/

5 Resolusi Finansial di Tahun 2019

5 Resolusi Finansial di Tahun 2019

Selamat Tahun Baru! Selamat datang tahun 2019! Awal tahun ini, sebagian besar masyarakat akan menyusun resolusi kesehatan atau finansial. Awal tahun ini adalah waktu yang tepat untuk anda menyusun resolusi di tahun 2019. Anda juga bisa menyusun kembali resolusi-resolusi yang belum sempat dilaksanakan pada tahun lalu.

Nah, resolusi ini penting dilakukan agar anda dapat melakukan kebiasaan yang baik di tahun ini. Misalnya, anda ingin kurus di tahun ini, maka anda harus menyusun resolusi kesehatan seperti olahraga dan makanan sehat. Susun secara detil resolusi yang anda inginkan. Namun, anda juga harus mempunyai komitmen dan tekad yang kuat untuk melakukan resolusi tersebut.

Kali ini, Amartha ingin memberikan resolusi yang bisa anda gunakan untuk resolusi finansial tahun 2019. Berikut 5 resolusi finansial yang patut anda lakukan di tahun 2019,

Rencana Keuangan

Rencanakan keuangan anda mulai dari sekarang. Perencanaan keuangan bertujuan untuk mengantisipasi hal yang terjadi kedepan. Anda menjadi teratur, terrencana dan bijaksana dalam mengunakan keuangan. Anda bisa mempertimbangkan antara prioritas, kurang prioritas atau bukan prioritas. Dengan perencanaan keuangan, anda bisa menjadi lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang.  Nah, anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk membantu perencanaan keuangan anda seperti Wallet, Uangku dan Monefy.

Tabungan Otomatis

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabungan otomatis. Biasanya, bank mempunyai tabungan khusus untuk nasabahnya yang ingin agar uangnya dapat disetor secara otomatis untuk tabungan masa depan. Misalnya, anda ingin menabung Rp 100.000 setiap bulan. Anda ingin menabung dalam jangka waktu satu tahun untuk membeli ponsel terbaru atau barang lainnya seharga Rp 1,2 juta. Nah, pihak bank akan mengambil uang Rp 100.000 dari tabungan anda serta membuat rekening khusus. Nantinya, pihak bank akan mengembalikan uang anda satu tahun setelah itu sebesar Rp 1,2 juta. Anda bisa menabung secara otomatis mulai dari Rp 100.000, loh.

Siapkan Dana Darurat

Nah, siapkan dana darurat anda untuk hal-hal diluar dugaan. Misalnya, anda di PHK oleh perusahaan, anda harus mempersiapkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan bulanan selama anda belum mendapatkan pekerjaan atau ada keluarga anda yang sakit dan membutuhkan dana. Anda harus menyiapkan dana darurat sekitar 3 atau 6 bulan kedepan sesuai dengan gaji bulanan anda. Namun, untuk anda yang berkeluarga bisa menyimpan dana untuk keperluan mendadak selama  6 atau 12 bulan kedepan.

Bisnis Sampingan atau Freelancer

Anda bisa memulai bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. Misalnya, anda dapat memulai berbisnis online atau mempunyai bisnis kuliner. Anda juga bisa menjadi freelance di beberapa perusahaan atau bergabung dengan transportasi online seperti Grab dan Gojek. 

Pendanaan

Mulailah pendanaan dari sekarang. Dengan melakukan pendanaan, anda bisa mengalokaksikan dana untuk masa depan. Pendanaan bisa dalam berbentuk uang, emas atau properti. Anda pun bisa melakukan pendanaan digital seperti fintech peer to peer lending. Di Amartha, anda dapat melakukan pendanaan mulai Rp 3 juta dengan keuntungan menarik hingga 15 persen. Anda dapat melakukan pendanaan di amartha.com kepada pengusaha mikro perempuan di pedesaan.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: