Home Tech & Bisnis Business 5 Usaha Sampingan PNS yang Tak Ganggu Pekerjaan

5 Usaha Sampingan PNS yang Tak Ganggu Pekerjaan

0
341
Ilustrasi karyawan melakukan pekerjaan sampingan. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi karyawan melakukan pekerjaan sampingan. sumber: www.istockphoto.com

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu menjadi idaman untuk sebagian besar orang, terlebih ini merupakan harapan dari orang tua ke anak karena dianggap akan menjamin kehidupan sampai masa tua. 

Selain itu, PNS juga dikenal memiliki gaji yang mencukupi, tunjangan, serta pensiun. Namun ternyata, tidak semua PNS merasa cukup dengan nominal yang mereka terima. Ada yang masih butuh usaha sampingan PNS yang lain.

Mengapa PNS masih butuh usaha sampingan? Ini tentu berhubungan dengan kebutuhan berbeda setiap orang. Apakah ada pekerjaan sampingan yang bisa coba untuk dilakukan?

Jenis Usaha Sampingan PNS yang Tak Ganggu Pekerjaan

Apakah PNS boleh memiliki usaha sampingan? Hal ini diperbolehkan asalkan tidak mengganggu pekerjaan. PNS juga disarankan untuk meminta izin ke atasan sebelum memutuskan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang lain. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi yang berkaitan dengan pengabdian pada negara.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang bisa kamu coba:

1. Guru Online

Jenis pekerjaan satu ini cocok untuk usaha sampingan guru PNS. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini setelah pekerjaan utamamu selesai, atau bisa juga dilakukan selama weekend. 

Kamu bisa mempromosikan jasa mengajar kamu lewat media sosial atau mendaftarkan diri ke lembaga kursus yang menyediakan lowongan untuk pengajar online. untuk pekerjaan ini, pastikan kamu menyiapkan dana untuk koneksi internet dan peralatannya.

2. Reseller

Kamu ingin memulai bisnis tapi tidak ingin keluar modal? Kamu bisa coba menjadi reseller untuk bisnis online shop. Apa yang harus kamu lakukan agar bisa melakukan pekerjaan ini? 

Kamu hanya tinggal mencari supplier yang menggunakan pengiriman dropship sehingga pesanan dari pelanggan akan dikirim ke tokomu. Usaha sampingan untuk PNS di desa atau kota ini pasti menghasilkan untung.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Cara Menabung untuk Modal Usaha

3. Paket Data dan Pulsa

Sampai saat ini ada banyak orang yang merasa kesusahan ketika membeli pulsa dan paket data. Padahal saat ini internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang tak lepas dari kegiatan tiap hari. 

Sebagai usaha sampingan PNS, kamu bisa menggunakan peluang ini untuk membuka bisnis baru. Untuk mengawalinya, kamu bisa coba promosikan ke orang-orang sekitar. Selain paket data dan pulsa, kamu juga bisa menjual voucher game.

4. Toko Online

Bisnis sampingan untuk PNS wanita atau pria berikutnya adalah toko online. Fleksibilitas yang ditawarkan ketika melakukan bisnis ini membuat toko online menjadi salah satu bisnis sampingan yang menarik. 

Kamu bisa melakukan bisnis ini kapanpun dan dmanapun dan mengawali dengan berbagai jenis produk contohnya produk rumahan, makanan unik khas daerah. Nanti bila bisnisnya makin besar, kamu bisa mulai mempekerjakan orang.

5. Usaha Jahit

Jika kamu memiliki keterampilan dalam hal menjahit, kamu bisa coba membuka usaha di bidang ini. Jika kamu menjalankan usaha sampingan PNS ini, banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Usaha jahit juga bisa dijalankan hanya dari rumah loh!

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi usaha sampingan PNS yang bisa kamu coba agar mendapat untung besar tanpa mengganggu pekerjaan.

Ingin mendapatkan passive income meskipun tidak melakukan usaha sampingan? Kamu bisa berinvestasi di Amartha, sekaligus mendukung UMKM dengan akses permodalan agar bisnis mereka semakin berkembang dan menghadirkan kesejahteraan merata. Makin untung dengan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here