5 Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Berbagai Negara

0
393
Ilustrasi tradisi perayaan tahun baru. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi tradisi perayaan tahun baru. sumber: www.pexels.com

Perayaan tahun baru adalah event tahunan yang selalu ramai dirayakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, tradisi merayakan pergantian tahun umumnya berupa acara makan bersama, berdoa bersama, atau sekedar berkumpul bersama keluarga.

Namun berbeda dengan Indonesia, ada beberapa negara yang memiliki cara unik merayakan pergantian tahun. Tradisi tersebut umumnya dilaksanakan turun temurun dan memiliki makna filosofis khusus yang terkandung di dalamnya.

Tradisi Perayaan Tahun Baru yang Unik & Seru di Berbagai Negara

Jadi, apa saja tradisi unik dalam merayakan tahun baru dari berbagai negara di dunia? Untuk kamu yang ingin tahu, berikut 5 tradisi unik perayaan pergantian tahun beserta fakta menarik di baliknya.

1. Jepang

Berbeda dengan perayaan tahun baru di Indonesia, Jepang merayakan pergantian tahun (Shogatsu) dengan tradisi khusus. Perayaannya beraneka ragam dan dilaksanakan hingga pertengahan bulan Januari.

Di awal tahun, penduduk Jepang akan berdoa bersama di kuil melalui tradisi bernama Hatsumode. Lalu pada tanggal 2 Januari, mereka akan melakukan tradisi Kakizome, yaitu menulis kaligrafi yang kemudian akan dibakar pada 15 Januari.

2. Thailand

Tradisi perayaan tahun baru unik di Thailand dilaksanakan melalui Festival Songkran. Festival ini diselenggarakan secara rutin setiap 13 hingga 15 April, dan selama 3 hari tersebut akan dilaksanakan berbagai kegiatan dan ritual.

Contohnya seperti ritual mencuci patung Buddha, memberi makanan ke biksu, membuat pagoda pasir, melepaskan burung atau ikan, hingga perang air. Uniknya, perang air berawal dari tradisi saling mencipratkan air bekas mencuci patung Buddha.

Baca Juga: Tips Cerdas Cara Kelola THR Akhir Tahun Agar Bermanfaat!

3. Korea

Tradisi dan sejarah perayaan tahun baru di Korea banyak dipengaruhi oleh sistem penanggalan yang diterapkan. Tradisi tahun baru di Korea disebut Seollal dan dilaksanakan menurut kalender Masehi secara bersamaan dengan perayaan Imlek yang mengikuti kalender Lunar.

Salah satu tradisi yang dilaksanakan adalah Charye, suatu prosesi penghormatan terhadap mendiang leluhur. Seperti kebudayaan Indonesia, mereka juga mengenal tradisi “sungkeman” kepada orang tua yang disebut Sebae.

4. Yunani

Perayaan tahun baru di Yunani dilaksanakan dengan menikmati hidangan bernama vasilopita, sejenis roti ragi yang manis. Di dalamnya terdapat potongan koin, dan siapapun yang berhasil menemukan koin tersebut dipercaya akan mendapat keberuntungan.

Selain itu, masyarakat Yunani juga memiliki tradisi menggantung bawang di pintu rumah mereka pada pergantian tahun. Praktik ini merupakan simbol filosofis yang bermakna pertumbuhan serta kelahiran kembali di tahun baru.

5. Chili

Di Republik Chili, mereka merayakan pergantian tahun dengan tradisi bermalam bersama keluarga yang telah meninggal di pemakaman. Tradisi ini sendiri berawal dari sebuah keluarga yang dulu pernah menerobos pemakaman pada malam tahun baru.

Hingga kini, pemerintah akhirnya mulai membuka tempat pemakaman setiap malam tahun baru. Makna dari perayaan ini adalah agar setiap orang bisa menghabiskan malam tahun barunya bersama mendiang keluarga.

Itulah daftar 5 tradisi unik merayakan tahun baru dari berbagai negara di dunia. Apapun tradisinya, cara terbaik merayakan tahun baru adalah dengan membuat resolusi terbaik untuk mengembangkan diri.

Salah satu resolusi tahun baru yang bisa dicoba adalah target untuk mandiri secara finansial. Sebagai langkah pertama, kamu bisa belajar berinvestasi di Amartha, microfinance marketplace resmi yang sudah berizin dan diawasi di OJK dengan produk pendanaan terbaik mulai dari Rp100 ribu saja.

Siap meraih kebebasan finansial di tahun 2023? Amartha menawarkan imbal hasil pendanaan hingga 15% flat per tahun yang ditujukan untuk mendorong kemajuan usaha mikro, khususnya kaum perempuan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, maksimalkan perayaan tahun baru menjadi lebih bermanfaat bersama Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here