5 Tips Investasi Pekerja Kantoran Demi Masa Tua Nyaman

0
1308
ilustrasi tip investasi pekerja kantoran
ilustrasi tip investasi pekerja kantoran. Sumber: www.freepik.com

Tips Investasi Pekerja Kantoran Agar Keuangan Sehat

Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh pekerja kantoran adalah penghasilan yang pasti setiap bulannya. Namun, kamu harus ingat jika pekerja kantoran juga memiliki masa pensiun. Agar masa tuamu tetap bahagia, tips investasi pekerja kantoran menjadi hal yang harus kamu ketahui. 

Investasi sekarang ini menjadi anggaran bulanan yang diperlukan agar finansial menjadi tetap sehat. Meskipun dapat menyehatkan finansial, namun investasi ini tidak bisa sembarang dilakukan.

Tips Investasi Pekerja Kantoran

Berikut sejumlah tips investasi bagi kamu pekerja kantoran, antara lain:

1. Pahami Produknya Terlebih Dulu

Tips investasi untuk karyawan yang pertama adalah kamu harus memahami produk investasi terlebih dulu mulai dari berbagai pilihan produk hingga cara kerja investasi tersebut mendatangkan keuntungan. 

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui pengertian, cara kerja serta untung ruginya. Bahkan kamu juga harus memilih sesuai dengan profil risiko serta kebutuhan yang kamu miliki. Kamu dapat mempelajari lebih dalam lagi mengenai aspek yang berkaitan dengan investasi secara spesifik. 

2. Investasi Pekerja Kantoran Mulai dengan Nominal yang Kecil

Tips investasi karyawan kantoran yang berikutnya ialah mulai dengan nominal yang kecil. Investasi tidak perlu langsung dengan nominal yang besar. Kamu bisa mulai dengan nominal kecil dan membiasakan diri serta belajar untuk memahami cara kerja yang dimilikinya. 

Kamu juga harus memahami jenis serta layanan, bank hingga perusahaan sekuritas yang dapat diakses dari smartphone. Ketika kamu mendapati portofolio investasi berubah menjadi merah, hindari langsung panik.

Namun, kamu bisa mencari tahu apa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi serta mencari tahu apa faktor yang dapat menyebabkan investasi mengalami penurunan serta mencari tahu antisipasi investasi yang berikutnya. 

3. Hindari Menunda Investasi

Jika sudah memahami cara kerja, proses pembelian hingga penjualannya dengan baik. Tips investasi untuk karyawan yang berikutnya adalah jangan menunda. Biasakan diri untuk mulai melakukan investasi. 

Kamu bisa memilih untuk memulai investasi reksadana, saham maupun P2P lending yang menguntungkan. Sesuaikan aktivitas investasi ini untuk tujuan finansialmu. Karena kamu akan menggunakan dana investasi untuk masa tua, kamu dapat melakukan investasi secara berkala. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Investasi?

4. Optimalkan Kebiasaan Melakukan Investasi

Pastikan menyusun strategi serta pengelolaan keuangan agar bisa mengoptimalkan investasi. Kamu dapat menyisihkan penghasilan dengan nominal dana tetap setiap bulan. Selain itu gunakan fitur autodebet sehingga kamu bisa melakukan investasi dengan rutin. 

Namun, jika ingin melakukan autodebet bulanan, kamu harus memahami berapa kebutuhan bulananmu. Jangan sampai karena kamu mengejar nominal yang terlalu besar, kamu menjadi terlalu memaksakan untuk memenuhinya, dan akhirnya malah keuanganmu menjadi tidak stabil. 

5. Pilih Produk Investasi Terpercaya

Terakhir, pastikan kamu memilih produk investasi yang terpercaya dan pas sesuai dengan kebutuhan. untuk menentukan produk investasi yang paling sesuai, kamu harus menentukan tujuan investasi, contohnya untuk masa pensiun. 

Kemudian sesuaikan tujuan serta jangka waktu investasi dengan instrumen yang paling tepat. Begitu banyaknya produk investasi tentu membuat kamu bingung untuk memilih salah satu diantaranya bukan? jika masih bingung memilih mana investasi yang paling tepat, P2P lending Amartha dapat dijadikan sebagai pilihan.

Di sini kamu dapat memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Dengan mengikuti tips investasi pekerja kantoran di atas serta mengkombinasikannya dengan investasi di Amartha, keuntungan menarik bisa kamu peroleh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here