icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 6 Cara Mengatur Gaji, Dijamin Aman Meski Tanggal Tua
icon-lang
icon-lang

6 Cara Mengatur Gaji, Dijamin Aman Meski Tanggal Tua

By Team Amartha Blog - 30 Sep 2022 - 3 min membaca

Setiap orang tentu ingin memiliki gaji bulanan besar. Lebih-lebih dengan sejumlah kebutuhan yang semakin hari menjadi semakin meningkat. Bila pendapatan tidak bertambah sesuai dengan harapan, masalah keuangan dapat terjadi. Sebenarnya, saat pendapatan belum bertambah, cara mengatur keuangan dapat menjadi solusinya. 

Kamu harus bisa mengatur keuangan bulanan agar tidak tergoda berhutang, terlebih untuk kebutuhan sekunder yang tidak penting. Besar kecilnya gaji sebenarnya tidak menjamin kebahagiaan seseorang serta tercukupinya kebutuhan hidup. 

Persoalan utamanya adalah bagaimana cara kita bersyukur dan cara kita mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Karena, seseorang dengan gaji ratusan juta nyatanya masih mengeluh kurang. 

Cara Mengatur Gaji dengan Baik

Agar gaji bulanan yang kamu dapatkan tidak menerus kurang, berikut cara mengelola gaji bulanan secara bijak, antara lain:

1. Gunakan Pembagian Gaji 50-30-20

50-30-20 merupakan salah satu metode ampuh yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan agar tidak boros. Tidak sedikit orang yang mengeluarkan banyak uang dan akhirnya lupa memenuhi kebutuhan pokoknya. 

Dalam metode 50-30-20, 50% digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Pastikan kamu sudah menghitung 50% dari penghasilan bersih di setiap bulan untuk membeli bahan makanan, pulsa, obat-obatan, biaya transportasi, asuransi dan lainnya. 

Kemudian 30% gaji, digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti sarana hiburan dan lainnya. sedangkan 20% digunakan untuk menabung dan investasi. Selain menabung, kamu dapat mengoptimalkan penghasilan untuk mempersiapkan tujuan finansial di masa mendatang. 

2. Melunasi Tagihan

Tips mengelola gaji yang lainnya adalah segera melunasi tagihan. Ketika memperoleh gaji, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membayar seluruh tagihan di awal, seperti tagihan telepon, listrik dan lainnya. ini menjadi hal penting agar gajimu tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari. 

Dengan membayarkan tagihan terlebih dulu, kamu akan lebih tenang dalam mengatur pengeluaran bulanan yang lain. 

3. Buat Laporan Keuangan 

Cara mengatur gaji berikutnya adalah membuat laporan keuangan. Kamu harus menyimpan struk belanja yang kamu peroleh setiap berbelanja. Kamu harus mencatat seluruh pengeluaran setiap hari. 

Cara ini akan membantumu kita mengetahui digunakan kemana saja uang kita selama ini. Selain itu, cara ini juga bisa membantumu melakukan analisa apa saja barang yang tidak harus dibeli bulan depan. 

Baca Juga: Bisakah Merdeka Finansial dengan Gaji UMR? 

4. Jangan Hanya Memiliki Satu Rekening Bank

Salah satu cara mengatur gaji 5 juta yang paling cermat adalah memiliki rekening bank yang berbeda. Kamu bisa menggunakan satu rekening bank untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan satu rekening bank lain digunakan untuk menabung. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan sisa uang bulanan ke rekening tabungan tersebut. 

5. Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang bisa membantu kita untuk mengelola keuangan. Tetapi, hal tersebut berlaku jika kita menggunakannya dengan bijak. Contohnya, menggunakan kartu kredit ketika terdapat promo. 

Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar seluruh tagihan bulanan, sehingga pengeluaran yang kamu lakukan akan terinci dengan baik. Tetapi, jangan lupa melunasi kartu kredit saat sudah menerima tagihan, agar kamu tidak membayar bunga yang membengkak. 

 6. Lakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi setiap bulan menjadi hal yang penting dilakukan. Hal ini untuk mengetahui apakah pengeluaran yang dilakukan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat, atau melebihi anggaran yang sudah dibuat. Saat mempraktekkan cara mengatur gaji di atas, kamu bukan hanya membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran, tetapi harus mematuhi peraturan keuangan yang telah dibuat.

Namun, bila kamu masih bingung untuk menyisihkan dana investasi seperti tips nomer 2 , Amartha menjadi salah satu pilihan platform investasi yang tepat. Di sini, kamu bisa menjadi lender dan membantu UMKM di seluruh Indonesia, kamu bahkan bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Pendanaannya cuma mulai dari Rp 100 ribu aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Daftar Sekarang

Tags:

Artikel Terkait

Apa Itu Hampers

Apa Itu Hampers? Ini Arti, Jenis, dan Trennya

Gaya Hidup
hampers lebaran

12 Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Mengesankan

Gaya Hidup
biaya mudik dengan mobil pribadi

Ini Rincian Biaya Mudik dengan Mobil Pribadi

Gaya Hidup
menu buka puasa irit

Wajib Dicoba! 13 Menu Buka Puasa Irit dan Nikmat

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png