5 Tips Atur Keuangan Karyawan Agar Bisa Bernapas Hingga Akhir Bulan

0
75
Sumber Foto: Pexels

Cara Atur Keuangan yang Bisa Diterapkan Karyawan – Pengelolaan gaji bagi karyawan biasanya memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali karyawan yang merasakan gajinya tak pernah cukup setiap bulan.

Bahkan sulit sekali rasanya untuk bisa bertahan sampai akhir bulan dengan jumlah uang yang mencukupi.

Berikut ini adalah 5 tips atur keuangan bagi para karyawan agar bisa tetap bernapas sampai akhir bulan:

1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

catat keuangan
Sumber Foto: Pexels

Hal pertama paling penting dilakukan adalah mencatat jumlah pemasukan juga pengeluaran. Sebelum mengelola keuangan maka harus diketahui secara pasti berapa jumlah uang yang dapat dikelola.

Catat dulu berapa besarnya pemasukan yang didapatkan, bisa dari gaji atau sumber pemasukan lain jika ada. 

Setelah mengetahui berapa banyak pemasukan yang dimiliki maka catat juga rencana pengeluaran pribadi. Dari besarnya pendapatan yang akan diperoleh, catat berapa banyak uang yang akan dikeluarkan.

Pastikan bahwa pengeluaran harus lebih kecil jumlahnya dari pendapatan yang kamu miliki setiap bulan.

2. Buatlah Rencana Bulanan

Cara mengatur keuangan bulanan pribadi berikutnya adalah membuat rencana bulanan.

Agar pengeluaran dan pemakaian uang lebih terkendali maka harus ada rencana setiap bulan dimana rencana tersebut menjadi acuan dalam finansial kamu.

Pertama tuliskan rencana belanja dan catat barang apa saja yang sedang habis dan harus dibeli pada bulan tersebut.

Selain rencana belanja, kamu juga perlu membuat rencana pengeluaran lain. Misalnya, rencana untuk bepergian dalam waktu satu bulan.

Tuliskan juga apakah ada rencana melakukan hal-hal lain yang sehubungan dengan kebutuhan hiburan seperti menonton film, karaoke, dan lain sebagainya.

Catat juga apakah ada keperluan pengeluaran untuk memberi kado teman menikah, ulang tahun, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Bias Psikologis yang Bisa Menghambatmu dalam Membangun Kekayaan

3. Terapkan Rumus

Sangat direkomendasikan untuk memakai rumus mengatur keuangan agar gaji bisa cukup sampai akhir bulan. Rumus yang dapat diterapkan dalam mengelola finansial kamu adalah 50/30/20/.

Dari total gaji yang didapatkan tadi 50% bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya wajib, kemudian 30% dipakai untuk kebutuhan hiburan, dan 20% digunakan sebagai dana tabungan atau investasi. 

Rumus finansial ini akan memberikan kamu kemudahan dalam atur keuangan bulanan. Cara ini sangat efektif untuk memberikan batas terhadap semua jenis pengeluaran.

Sudah ada batas alokasi dana sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol dan menjamin gaji bisa mencukupi sampai akhir bulan.

4. Utamakan Pembayaran Tagihan

Pastikan bahwa pembayaran tagihan menjadi prioritas utama bagi kamu ketika menerima gaji. Ingat, tagihan merupakan kewajiban yang tentunya harus dipenuhi setiap bulan.

Jika kamu punya tanggungan tagihan maka pastikan untuk mengalokasikan dana terlebih dahulu agar bisa membayarnya. Baru kemudian terapkan metode mengatur keuangan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan bulanan dengan uang tersisa.

5. Selalu Alokasikan Dana Darurat

Kamu juga harus selalu ingat bahwa menyisihkan hasil pendapatan untuk dana darurat sangatlah penting. Menabung atau berinvestasi adalah salah satu cara mengatur keuangan generasi milenial yang sangat penting untuk diterapkan.

Tentukan berapa banyak jumlah uang yang akan dialokasikan sebagai dana darurat. Lalu, pilihlah platform yang paling menguntungkan untuk menyimpan dana daruratmu.

Sudah siap untuk atur keuangan secara efektif agar bisa bernapas sampai akhir bulan? Jangan lupa, sisihkan uang untuk dana darurat dengan menabung dan berinvestasi.

Lakukan pendanaan di platform investasi Amartha untuk mendapatkan passive income yang menguntungkan. Nilai imbal balik yang didapat bisa mencapai angka 15% per tahun, lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here