6 Hal Mudah yang Dapat Dilakukan untuk Tingkatkan Inklusi Keuangan!

|

|

|

Cara Ampuh Meningkatkan Inklusi Keuangan – Menurut situs World Bank, inklusi keuangan merupakan akses bagi perorangan maupun bisnis agar bisa memanfaatkan layanan atau produk keuangan. Layanan tersebut sangat penting sekali untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan.

Menurut OJK, layanan jasa keuangan maupun lembaga ini bisa dipilih untuk keperluan masyarakat dalam menyejahterakan kehidupan. Itulah sekilas tentang apa itu inklusi keuangan.

Jika kamu ingin tahu jenis-jenisnya, berikut sudah kami rangkum di bawah ini:

1.   Tabungan Pelajar

Tabungan sangat penting bagi setiap kalangan, termasuk para pelajar. Saat ini lembaga keuangan atau bank menyediakan produk-produk tabungan pelajar yang bisa kamu pilih.

Tabungan pelajar juga menawarkan sistem kemudahan saat proses pembukaan rekening. Contohnya setoran awal yang biasanya ditawarkan ringan, bahkan ada yang hanya menawarkan setoran awal sebesar Rp5.000 saja.

Tabungan pelajar biasanya memiliki fitur sederhana namun dapat memenuhi kebutuhan pelajar.

2.    Investasi Saham

Sumber Foto: Shutterstock

Seperti yang kita ketahui, saat ini investasi saham tengah naik daun di Indonesia. Terlebih Bursa Efek Indonesia (BEI) yang semakin rajin mengampanyekan “Yuk Nabung Saham” ke seluruh masyarakat Indonesia secara daring.

BEI mengajak masyarakat Indonesia agar secara teratur membeli saham. Alhasil, dari tahun 2015 hingga saat ini, jumlah investor aktif di tanah air mengalami lonjakan yang signifikan hingga menyentuh angka 30%.

Dampak inklusi keuangan dari investasi saham tergolong prospektif. Namun sebelum terjun alangkah baiknya kamu belajar mendalami bidang ini terlebih dahulu, ya.

3.    Menabung Emas

Sedang mencari investasi untuk pemula yang cocok untuk meningkatkan inklusi keuangan? Menabung emas bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Kampanye menabung emas dikampanyekan oleh Pegadaian yang tergolong sukses menarik perhatian masyarakat.

Selain itu, menabung emas merupakan investasi yang tergolong ringan. Pasalnya, harga 1 gram emas saat ini hanya seharga Rp500.000 saja. Artinya, dengan nominal tersebut kamu sudah bisa menginvestasikan uang pada tabungan ini.

Indikator inklusi keuangan dari tabungan emas juga tergolong mudah untuk kamu cek sendiri perkembangannya.

4.   Tabungan Masa Depan

Ingin mempersiapkan dana pensiun sejak dini? Mulailah untuk menabung untuk masa depan saat ini juga! Gerakan menabung untuk masa depan sangat direkomendasikan OJK untuk masyarakat yang berkeinginan memiliki dana pensiun.

Di lain sisi, program pensiun sendiri saat ini sudah berjalan dan merupakan program unggulan dari BPJS ketenagakerjaan. Selain itu, tabungan masa depan juga ditawarkan oleh beberapa lembaga keuangan lainnya.

5.   Memiliki Tabungan Deposito  

Selain emas, deposito juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan inklusi finansial bagi investor pemula. Pasalnya, persyaratan deposito tidak sulit dan merupakan salah satu investasi yang mudah dijalankan, khususnya oleh pemula.

Deposito juga merupakan salah satu produk investasi yang tersedia hampir di semua bank. Artinya tidak sulit untuk menginvestasikan uang pada deposito. Bahkan saat ini deposito bisa dimulai dengan plafon atau dana deposito yang terbilang ringan.

6.    Investasi P2P Lending

Sumber Foto: Shutterstock

Saat ini cukup banyak jenis investasi yang potensial di Indonesia. Sebut saja P2P lending yang merupakan sebuah platform investasi yang mempertemukan orang-orang yang butuh pinjaman dana dengan pemodal atau peminjam dana.

Keuntungan dari P2P lending mulai dari 12 hingga 36 persen per tahun. Artinya, investasi ini menawarkan bagi hasil atau tingkat pengembalian investasi yang terbilang menarik dan juga menggiurkan.  

Tergiur untuk meningkatkan inklusi keuangan? Kini kamu bisa menginvestasikan dana di investasi P2P lending melalui platform www.amartha.com. Dengan berinvestasi di Amartha, kamu berkesempatan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.