5 Tanda Seseorang Sudah Bisa Dikatakan Merdeka Finansial

0
422
Seorang pemuda yang telah Merdeka Finansial

Tanggal 17 Agustus selalu menjadi hari yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, di tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia terbebas dari penjajah dan berhasil merdeka. Namun, di era sekarang, merdeka tidak hanya berarti lepas dari penjajahan. Merdeka bisa diartikan secara luas, salah satunya adalah merdeka finansial.

Kamu bisa dikatakan merdeka secara finansial jika tujuan keuangan yang dibuat sudah mulai terwujud. Merdeka secara finansial bukan berarti memiliki banyak uang. Merdeka secara finansial memiliki arti yang lebih dalam, yaitu hidup dengan pantas, secukupnya, dan bebas utang.

Berikut ini adalah beberapa tanda kalau kamu sudah merdeka finansial!

5 Tanda Seseorang Bisa Dikatakan Merdeka Finansial

1. Sudah Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tanda pertama kalau kamu sudah merdeka finansial adalah kesehatan dan jiwa sudah terkover asuransi. Salah satu hal yang perlu kamu miliki dalam rangka merdeka finansial adalah proteksi diri. Sebab, asuransi dapat membantumu meminimalkan risiko yang terjadi di masa depan.

Risiko ini bisa saja memberikan dampak besar pada kestabilan keuangan yang dimiliki. Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa membayar biaya rumah sakit tanpa memberatkan keuangan yang dimiliki.

Sementara itu, asuransi jiwa bisa membuat keluarga kecil kamu terlindungi saat muncul kemungkinan terburuk. Kalau kamu memiliki kendaraan, ada baiknya diasuransikan sehingga saat mobilmu terkena kerusakan, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Cukupkah BPJS Kesehatan Sebagai Asuransi Kesehatan Kita?

2. Nilai Aset Lebih Besar dari Utang  

Coba hitung nilai semua aset yang kamu miliki sekarang: rumah, mobil, tabungan, hingga investasi. Bandingkan nilainya dengan nilai utang yang kamu miliki, seperti utang KPR, utang KTA, hingga kartu kredit dan utang dengan keluarga.

Jika nilai aset kamu lebih besar dari utang, berarti kondisi keuanganmu secara keseluruhan masih positif. Ini salah satu tanda juga kamu kamu sudah merdeka finansial.

Namun sebaliknya, jika nilai utang kamu lebih besar, tandanya harus menata keuanganmu lebih disiplin lagi dengan cara mengurangi utang dan memperbesar aset.

3. Punya Dana Pensiun

Ketiga, tentunya dengan memiliki dana pensiun. Semua orang pastinya ingin merasa aman di masa tua. Kamu bisa menikmati hidup tanpa perlu memikirkan finansial di masa tua. Ini karena masa tua merupakan fase penting dalam hidup.

Jangan Khawatir, Begini Cara Siapkan Dana Pensiun di Usia yang Tidak Muda!

Kehidupan masa pensiun ingin seperti apa tergantung dari pendapatan dan tabungan saat masih bekerja. Persiapan masa pensiun lebih baik dilakukan sejak dini sehingga bisa maksimal dalam masa pensiun.

Kamu bisa menabung di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau dengan investasi, seperti reksa dana, obligasi, saham, deposito, hingga emas. Kamu bisa memilih produk investasi sesuai tujuan dan profil risiko yang sudah dipahami dan sadari benar.

4. Memiliki Dana Darurat

Harus diakui bahwa hidup itu dipenuhi dengan misteri. Kamu tidak akan tahu hal apa saja yang terjadi pada beberapa waktu mendatang. Apalagi dalam hal finansial, kamu juga tidak dapat memprediksi pengeluaran apa yang harus dibayarkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu memerlukan untuk punya dana darurat.

Dana darurat merupakan sebuah tabungan sampingan yang dapat dipakai ketika ada pengeluaran tidak terduga sehingga tabungan utama tetap aman. Jika sudah memiliki dana darurat, dapat dikatakan bahwa kamu sudah merdeka secara finansial karena bisa mengelola keuangan secara sistematis.

5. Dana Pendidikan Anak Sudah Terjamin

Terakhir adalah dana pendidikan anak yang sudah terjamin. Kalau kamu memiliki anak, pendidikan menjadi hal penting. Melalui pendidikan, anak diharapkan bisa hidup lebih sukses dari orang tuanya.

Apalagi, biaya pendidikan saat ini yang cukup spektakuler sehingga perlu perencanaan keuangan untuk dana pendidikan sejak dini. Kamu bisa mencoba asuransi pendidikan untuk menjamin dana pendidikan yang tiap tahun meningkat.

Well, itulah 5 tanda kalau kamu sudah merdeka finansial. Apakah kamu sudah memiliki semua tandanya? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here