5P: Strategi UMKM Agar Bisa Bersaing di Pasar Global

    0
    5178

    Para pelaku sektor UMKM memang menjadi salah satu ujung tombak perekonomian dalam negeri. Banyak peranan mereka dalam memajukan ekonomi bangsa. Hal ini tidak lepas dari berkurangnya banyak pengangguran karena penyerapan tenaga kerja baru secara berkesinambungan.

    Ssstt, Ini Lho Pengertian UMKM Yang Sebenarnya!

    Pengembangan UMKM pada dasarnya membutuhkan strategi khusus. Mengingat usaha kecil yang muncul pun semakin banyak dari waktu ke waktu. Mulai dari memasarkan produk yang sudah ada dan terkenal sampai menjual produk inovatif. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi 5P yang merupakan cara efektif mengembangkan UMKM, apa sajakah itu?

    1. Product

    Sebelum memulai sebuah bisnis, menentukan produk menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Langkah ini harus diperhatikan dengan seksama. Caranya adalah dengan melihat produk apa yang sedang banyak dicari pelanggan. Sebaiknya lakukan riset pasar untuk mencari apa yang sebenarnya konsumen butuhkan. 

    Dengan survei kecil-kecilan ini, Anda akan mengetahui gambaran produk yang akan dijual lebih mendetail. Tidak hanya itu, buat juga produk inovatif yang belum beredar di pasaran sehingga pesaing lebih sedikit. Inovasi yang kreatif dan menarik akan membantu bisnis Anda lebih berkembang dan menghasilkan keuntungan berlipat. 

    2. Price

    Setelah menentukan produk, langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual. Pastikan harga yang dipatok sudah menutupi modal serta operasional penjualan yang dijalankan. Dengan memperhatikan hal tersebut, akan lebih mencegah pelaku usaha terkena kerugian. Jika bingung menentukan harga, Anda bisa melakukan perbandingan dengan harga yang diberikan kompetitor.

    Meski demikian, pastikan kualitas juga menjadi pertimbangan ketika membandingkan harga. Misalnya jika kompetitor menawarkan harga murah dengan kualitas rendah, tak ada salahnya Anda menjual produk sedikit lebih mahal dengan kualitas lebih baik.

    5 Kesalahan Bisnis Yang Sering Dilakukan UMKM

    3. Place

    Strategi UMKM berikutnya adalah menentukan tempat usaha yang akan dijalankan. Pilihlah lokasi strategis sesuai produk yang Anda jual. Dengan mempertimbangkan hal ini, produk Anda akan lebih mudah dikenal publik dan kemudahan transaksi penjualan. 

    Jika tidak memungkinkan mendapatkan tempat jualan yang strategis, setidaknya pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dengan target pasar. Misalnya jika target pasar Anda pelajar, carilah lokasi usaha yang dekat dengan sekolah. 

    4. Promotion

    Pemanfaatan teknologi dalam usaha menengah bukan lagi hal yang asing. Pelaku usaha kecil pun banyak yang menggunakan platform media sosial dan website untuk memperkenalkan produk mereka. Hal ini tentunya berdampak positif terhadap bisnis yang dijalankan. Mengingat luasnya jangkauan internet yang bisa dilihat banyak orang. 

    5.  People

    Strategi UMKM terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia pada suatu bisnis yang dijalankan. Hal ini tidak boleh disepelekan karena akan berhubungan dengan operasional usaha Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda merekrut pegawai yang memiliki kemampuan sesuai di yang dibutuhkan.

    Inilah 3 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Bagi UMKM

    Prinsip-prinsip di atas apabila dijalankan dengan baik, tentunya akan berdampak besar terhadap UMKM yang dijalankan. Setelah menjalankan metode ini, jangan lupa untuk melakukan pembukuan agar pengelolaan keuangan bisa terkontrol.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here