yang dimiliki dan berkaitan dengan hard skill adalah pemahaman tentang literasi yang berkaitan dengan teknologi. Minimal kamu mengerti tentang apa saja tools yang sering digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. 

2. Cloud Computing

Pentingnya hard dan soft skill akan sangat terasa ketika sudah memasuki lingkungan kerja yang kompetitif. Itu sebabnya kamu harus menguasai skill yang mampu menunjang performa, salah satunya adalah cloud computing. Sebab, sebagian besar perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi modern pasti memilih untuk mencadangkan datanya ke cloud

3. Analisis data

Sedangkan kemampuan hard skill yang ketiga adalah menguasai atau minimal memahami tentang analisis data. Skill yang satu ini sangat penting untuk dimiliki karena selalu dibutuhkan di industri manapun tempat kamu melamar pekerjaan. 

Pasalnya, setiap data yang dimiliki perusahaan merupakan aset penting. Data-data tersebut bisa bermanfaat untuk mengambil suatu keputusan penting. Jadi, asah terus kemampuan analisis data agar lolos saat ada perekrutan karyawan. 

Baca Juga: 
Jobseeker Wajib Tahu! Ini Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Metaverse

4. Berpikir analitis dan inovasi

Dengan memiliki acuan hard & soft skill 2022 yang paling banyak dicari, kamu bisa dengan mudah memilih perusahaan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Salah satu soft skill yang tidak boleh diabaikan adalah kemampuan untuk menganalisis dan memahami masalah yang ada di perusahaan dan menemukan ide baru untuk mengatasi masalah tersebut. 

5. Kreativitas

Contoh hard dan soft skill yang sering dijadikan bahan pertimbangan perusahaan dalam mencari calon karyawan adalah analisis data (hard skill) yang dikaitkan dengan kreativitas (soft skill). Sebab, jika hanya mampu menganalisa data saja akan menjadi kemampuan yang sia-sia jika tidak bisa mengolahnya menjadi ide yang kreatif. 

Pemahaman kreativitas ini bukan sekadar mampu menciptakan karya seni yang kreatif saja. Melainkan mampu melihat sesuatu secara berbeda sehingga memunculkan ide baru yang orisinil. Jadi, dengan memiliki kemampuan soft skill ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menemukan ide terbaik yang diperlukan perusahaan. 

6. Emotional Intelligence

Kemampuan untuk memahami dan mengatur kadar emosi diri sendiri atau emotional Intelligence menjadi salah satu skill yang harus kamu kuasai. Dengan kemampuan ini, kamu bisa menunjukan empati terhadap orang lain dan mampu mengatur emosi sehingga lebih mudah bekerja sama dengan orang lain. 

Dengan memiliki keenam hard & soft skill 2022 tersebut membuat kamu mampu bersaing dengan pencari kerja lainnya. Jika sudah memiliki penghasilan tetap, jangan lupa menyisihkan sebagai dana untuk investasi di Amartha. Dengan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun, dijamin akan membuat isi kesehatan keuanganmu semakin baik. Yuk, bergabung dengan Amartha sekarang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here