5 Tips Investasi Dibawah 1 Juta Agar Tak Merugi

0
86
Ilustrasi melakukan investasi dibawah 1 juta. Photos by istockphoto

5 Tips Investasi Dibawah 1 Juta Untuk Pemula

Saat ini, produk investasi dibawah 1 juta menjadi salah satu penawaran penanaman modal yang murah dan menguntungkan. Terlebih kini sudah banyak jenis investasi dengan imbal hasil yang potensial untuk pemula maupun untuk yang sudah berpengalaman.

Selain modal awal 1 jutaan, investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah juga menjadi salah satu pilihan yang juga tak kalah populer. Akan tetapi, keuntungan berinvestasi juga bergantung pada kemampuan dalam mengelolanya. Agar investasi kamu bisa menghasilkan keuntungan yang optimal, berikut kami paparkan tipsnya.  

1.  Memilih Platform yang Tepat

Saat ini kamu bisa hasilkan jutaan rupiah dari investasi online. Selain menghasilkan keuntungan besar, investasi yang kamu jalankan secara online juga dapat membantu memudahkan saat pengelolaan maupun saat memantaunya.

Maka dari itu, langkah pertama sebelum berinvestasi adalah memilih platform investasi yang tepat. Pastikan juga kredibilitasnya terjamin.

2.  Memilih Investasi yang Tepat

Selain platform, saat ini juga ada banyak pilihan investasi untuk kamu yang baru berencana memulainya. Mulai dari investasi saham 1 juta hingga P2P (Peer to Peer) lending. Namun sebelum kamu memulainya, pahami terlebih dahulu investasi tersebut.

Pelajari investasi yang kamu inginkan. Wawasan kamu terkait investasi tersebut akan membantu memudahkan proses penanaman modal yang sedang kamu rencanakan.

Selain itu, pilih juga jenis investasi yang cocok untuk pemula jika kamu benar-benar baru memulainya.

3.  Membangun Mindset Seorang Investor

Investor harus memiliki mental yang pantang menyerah, optimis dan tidak takut mengambil risiko. Mindset merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis maupun berinvestasi. Pasalnya, mindset bisa memengaruhi kesuksesan kamu.

Mindset berinvestasi juga harus disertai dengan kerja keras, skill, pengalaman, dan juga network. Itulah beberapa hal yang akan memengaruhi kesuksesan kamu saat memulai berinvestasi.

Menurut para pakar investasi, mindset menyumbangkan 80% kesuksesan dalam berinvestasi. Sedangkan 20%-nya lagi adalah skill.

Baca Juga: Mau Mulai Investasi, Sudah Kenal dan Pahami Psikologi Investasi, Belum?

4.  Jangan Takut Berlebihan

Setiap investor pasti takut akan kerugian, terutama pemula. Namun bukan berarti kamu harus menakutinya secara berlebihan. Kehilangan uang dalam berbisnis maupun berinvestasi adalah hal yang wajar.

Jangan takut berlebihan saat berinvestasi. Tetaplah berpikiran positif. Selain itu, sebisa mungkin hindari berhutang dalam berinvestasi.

Perlu kamu ketahui, ketakutan dalam berinvestasi tidak baik untuk psikologis. Ketakutan juga akan memengaruhi mental kamu.

5.  Jangan Terlalu Keseringan Memantau

Memantau investasi memang penting. Namun lebih penting lagi jika kamu tidak keseringan saat memantaunya. Pasalnya, terlalu sering memantau atau memonitor investasi justru akan mengakibatkan kamu merasa khawatir.

Menurut pakar investasi, tujuan penanaman modal adalah membangun kekayaan dalam waktu yang panjang. Maka dari itu, pantaulah investasi sewajarnya saja. Kamu bisa memantaunya minimal satu bulan sekali saja.

Jangan terlalu berapi-api ingin kaya dalam waktu yang singkat. Pasalnya, investasi memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Terutama jika kamu memilih investasi yang keuntungannya bisa semakin maksimal jika menaruh modal dalam jangka waktu yang panjang.

Rekomendasi Investasi Modal Kecil

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Bingung memilih investasi yang aman? Atau sudah menemukan investasi yang aman tapi modal yang diperlukan sangat besar? Jangan khawatir, kami punya solusinya! Di Amartha kamu bisa berinvestasi secara aman dengan modal yang relatif kecil.

Amartha merupakan platform P2P lending tepercaya. Imbal hasil yang bisa kamu dapatkan hingga 15% flat per tahun.

Demikian penjelasan seputar tips investasi dibawah 1 juta. Bagaimana, cukup mudah bukan? Mulailah dari memilih platform yang kredibel seperti di Amartha. Tujuannya agar investasi berjalan sesuai dengan harapan dan rencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here