5 Strategi Bisnis Rumahan dengan Modal Satu Juta

0
168
bisnis rumahan modal satu juta

Tips Strategi Sukses Bisnis Rumahan Modal Satu Juta

Kesabaran dan kegigihan menjadi sifat penting yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis, terutama pengusaha rumahan bermodal satu juta. Pasalnya, tanpa kedua itu, bisnis bisa saja mengalami kebangkrutan di tengah jalan. Baru beberapa tahun berjalan, bisnis sudah tidak mampu lagi berkembang. 

Mengapa demikian? 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya, tidak mampu mengatasi tekanan yang ada, baik dari klien yang semakin banyak berdatangan atau tekanan finansial yang terus menghimpit sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi lebih kecil. 

Nah, agar bisnis satu juta yang kamu bangun itu dapat berkembang ke tingkat yang lebih tinggi lagi tanpa harus mengorbankan keuntungan atau kehilangan ketenangan pikiran, ikuti 5 strategi ini. 

1. Fokus modal satu juta untuk satu produk atau layanan

Pertama yang harus kamu lakukan ialah fokus dengan satu jenis produk atau layanan terlebih dahulu. Kemudian, pasarkan kepada calon pelanggan. Lakukan promosi baik secara offline atau online

Meskipun ada banyak godaan untuk beralih ke produk lainnya yang terlihat menguntungkan, cobalah untuk menahan diri dan tetap fokus mengembangkan produk yang sudah ada. Lakukan segala cara agar produk semakin dilirik oleh pelanggan, baik yang sudah langganan atau belum. 

2. Perluas lini produk dengan menawarkan produk atau layanan pelengkap

Usai menemukan produk atau layanan yang disukai konsumen, ambil kesempatan untuk memperluas usaha dengan mengembangkan lini produk pelengkapnya. 

Cara ini bisa memberi banyak pilihan kepada pelanggan serta menarik para distributor untuk memasarkannya. Pada akhirnya, mereka akan kembali ke kamu ketika membutuhkan suatu barang atau layanan. 

Misal, kamu menjual sabun mandi aromatik dengan modal bisnis satu juta, kemudian meluncurkan lini pelengkap berupa sampo, kondisioner, dan scrub. Bisa juga dilanjutkan dengan pembuatan perlengkapan mandi lainnya. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Agar Bisnis Bisa Ekspor. Yuk Tiru!

3. Tingkatkan penjualan kepada pelanggan lama dengan memberikan apresiasi

Jauh lebih murah mempertahankan pelanggan lama daripada harus mencari yang baru. Sebab, mereka sudah mengetahui seperti apa produk yang kamu keluarkan dan review mereka akan sangat berarti untuk perkembangan usaha kamu. 

Dengan satu juta, kamu bisa memberikan apresiasi kepada pelanggan lama dengan memberikan diskon pada paket pembelian tertentu, buy one get one, atau mengeluarkan voucher setiap pembelian 5 buah akan mendapatkan gratis 1 paket khusus. 

4. Buat situs web resmi untuk branding perusahaan dan mengiklankan produk atau layanan

Di era digital marketing yang kian gencar ini, membuat situs web resmi untuk branding perusahaan adalah suatu keharusan. Kamu bisa mengiklankan produk atau layanan, memberikan informasi menarik untuk promo dan diskon di dalam website tersebut. 

Dalam membuat website profesional, biasanya memerlukan tenaga ahli seperti desainer atau programer untuk mengembangkannya. Akan tetapi, kamu bisa mulai dengan situs penyedia website gratis seperti wordpress dan membeli domain dengan harga kurang lebih 100 ribu – 150 ribu per tahun. 

Dari pengeluaran yang sedikit tersebut, kamu akan bisa memperkenalkan produk kepada khalayak secara luas. Pendapatan pun dapat berkembang hingga bisa menghasilkan satu juta perhari. 

5. Perluas target market 

Strategi terakhir ialah memperluas target market. Bila produk kamu selama ini dikhususkan untuk remaja, kamu bisa memasarkan ke mahasiswa atau pekerja usia 21 – 25 tahun. 

Strategi lainnya, perluas pemasaran dengan bekerjasama bersama pengusaha lainnya. Misal, kamu berjualan kue. Lakukan pengembangan dengan menitipkan kue tersebut ke beberapa toko roti besar. 

Meskipun keuntungan lebih sedikit, tetapi karena konsisten dan setiap hari melakukan penjualan yang sama, keuntungan pun akan lebih banyak diperoleh. 

Itulah kelima strategi yang bisa mensukseskan bisnis rumahan modal satu juta kamu. Investasikan keuntungan yang diperoleh bersama investasi menguntungkan Amartha. Selain memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, kamu juga bisa memberdayakan CEO UKM di pedesaan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here