5 Tips Manajemen Waktu agar Kerja Lebih Efektif

0
76
managemen waktu di tempat kerja
Ilustrasi Manajemen Waktu di Tempat Kerja. Photos by Nico Elnino (iStockphoto)

Mau Lebih Produktif, Terapkan Tips Manajemen Waktu Ini! 

Jika kamu merasa waktu sebanyak dua puluh empat jam dalam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua tugas yang dibebankan. Itu tandanya kamu tidak memiliki manajemen waktu yang terorganisir. Sedangkan dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk bersikap profesional dan harus bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline

Itu sebabnya kamu harus memiliki pengaturan waktu yang efisien dan menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, setiap tugas bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Bagaimanakah pengelolaan waktu yang efisien dan efektif tersebut? Berikut ulasannya. 

1. Atur Jadwal dan Buat Prioritas

Teknik manajemen waktu pertama yang harus kamu terapkan adalah mengatur jadwal dan membuat skala prioritas. Fungsi dari jadwal ini sebagai pengingat pekerjaan apa saja yang harus segera diselesaikan. 

Agar berfungsi dengan baik, buatlah skala prioritas dengan membaginya menjadi 4 bagian, yaitu: 

  • Penting dan menghasilkan.
  • Penting tapi tidak menghasilkan. 
  • Tidak penting namun menghasilkan. 
  • Tidak penting dan tidak menghasilkan. 

Dengan mengerjakan tugas sesuai jadwal dan skala prioritas tersebut, maka semua pekerjaan yang dibebankan akan bisa terselesaikan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. 

2. Disiplin Waktu

Tips yang kedua agar semua tugas yang dibebankan tidak terbengkalai adalah dengan menerapkan disiplin waktu yang tinggi. Contoh manajemen waktu yang harus diterapkan dalam lingkungan kerja adalah giat dalam bekerja, tidak malas, atau bahkan menyepelekan tugas yang diberikan. 

Satu hal lagi, kamu harus membuang jauh-jauh kebiasaan buruk menunda pekerjaan karena hanya akan berdampak buruk bagi penilaian kinerja kamu di mata perusahaan. Ingatlah selalu bahwa waktu yang telah lewat tidak akan bisa diulang kembali.  

3. Manajemen Waktu Dengan Fokus

Setiap kali mendapatkan tugas, usahakan untuk tetap fokus pada pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat sebelumnya. Terutama jika pekerjaan tersebut membutuhkan akses internet. 

Sebab, ada kemungkinan kamu akan tergoda untuk stalking di internet, belanja daring, bermain game, atau scroll di media sosial. Hal ini tentunya akan merusak pengelolaan waktu yang telah disiapkan sebelumnya. 

Baca Juga: Hustle Culture, Budaya Gila Kerja Di Kalangan Fresh Graduate

4. Selesaikan di Awal

Tips manajemen waktu berikutnya yang harus diterapkan adalah berusaha untuk menyelesaikan setiap pekerjaan di awal waktu. Terutama jika tugas yang dibebankan cukup banyak dan menyita banyak waktu. 

Disinilah pentingnya mengikuti jadwal atau schedule yang sudah kamu atur sedemikian rupa. Jadi, selesaikan tugas yang paling penting lebih awal dan jangan menundanya jika tidak terlalu mendesak. Dengan cara ini, kamu bisa fokus menyelesaikan tugas yang berikutnya karena tugas utama telah selesai dikerjakan. 

5. Istirahat yang Cukup

Intinya, dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kamu bisa mengisi waktu luang yang tersisa dengan hal-hal yang lebih berguna. Jangan lupa memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Pasalnya, tubuh yang terasa lelah akibat bekerja tanpa jeda akan menurunkan konsentrasi dan merusak tubuh.

Kiat agar bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya tanpa meninggalkan waktu istirahat adalah dengan memberi jeda selama 10-30 menit. Dalam kurun waktu tersebut, gunakan sebaik mungkin untuk melakukan hobi atau sekadar tiduran. 

Nah, itulah kelima tips pengaturan waktu yang akan membuat kinerja tetap terjaga. Jangan lupa, selain manajemen waktu yang efisien kamu juga harus bisa manajemen keuangan dengan baik.

Selain mengandalkan gaji, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara investasi melalui Amartha. Merupakan P2P lending terbaik dan terpercaya yang mampu memberikan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Jangan mau kalah, segera bergabung di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here