5 Tips Bisnis Sukses Ala Orang Tionghoa, Wajib Dicontek!

0
90

Orang-orang keturunan Tionghoa dikenal sebagai pebisnis yang handal. Bahkan di Indonesia, dunia bisnis masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan milik orang-orang Tionghoa tersebut. 

Hebatnya lagi, bisnis sukses mereka selalu berhasil mempertahankan eksistensinya hingga ke generasi-generasi berikutnya. Keberhasilan mereka dalam berbisnis tentunya menghadirkan rasa penasaran yang besar. Banyak orang yang penasaran dan ingin mengetahui tips agar bisnis tetap sukses dari etnis Tionghoa. 

Bisnis Sukses Ala Orang Tionghoa 

Secara turun temurun, banyak cara yang diterapkan oleh orang Tionghoa dalam membangun bisnis mereka hingga menuai kesuksesan. Tindakan dan pola pikir yang matang adalah kunci sukses berbisnis ala orang Tionghoa

Selain itu, ada banyak tips menjalankan bisnis yang kerap diterapkan orang Tionghoa yang perlu kamu contoh. Apa saja tips tersebut? Yuk, simak caranya berikut ini!

1. Pekerja Keras

Orang-orang Tionghoa dikenal dengan sifatnya yang pekerja keras. Ini merupakan sebuah tips bisnis yang wajib diikuti. Dalam memulai sebuah bisnis, tentunya akan ada rintangan dan kegagalan yang dihadapi. Namun, mereka tidak goyah dan memiliki komitmen yang tinggi dengan bisnisnya. 

Ketika menemui kegagalan, mereka dapat bangkit dan belajar dari kesalahan yang ada. Bahkan setelah menuai kesuksesan, orang Tionghoa tidak mudah merasa puas akan pencapaiannya dan tetap berusaha mencari peluang-peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya. 

2. Tekun dalam Berbisnis

Kamu pastinya mengetahui latar belakang dari para pebisnis Tionghoa yang sukses. Pada awalnya, banyak dari mereka memiliki lika-liku kehidupan yang cukup sulit. Lantas, mengapa mereka dapat mencapai kesuksesan? Ketekunan adalah jawaban mengapa mereka dapat keluar dari kesulitan dan menuai kesuksesan tersebut. 

Mereka mengetahui bahwa tidak ada kesuksesan yang dapat diraih secara instan. Ada waktu yang harus dikorbankan sebelum kesuksesan itu datang. Kuncinya adalah terus melangkah ke depan untuk menciptakan bisnis sukses yang diharapkan.

3. Hemat

Seperti kata pepatah yang sering didengar, berhemat dapat mendekatkan kita pada kekayaan. Ketika menuai keuntungan, orang Tionghoa lebih suka berinvestasi daripada menggunakan uang untuk hal yang tidak penting. 

Perilaku mereka yang selalu berhemat membuat bisnis dan kekayaan bertambah dengan pesat. Bagi mereka, investasi untuk jangka panjang lebih penting dibanding membeli hal yang tidak perlu.

Baca Juga: Kunci Sukses Berbisnis Bagi Orang Medan. Patut Ditiru!

4. Kreatif dan Penuh Inovasi

Orang Tionghoa memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi dalam membangun bisnis. Mereka mampu menciptakan produk-produk yang dibutuhkan oleh banyak orang. Itulah mengapa produk yang mereka ciptakan dapat dengan mudah menguasai pasar. 

Inovasi yang kerap diciptakan menunjukkan bahwa mereka tidak takut mengambil risiko dalam berbisnis. Sifat tidak takut mencoba dan memulai yang mereka miliki dapat kamu contoh untuk terus mengembangkan beragam ide-ide baru dalam bisnis.

5. Mampu Mengatur Keuangan dan Investasi

Mengatur keuangan dengan baik adalah salah satu cara orang Tionghoa berbisnis. Pengaturan keuangan dapat menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis. Bagi orang Tionghoa, mengatur keuangan bukanlah hal yang asing lagi. 

Itu karena hal tersebut adalah dasar sebelum memulai bisnis. Uang untuk berbisnis harus kita pisahkan agar tidak tercampur dengan dana pribadi. Hal tersebut berguna untuk memantau keuntungan atau kerugian dalam berbisnis.

Itulah 5 tips mempertahankan bisnis ala orang Tionghoa yang dapat kamu contoh dan terapkan. Setiap bisnis memiliki risiko masing-masing. Pastinya, akan ada kegagalan yang harus dihadapi. Rahasia sukses Etnis Tionghoa ada pada sikap dan perilaku mereka dalam berbisnis, yang membuat mereka dapat bertahan di tengah rintangan yang ada. 

Seperti poin 5, untuk menerapkan cara bisnis sukses ala orang Tionghoa dapat kamu lakukan yaitu dengan berinvestasi di platfom terpercaya seperti di microfinance martketplace, Amartha. Berinvestasi di Amartha terjamin aman dan kamu dapat memulainya dengan nominal Rp100.000 saja, lho! Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan berinvestasi di sini. Bagaimana? Pastinya kamu tertarik untuk berinvestasi, bukan?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here