5 Tempat Investasi Terbaik dan Aman Buat Portofoliomu!

0
80
Sumber Foto: Shutterstock

Mencari tempat investasi terbaik dan aman terbilang gampang gampang susah. Sebab, ada banyak sekali pemberitaan tentang investasi bodong yang sangat merugikan para investor.

Investasi sendiri adalah aset yang dimiliki untuk mendulang keuntungan di masa depan. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, beragam kemudahan pun sudah ditawarkan, salah satunya adalah kamu bisa berinvestasi hanya lewat smartphone saja.

Sebenarnya terdapat banyak indikator dalam menentukan tempat investasi yang aman. Namun, yang paling penting mungkin apakah tempat investasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Mulai Belajar Investasi Modal Kecil

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat investasi terbaik dan aman buat kamu!

1. Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi yang cukup populer dan sedang menjadi tren karena bisa melakukan investasi dengan modal mulai dari rendah. Keuntungan yang didapat pun cukup menjanjikan, bisa mencapai 20% per tahun.

Adapun, uang yang kamu investasikan di reksadana akan dikelola oleh manajer investasi profesional. Lalu, manajer investasi dengan menyebar modal yang kamu investasikan di pasar uang untuk mendapatkan keuntungan.

Walaupun keuntungan yang didapat cukup besar, namun hal ini bergantung pada harga instrumen investasi di pasar uang. Jika sedang turun, maka modal yang kamu setorkan pun bisa berkurang.

Saat ini, telah tersedia banyak reksadana online yang bisa kany pilih dan kelola dengan mudah. Jika kamu ingin mendapatkan return yang besar, dapat memiliki reksadana saham dengan risiko yang cukup tinggi. Namun, sebaiknya memilih manajer investasi terbaik dengan melihat track recordnya.

2. Obligasi

Obligasi atau Surat Utang adalah salah satu tempat investasi terbaik dan aman. Obligasi biasanya dikeluarkan oleh Korporasi maupun Negara berupa surat-surat berharga kepada pihak yang membutuhkan modal, baik swasta maupun pemerintah.

Obligasi juga memiliki return yang baik dan menguntungkan karena bunga obligasi lebih tinggi daripada bunga Bank Indonesia (BI). Secara risiko, obligasi terbilang aman, terutama investasi obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

3. Saham

Tempat investasi terbaik dan aman berikutnya adalah saham. Untuk pemula agar investasi saham aman dan rendah risiko, kamu bisa memilih saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30.

Saham-saham di indeks ini adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki fundamental yang baik dan likuiditas tinggi sehingga lebih aman dari risiko kerugian akibat nilai saham yang turun.

Sebagai informasi, saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Suatu perusahaan akan membagikan dividen kepada para pemilik saham, dari situlah Anda akan mendapatkan keuntungan.

Jenis investasi ini memang memiliki potensi yang sangat menguntungkan, namun juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Karena itu, dibutuhkan analisa yang mendalam untuk memutuskan investasi terbaik pada saham perusahaan apa yang akan dibeli.

4. Emas

Salah satu tempat investasi terbaik dan aman yang satu ini cukup banyak diminati, terutama bagi mereka yang menginginkan fleksibilitas. Apalagi, logam mulia ini sekarang bisa kamu dapatkan dalam beberapa ukuran, mulai dari yang besar (100 Gr) hingga yang terkecil (0,5 Gr).

Harga emas yang relatif stabil dan naik setiap tahunnya, menjadi alasan tepat mengapa kamu perlu berinvestasi dalam bentuk emas. Selain termasuk investasi aman, emas juga bisa memberikan keuntungan yang besar. Pilihlah emas batangan sebagai investasi, karena memiliki untung yang lebih besar ketimbang emas perhiasan.

5. P2P Lending

Tempat investasi terbaik dan aman yang ini sekarang sedang populer dan diminati oleh masyarakat. P2P Lending sendiri merupakan skema pembiayaan yang mempertemukan investor alias pihak yang punya modal, dengan pihak peminjam yang sedang butuh modal. Sebagai imbal hasilnya, pemberi pinjaman atau umum disebut juga lender berhak mendapatkan bunga pinjaman.

Nah, salah satu platform P2P Lending yang aman dan tepercaya sehingga kamu bisa gunakan untuk memulai berinvestasi adalah Amartha. Sebagai informasi, Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech P2P Lending yang menghubungkan pendana urban dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada perempuan tangguh pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Dengan berinvestasi di Amartha sebagai pendana, kamu akan mendapatkan bagi hasil hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja. Yuk daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here