5 Tips Hemat Puasa Ramadhan Anti Boros-Boros

0
118
tips hemat puasa ramadhan
Ilustrasi tips hemat puasa ramadhan. Photos by istockphoto

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan di bulan Ramadhan terkadang semakin meningkat. Terutama pada saat menjelang hari raya Idul Fitri, dimana kebutuhan semakin tinggi. Banyak persiapan yang diperlukan untuk merayakan hari kemenangan.

Untuk menyiasatinya, kami punya beberapa tips hemat puasa untuk kamu yang sering boros di bulan Ramadhan.

Tips Hemat Puasa untuk Meminimalisir Pengeluaran Besar

Perlu kami ingatkan, pemborosan di bulan Puasa akan berdampak tidak baik, lho. Bisa-bisa dompetmu ‘kosong’ pas hari Lebaran. Maka dari itu, yuk, mulai atur keuangan dengan tips hemat saat puasa berikut ini:

1. Buat List Belanja dan Belanjalah dalam Jumlah Besar!

Bukannya belanja dalam jumlah besar itu pemborosan, ya? Eits, tunggu dulu! Yang dimaksud disini yaitu kamu buat list keperluan selama sebulan penuh kemudian beli langsung semuanya.

Artinya, di sini kamu belanja untuk kebutuhan untuk satu bulan penuh. Karena faktanya, belanja dalam jumlah besar sekaligus ini bisa menghemat pengeluaran, lho.

Salah satu alasan kuat kenapa cara ini dapat menghemat pengeluaran adalah kecenderungan kenaikan harga menjelang Lebaran.

2. Membatasi Berbuka Puasa di Luar Rumah

Mengolah masakan sendiri untuk berbuka puasa di rumah jauh lebih hemat dibandingkan berbuka puasa di restoran atau café. Itulah kenapa, membatasi berbuka di luar rumah menjadi salah satu tips hemat selama puasa.

Pilihlah beberapa acara berbuka puasa di luar rumah yang menurut kamu penting saja. Contohnya seperti berbuka puasa bersama teman kantor, teman satu tongkrongan, dan keluarga. Selebihnya sebaiknya kamu skip saja.

3. Mengolah Menu Takjil Sendiri

Takjil menjadi sebuah jajanan yang populer selama bulan Ramadhan. Menu yang tersedia pun tergolong banyak sekali. Pedagang takjil dadakan juga kerap memenuhi jalan-jalan di kawasan perkotaan maupun pedesaan.

Akan tetapi sebaiknya kamu tidak mudah tergoda dengan jajanan tersebut. Alangkah baiknya kamu mengolah menu takjil atau cemilan sendiri di rumah.

Tidak bisa mengolah menu takjil sendiri? Tenang, kamu tinggal buka Youtube dan cari resep yang mudah saja.

4. Hunting Penawaran Menarik Saat Belanja

Di bulan Puasa khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, toko-toko sudah mulai memberikan penawaran menarik. Beberapa penawaran tersebut di antaranya seperti diskon besar-besaran, ongkir gratis hingga cashback.

Manfaatkan penawaran menarik ini sebagai cara menghemat saat bulan puasa. Selain toko-toko online, layanan promo dari aplikasi food delivery pun bisa kamu manfaatkan jika kepepet ingin membeli makanan untuk berbuka.

Hunting penawaran menarik saat ini sudah semakin mudah. Pengguna aplikasi seperti marketplace hingga aplikasi food delivery bisa menemukannya secara efisien.

5. Menggabungkan Menu Berbuka dan Sahur

Selain menghemat biaya, tips hemat puasa yang terakhir ini juga bisa menghemat energi kamu. Menu yang kamu buat untuk berbuka puasa, juga bisa kamu jadikan sebagai menu hidangan untuk sahur nanti.

Caranya pun tergolong sangat mudah sekali. Kamu hanya tinggal memilih menu makanan untuk berbuka yang bisa dipanaskan kembali di waktu sahur. Dengan begitu kamu tidak perlu belanja untuk dua menu sekaligus.

Salah satu contoh makanan yang bisa dipanaskan umumnya makanan yang terbuat dari daging. Salah satunya yaitu seperti gulai sapi, opor ayam, dan sejenisnya.

Salah satu alasan kenapa pada bulan Puasa pengeluaran bisa lebih besar yaitu karena faktor meningkatnya harga-harga kebutuhan. Mulai dari makanan, bahan makanan, hingga kebutuhan lainnya. Itulah kenapa, kamu harus sudah siap menghadapinya mulai dari sekarang.

Selain melalui tips hemat puasa di atas, kamu juga bisa menambah penghasilan agar kebutuhan tetap terpenuhi. Salah satunya yaitu berinvestasi di aplikasi peer to peer lending, Amartha. Download aplikasinya dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here