5 Sertifikasi Data Science yang Bisa Kamu Miliki untuk Tingkatkan Potensi

0
704
Sumber Foto: Pexels

Ketahui Data Science, Skill yang Banyak Dicari di Jaman Now!

Salah satu bidang yang populer saat ini adalah data science. Sebab, kemampuan ini banyak dicari oleh perusahaan besar di era digital. Sayangnya berdasarkan data, sumber daya manusia (SDM) saat ini masih kurang.

Tak hanya itu, masih belum banyak orang tahu mengenai bidang ini. Padahal, penting lho untuk meningkatkan potensi.

Apa Itu Data Science?

Sebelum membahas terlalu jauh, kamu harus tahu pengertiannya. Data science adalah bidang ilmu yang mempelajari pengolahan data. Bidang ini menggabungkan kemampuan matematika-statistic, komputer dan bisnis.

Segala hal tentang pengolahan data ada di sini. Mulai dari pengumpulan, manipulasi hingga analisis data. Nah, hasil dari pengolahan ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan di masa depan.

Sertifikasi Data Science

Meskipun semua orang bisa menjadi data scientist, tapi alangkah baiknya untuk mengikuti sertifikasi. Supaya skill yang dimiliki lebih mumpuni dan profesional.

Berikut lima sertifikasi yang bisa kamu ikuti:

1. Sertifikasi Microsoft: Azure Data Scientist Associate

Sertifikasi Microsoft ini bisa diikuti oleh pemula. Kamu bisa mempelajari mengenai data science Indonesia hingga machine learning. 

Pembelajaran ini bersifat fleksibel, meski tetap professional. Kamu akan didampingi instruktur untuk belajar.

Materi pada sertifikasi ini di antaranya dasar-dasar ilmu data dan machine learning. Membangun solusi AI dengan Azure Machine Learning. Juga mengeksplorasi solusi AI dengan ilmu data.

2. Sertifikasi IBM

Masih di tingkat pemula, sertifikasi ilmu data IBM bisa kamu ikuti. Programnya berdurasi tiga bulan saja. Kursus ini bisa kamu ikuti dengan platform Coursera.

Dalam kursus ini, kamu akan diajarkan materi apa itu ilmu data. Kemudian tools dan metodologi dalam ilmu data.

Selain itu, kamu juga akan mendapat materi mengenai analisis dan visualisasi data dengan python. Juga machine learning dengan python. 

3. Sertifikasi Ilmu Data HarvardX

Kursus berikutnya masih di level pemula. Platform yang digunakan yakni edX yang berdurasi 1 tahun 5 bulan saja. 

Ada 9 kursus yang disediakan, di antaranya mengenali konsep dasar ilmu data, visualiasai, pemodelan, maching learning dan yang lainnya.

4. Sertifikasi SAS

Di level medium, kamu bisa mengikuti sertifikasi SAS. Durasi pembelajarannya cukup lama, yakni sampai beberapa bulan.

Syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa kursus ini yaitu bisa bahasa pemrograman dan statistik. Ketika kamu sudah memenuhi hal ini, maka materi seperti kurasi data, machine learning hingga pemodelan prediktif bisa kamu dapatkan.

5. Dell EMC 

Terakhir ada sertifikasi dari Dell Technologies. Sertifikasi ini keren karena bisa diakui oleh perusahaan di dunia. Kamu bisa mempelajari soal big data dan analisisnya di sini.

Namun ada syarat khusus buat kamu yang mau kursus. Yakni harus memperoleh gelar sarjana pada Ilmu Komputer dan sejenisnya. Kemudian lulus pada ujian DEA-7TT2 Associate dan Data Science and Big Data Analytics v2 Exam.

Keuntungan Mempelajari Data Science

  • Mampu mengolah data,
  • Mampu melakukan analisis berbagai data,
  • Mampu memberikan keputusan berdasarkan data.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan yakni mampu menjadi Lenders/Investor pada Amartha. Sebab untuk menjadi seorang Lenders, selain memiliki dana, kamu juga harus memiliki pengetahuan terkait Fintech dan menganalisanya.

Apabila kamu memiliki kemampuan untuk data science, kamu jelas tahu jika berinvestasi di Amartha sangat menguntungkan. Hanya dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa membantu pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha. Daftar sekarang di www.amartha.com dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here