5 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert

0
245
pekerjaan untuk introvert
Ilustrasi Pekerjaan Untuk Introvert. Photos by Stocking (Freepik)

Pekerjaan Minim Interaksi yang Cocok untuk Introvert

Tidak semua dunia kerja mengharuskan untuk berinteraksi sosial secara aktif. Ada jenis pekerjaan yang minim interaksi dan bisa dikerjakan secara mandiri tanpa bantuan orang lain yang cocok buat kamu yang introvert. 

Setidaknya ada lima jenis pekerjaan yang membuat orang dengan kepribadian tertutup merasa bersemangat saat melakukan pekerjaan tersebut. Kelima jenis pekerjaan yang minim interaksi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Programmer

Introvert adalah orang yang lebih senang jika bisa menghabiskan waktu sendirian atau hanya bersama dengan satu atau dua orang teman dekat. Jenis pekerjaan pertama yang cocok dengan kepribadian seperti ini adalah menjadi programmer. Ini merupakan jenis pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh satu orang yang bekerja di depan layar komputer tanpa berinteraksi dengan orang lain. 

Jika kamu menekuni profesi sebagai programmer dengan serius, bisa berpeluang mendapatkan penghasilan yang tinggi. Sebab, di era serba modern dan canggih seperti saat ini hampir semua perusahaan berusaha mengembangkan bisnis secara digitalisasi yang pastinya akan membutuhkan tenaga seorang programmer

2. Penulis

Ciri-ciri introvert diantaranya adalah suka menyendiri, menyukai ketenangan, dan tidak suka jika menjadi pusat perhatian. Itu sebabnya, orang dengan kepribadian seperti ini sering dianggap sebagai orang yang pendiam. 

Untuk jenis pekerjaan yang cocok bagi orang pendiam adalah berprofesi sebagai penulis. Sebab, menghasilkan sebuah karya tulis membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi yang didukung dengan suasana sekitar yang tenang dan bebas dari gangguan orang lain. 

Selain itu, profesi yang satu ini juga membutuhkan riset, daya imajinasi, kreativitas, serta mampu mengatur jadwal secara mandiri. Jika lingkungan kerjanya terlalu ramai, bisa mengganggu konsentrasi sehingga berpengaruh terhadap kinerjanya. 

3. Penerjemah

Profesi sebagai penerjemah merupakan salah satu pekerjaan yang cocok bagi seorang introvert. Sebab, profesi yang satu ini tidak membuat kamu berinteraksi dengan banyak orang. Bahkan, kamu juga bisa mengerjakannya di rumah atau di mana saja dengan nyaman tanpa gangguan orang lain. 

Baca Juga: Hustle Culture, Budaya Gila Kerja Di Kalangan Fresh Graduate

4. Desain Grafis

Orang yang introvert menurut psikologi cenderung lebih tenang dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri. Namun, bukan termasuk pemalu atau orang yang memiliki gangguan kecemasan sosial. Itu sebabnya profesi sebagai desain grafis sangat cocok bagi orang dengan kepribadian tersebut. 

Pasalnya, profesi ini akan membuat kamu duduk di depan gadget atau komputer untuk menciptakan desain yang indah. Satu hal lagi, dengan bekerja sebagai desain grafis membuat kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berada di lingkungan luar. 

5. Bidang Seni

Jasa fotografi

Jenis pekerjaan terakhir yang cocok untuk dilakukan oleh orang yang enggan berinteraksi dengan banyak orang adalah berkarya di bidang seni. Kamu bisa menjadi pelukis, musisi, penari solo, atau jenis seni lainnya. 

Masih banyak yang belum menyadari bahwa bakat dibidang seni tidak hanya dimiliki oleh orang dengan kepribadian ekstrovert saja. Sebab, yang memiliki sifat penyendiri dan pendiam justru cenderung lebih bisa mengekspresikan perasaannya dibandingkan orang lain. 

Bekerja di bidang seni ini bisa membuat kamu merasa nyaman karena bisa tetap fokus untuk mengembangkan kemampuan dengan bebas tanpa gangguan orang lain. Bukan tidak mungkin karya seni kamu akan dikenal oleh banyak orang seperti para musisi hebat yang memiliki kepribadian tertutup. 

Menjadi seorang introvert bukan berarti tidak bisa berkarya. Kamu bisa menekuni profesi apapun yang cocok dengan kepribadian kamu. Pastikan kamu memiliki dana darurat agar saat arus keuangan tidak terganggu saat ada kebutuhan mendesak. Kamu bisa mulai siapkan dana darurat di situs investasi aman dan terpercaya Amartha yang menawarkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk, daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here