5 Tips CV untuk Fresh Graduate!

0
306
tips cv untuk fresh graduate
Sumber Foto: Pexels

Berbagai Tips CV yang Wajib Diketahui Para Fresh Graduate

Saat ini sudah banyak tersedia lapangan pekerjaan untuk para fresh graduate. Namun, sebelum membuat lamaran, pastikan kamu menyimak tips CV yang akan kami coba paparkan di sini.

Ada 5 tips membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar untuk para fresh graduate. Tujuannya agar potensi mendapatkan panggilan pekerjaan semakin terbuka.

Bagi kamu yang sudah semakin penasaran, berikut rangkuman tipsnya:  

1.   Mencantumkan Identitas Diri secara Lengkap

Baik CV fresh graduate, maupun untuk yang berpengalaman, identitas diri pada CV sangat penting. Pasalnya, CV juga bisa dikatakan sebagai media untuk memperkenalkan diri sendiri kepada perusahaan.

Silahkan buat sebuah resume CV sebanyak 1 halaman untuk menerangkan siapa Anda. berikan juga sebuah penjelasan tentang alasan kenapa Anda sangat kompatibel untuk posisi pekerjaan yang sedang dilamar.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan beberapa informasi penting lainnya. Misalnya capaian akademik, pengalaman magang, jurusan dan universitas. Namun, pastikan kamu tidak mengulas informasi yang bersifat mengumbar janji.

Baca Juga: Berapa Sih Idealnya Gaji Fresh Graduate?

2.  Buat Deskripsi Singkat dan Padat

Jangan lupa juga untuk mencantumkan deskripsi pada CV yang kamu buat. Hindari pembuatan CV yang bertele-tele dan panjang karena akan tampak membosankan pembaca.

Buatlah deskripsi singkat yang jelas. Dengan begitu, perusahaan yang tak punya waktu banyak untuk membacanya pun bisa lebih mudah memahaminya.

3.   Cantumkan Soft Skill dan Hard Skill

Office Worker Discussed

Tips CV selanjutnya adalah jangan lupa mencantumkan skill, baik itu soft skill maupun hard skill. Dalam sebuah pekerjaan, hard skill saja tidaklah cukup.

Kamu juga harus memiliki soft skill yang mumpuni. Cantumkan juga keahlian khusus yang kamu miliki. Keahlian khusus adalah sebuah keahlian di luar kemampuan utama.

Sebagai informasi, hard skill adalah keahlian yang kamu miliki seperti instalasi listrik, administrasi, perhotelan, dan lainnya. Sedangkan soft skill yaitu keahlian di luar bidang tersebut.

Contoh soft skill yaitu seperti kemampuan berkomunikasi, leadership, teamwork, dan sebagainya.

4.   Buat CV secara Menarik

Saat ini kreatif CV merupakan salah satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan. Pasalnya, CV yang didesain menarik dan memiliki varian warna akan membuatnya tampak menarik dan tidak membosankan.

Silahkan buat CV dengan desain yang unik. Namun pastikan isi CV tidak meniru dari orang lain. Carilah contoh CV fresh graduate SMK atau untuk lulusan lainnya yang saat ini sudah banyak tersedia di internet.

Alangkah baiknya kamu membuat CV dengan gaya sendiri. Tujuannya agar CV berbeda dari pelamar yang lain.

Baca Juga: Hati-Hati, Kenali Modus Penipuan Lowongan Kerja

5.   Buat CV di Platform Pencarian Kerja

Saat ini sistem pengiriman lamaran sudah semakin mudah dengan adanya internet. Agar lebih mudah lagi, silahkan buat CV untuk fresh graduate SMA atau lulusan lainnya. Setelah itu, silahkan upload di platform lamaran pekerjaan daring seperti Linkedin.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan portofolio yang bisa menjual keahlian kepada perusahaan. Portofolio bisa menjadi media untuk menonjolkan karya yang sudah dibuat.

Pastikan portofolio yang kamu lampirkan sesuai dengan bidang yang relevan. Silahkan pilih-pilih hasil karya yang sesuai dengan keahlian yang dicari oleh perusahaan tempat di mana kamu akan melamar pekerjaan.

Kesimpulan

CV merupakan bagian yang sangat penting di dalam proses membuat lamaran pekerjaan. Pastikan CV yang kamu buat menarik dan juga bisa menjelaskan semua tentang keahlian dan kemampuan secara mendetail. Tujuannya agar kamu bisa menarik perhatian perusahaan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat CV yang baik dan benar? Kamu bisa mengaplikasikan semua tips CV yang sudah kami bagikan di atas agar CV yang dibuat tampak lebih menarik.

Jangan lupa jika sudah dapat pekerjaan, sisihkan sedikit gaji kamu untuk mendanai di Amartha ya, ada imbal hasil 15% flat per tahun! Yuk download aplikasinya dulu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here