5 Tips Sehat Di Musim Hujan Agar Tak Mudah Sakit

0
53
Ilustrasi tetap sehat di musim hujan. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi tetap sehat di musim hujan. sumber: www.istockphoto.com

Musim hujan sudah tiba, tips sehat di musim hujan pun banyak dicari oleh masyarakat. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa ketika musim hujan datang, maka daya tahan tubuh dapat terancam melemah. Tips-tips kesehatan sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat di musim hujan.

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk dilakukan setiap hari, terutama ketika musim hujan. Karena pada musim hujan, potensi tubuh untuk terserang berbagai penyakit juga lebih tinggi. Misal sebut saja flu, demam, demam berdarah, batuk dan lainnya.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tips sehat saat musim hujan dan cara agar terhindar dari berbagai penyakit. Sehingga penting sekali jika kamu pahami dan contohkan karena hal ini penting sekali untuk menjaga tubuh kamu agar terus sehat dan bugar sepanjang musim hujan.

Ikuti 5 Tips Sehat di Musim Hujan Agar Tidak Sakit

Untuk menjaga kesehatan ketika musim hujan tiba sebenarnya tidak sulit dan dapat dilakukan dengan mudah. Kondisi tubuh saat cuaca hujan memang rentan dan mudah untuk terkena virus penyakit. Sebagai bentuk pencegahan, kamu dapat mengikuti 5 tips sehatnya berikut ini:

1. Konsumsi Air Putih dengan Cukup

Tips pertama dan tentu yang paling esensial untuk kamu ikuti adalah mengonsumsi air putih dengan cukup. Kebutuhan air putih yang cukup akan membantu tubuh kamu lebih kuat untuk melawan virus dan yang terpenting adalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Beberapa pakar menyarankan untuk mengonsumsi air hangat atau ditambah dengan teh herbal. Tujuannya agar dapat menciptakan rasa atau sensasi hangat dan rileks, sehingga tubuh menjadi lebih siap terhadap serangan virus atau bakteri yang menyerang sistem imun.

2. Rajin Membersihkan Wajah dan Badan

Antisipasi saat musim hujan salah satunya adalah tubuh akan mudah terkena air hujan sehingga kotor dan basah. Maka dari itu, ketika musim hujan kamu wajib rajin untuk membersihkan badan dan wajah dengan keramas. Hal ini agar kamu dapat terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Tips sehat di musim hujan yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi buah dan sayur sebagai cara alami untuk meningkatkan imun tubuh. Mengonsumsi buah yang banyak vitamin C dapat meningkatkan imun dan kesehatan tubuh kamu.

Mengonsumsi sayur juga dapat meningkatkan produksi serat pada tubuh dan melancarkan peredaran darah. Jika konsumsi buah dan sayur kamu sudah cukup, maka kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh akan terpenuhi sehingga imun tubuh kamu dapat mencegah berbagai penyakit muncul.

Baca Juga: Perlu Dicoba! 5 Minuman Hangat Musim Hujan yang Enak

4. Rutin Mengonsumsi Suplemen dan Vitamin

Tips sehat di musim hujan yang keempat ini tidak kalah penting untuk kamu coba. Mengonsumsi suplemen dan vitamin menjadi tips mujarab yang dapat kamu ikuti. Konsumsi vitamin dengan berbagai kandungan nutrisi dan mineral dapat menjaga tubuh agar terus tetap sehat ketika musim hujan tiba.

5. Membawa Minyak Kayu Putih atau Aromatherapy 

Tips terakhir yang dapat kamu coba adalah membawa minyak kayu putih atau aromatherapy. Fungsinya agar kamu mendapatkan relaksasi tubuh ketika menggunakannya. Hal ini dapat membantu mengurangi efek kelelahan yang kamu alami. Selain itu, minyak kayu putih juga memberikan kehangatan di kala kamu kedinginan terkena air hujan.

Itulah berbagai tips sehat di musim hujan yang dapat kamu coba aplikasikan. Nah, sebagai bentuk investasi agar kamu dapat mempersiapkan biaya pengobatan di kala musim sakit tiba sebagai proteksi diri.

Sambil santai hangat di weekend sore. Kamu juga bisa sambil melakukan pendanaan di Amartha dengan imbal hasil sebesar 15% flat per tahunDitambah ekstra bonus spesial untuk pendana pertama. Wah, sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here