5 Tips Kuat Puasa Ramadan Seharian dan Tetap Produktif

0
136
tips kuat puasa
Ilustrasi tips kuat puasa seharian selama bulan ramadan. Photos by istockphoto

Tips Kuat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Berpuasa selama sebulan penuh bukan berarti kamu bisa makan apa saja sepuasnya tanpa memperhatikan setiap asupan yang masuk. Selain berat badan semakin bertambah, hal tersebut juga akan merugikan kesehatan.

Agar stamina tetap terjaga, ada beberapa tips kuat puasa yang bisa kamu terapkan, diantaranya adalah: 

1. Sahur yang Bernutrisi

Tips pertama agar kuat saat berpuasa adalah sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Cara ini dilakukan agar kamu tidak hanya kenyang, tapi tubuh pun mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian. 

Jenis makanan yang cocok untuk sahur adalah yang mengandung karbohidrat, protein, dan kadar lemak yang cukup. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi kacang-kacangan serta buah segar agar imun tetap terjaga. 

2. Tetap Terhidrasi

Selama puasa, tubuh bisa mengalami dehidrasi jika kamu tidak menjaga pola minum dengan baik. Tips minum yang membuat tubuh tetap terhidrasi adalah minum air putih sebanyak 200-500 ml tiap jam selama kurun waktu mulai dari berbuka hingga sahut. 

Untuk itu, hindari minum banyak air di jam terakhir saat sahur karena tubuh bisa terkejut jika kamu tiba-tiba mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak di satu waktu. Dari sekian banyak jenis, ada beberapa minuman sahur agar kuat puasa yang sebaiknya diminum dalam kondisi hangat, yaitu: 

  • Air Putih 

Disarankan untuk minum minimal 1 gelas air putih hangat sebelum makan sahur. 

  • Air Madu 

Kandungan gula alami dan karbohidrat yang terdapat pada madu bisa menjadi sumber energi yang efektif serta membantu menetralisir gas dalam perut. 

  • Teh Hijau

Minuman teh hijau juga cocok untuk dikonsumsi dalam kondisi hangat dan tanpa gula saat sahur karena mengandung antioksidan yang tinggi, terlalu pekat, asalkan tidak secara berlebihan atau terlalu pekat. 

  • Susu Rendah Lemak

Jika tidak alergi terhadap segala jenis susu, kamu bisa memilih susu rendah lemak untuk dikonsumsi saat sahur karena kandungan nutrisinya akan menjaga tubuh tetap fit. 

  • Wedang Jahe

Minum wedang jahe saat sahur dapat mengurangi nafsu makan dan menjaga ketahanan tubuh tetap stabil. 

  • Jus Sayur

Minuman berupa jus sayur yang dikonsumsi saat sahur juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh selama berpuasa. 

3. Tidak Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Tips kuat puasa berikutnya adalah memperhatikan menu buka puasa selama Ramadhan. Sebaiknya, jangan makan secara berlebihan dan pilihlah menu berbuka yang mengandung karbohidrat, berserat tinggi, dan protein yang mudah dicerna. 

Jangan lupa untuk menambahkan menu sayur dan buah pada saat berbuka puasa. Satu hal lagi, hindari jenis makanan dan minuman yang kurang sehat seperti gorengan, terlalu manis, dan yang mengandung banyak garam. 

Baca Juga: Perhatian! Ini 7 Hal yang Membatalkan Puasa

4. Tetap Berolahraga

Walaupun dalam kondisi puasa, kamu juga tetap harus berolahraga. Namun, pilihlah jenis olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, atau sekadar melakukan aktivitas harian (menyapu, mengepel, mencuci, atau menyiram tanaman). 

5. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tips kuat puasa saat kerja berat adalah dengan menjaga pola tidur yang cukup dan berkualitas. Pasalnya, tubuh yang terasa lelah bisa jadi dikarenakan jadwal tidur yang berkurang selama bulan Ramadhan. 

Cara terbaik adalah dengan mengatur jadwal tidur saat puasa, misalnya: 

  • Langsung tidur setelah sholat tarawih hingga satu jam sebelum sahur
  • Tidur siang selama satu jam setiap hari. 

Dengan menjalankan semua tips kuat puasa tersebut, kamu bisa tetap beraktivitas dengan maksimal. Ayo sempurnakan ibadah di bulan penuh berkah dengan tips di atas dan juga melakukan kebaikan.

Kamu bisa memulainya dengan memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan bersama P2P Lending Amartha. Kamu bisa dapatkan keuntungan imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Belum lagi penawaran menarik lainnya dari Amartha.

Makanya, jangan sampai ketinggalan. Ikuti seluruh media sosial Amartha dan daftarkan diri kamu untuk modalin para perempuan CEO UMKM di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here