5 Top Nama Hacker Dunia, Aksinya Bikin Geleng-Geleng Kepala

0
1133
Ilustrasi hacker dunia. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi hacker dunia. sumber: www.istockphoto.com

Keberadaan hacker atau peretas di dunia saat ini memang mengancam keamanan kita semua. Apalagi sekarang muncul sosok misterius yang menamai dirinya sebagai Bjorka. Peretas ini telah membocorkan data-data rahasia penting milik pemerintah tanah air. 

Namun perlu diketahui bahwa Bjorka bukanlah satu-satunya peretas dengan keahlian hebat. Ada banyak lagi peretas di luar sana dengan kemampuan yang bikin banyak orang merasa terancam. 

Deretan Riwayat Nama Hacker yang Populer di Dunia yang Ditakuti

Selain Bjorka, ada deretan nama peretas lainnya dengan kemampuan luar biasa. Bahkan mereka telah berhasil melakukan peretasan ke situs-situs besar dunia. Berikut ini beberapa nama hacker dunia yang telah membuat riwayat mencengangkan cyber:

1. Anonymous

Nama hacker dunia pertama adalah Anonymous yang mulai meretas pada tahun 2003 di 4chan Messages Board. Anonymous menyerang grup yang fokus pada isu keadilan sosial. 

Peretas ini berhasil menonaktifkan situs website tersebut. Apa dampaknya? Situs tersebut kemudian tidak memiliki peringkat pencarian yang baik di Google dan mesin faks dipenuhi dengan gambar hitam.

Sayangnya, FBI maupun lembaga penegak hukum manapun tidak berhasil melakukan pelacakan dan membuat Anonymous bebas begitu saja. Identitas Anonymous pada akhirnya tidak bisa diidentifikasi dan kasus peretasan yang dilakukannya berakhir begitu saja. 

2. Kevin Mitnick

Nama hacker dunia lainnya adalah Kevin Mitnick yang masuk ke dalam salah satu hacker dunia dengan kemampuan terhebat. Mitnick berhasil mencuri manual komputer dari Pacific Bell di tahun 1981 silam. Di tahun 1982, Mitnick juga meretas NORAD atau Komando Pertahanan Amerika Utara. 

Kasus peretasan NORAD yang dilakukan oleh Mitnick kemudian menginspirasi sebuah film bertajuk War Games yang diproduksi pada tahun 1983. 

Tidak berhenti sampai di sana, Kevin Mitnick kemudian melakukan peretasan jaringan DEC atau Digital Equipment Corporation di tahun 1989. Bahkan Mitnick berhasil membuat salinan jaringan lunak yang mereka miliki. 

3. Jeanson James Ancheta

Hacker terhebat di dunia berikutnya adalah Jeanson James Ancheta. Namanya semakin populer karena berhasil meretas sebuah sistem data kredit dan memporak-porandakan jaringan keadilan sosial. 

Di tahun 2005, Ancheta bahkan berhasil meretas lebih dari 400.000 jaringan komputer. Penyelidikan terhadap Ancheta berakhir pada hukuman penjara untuknya selama 57 bulan. 

Ini merupakan hukuman yang diberikan atas tindakannya menggunakan teknologi botnet. Teknologi tersebut berhasil menginfeksi dan merusak sistem komputer sehingga menimbulkan banyak kekacauan. 

4. Albert Gonzales

Nama hacker dunia berikutnya adalah Albert Gonzales yang juga menjadi salah satu hacker yang ditakuti dunia. Gonzales mendapatkan julukan Supnazi di sepanjang kariernya sebagai peretas. 

Ia memulai perjalanannya sebagai peretas dengan menjadi pemimpin sebuah kelompok kutu buku komputer. Dari sini ia belajar banyak mengenai sistem komputer dan peretasan. 

Pada usia yang masih cukup muda, 22 tahun, Gonzales berhasil ditangkap di New York. Ia ditangkap akibat kasus penipuan kartu kredit. Tidak hanya itu ia juga berhasil mencuri data dari jutaan pemilik rekening. 

5. Adrian Lamo

Nama hacker dunia terakhir adalah Adrian Lamo juga tidak kalah populer di dunia peretasan. Di usia yang masih sangat muda, 20 tahun, hacker ini berhasil meretas Yahoo. Ia menggunakan alat manajemen konten dan mengubah artikel-artikel Reuters. 

Selain itu Lamo juga menambahkan kutipan palsu yang membuat data-data di sana kacau. Lamo juga sering melakukan peretasan sistem secara terbuka.

Beberapa kali ia memberitahu pers mengenai aksi peretasan yang ia lakukan. Hal ini membuat Lamo dikenal sebagai salah satu peretas yang sukses bikin geleng-geleng kepala. 

Ternyata ada banyak ya hacker yang berbakat di dunia ini. Kamu sebaiknya mulai berhati-hati karena ancaman peretas ada dimana-mana. Terutama jika kamu ingin berinvestasi, jangan sampai dana pribadi lepas ke peretas. Pilihlah investasi yang aman seperti pendanaan melalui platform microfinance marketplace Amartha yang terpercaya dan bisa diandalkan.

Dengan berinvestasi, uang aman dan berpeluang imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Modalin UMKM Indonesia mulai dari Rp100.000 aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here