5 Rekomendasi Buku Belajar Saham Bagi Pemula

0
6202
Investasi Leher Ke Atas
Sumber Foto: Shutterstock

Belajar saham bagi pemula dapat dimulai dengan membaca buku-buku tentang saham. Sebelum terjun langsung dalam dunia investasi saham, ada baiknya investor pemula mengetahui cara kerja saham.

Pasalnya, anggapan mendapatkan keuntungan besar dari investasi saham tidak bisa hanya mengandalkan keberuntungan saja. Diperlukan strategi dan analisis yang matang dalam melakukan investasi saham.

Investasi saham adalah investasi yang high risk high return sehingga investor pemula harus belajar terlebih dahulu. Saat ini ada banyak media sosial yang menyediakan informasi tentang saham.

Akan tetapi lebih baik lagi belajar saham bagi pemula yaitu dengan melalui buku-buku. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan pemahaman yang lebih matang.

5 Rekomendasi Buku Belajar Saham Bagi Pemula

Saat ini, terdapat banyak sekali buku panduan saham yang beredar di pasaran. Berbagai buku untuk saham ini rata-rata punya bahasa yang cukup ringan untuk dicerna oleh pemula.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku belajar saham pemula yang bisa kamu coba untuk dibaca!

1. The Intelligent Investor – Benjamin Graham

The Intelligent Investor - Benjamin Graham
Buku The Intelligent Investor Karya Benjamin Graham

Siapa sih yang sekarang tidak kenal dengan Warren Buffet? Beliau adalah investor saham asal Amerika Serikat dan salah satu orang terkaya di Dunia yang saat ini sudah berusia 91 tahun. Prestasi luar biasa ini sebenarnya didukung oleh hobi membaca.

Salah satu buku favorit Warren Buffet adalah The Intelligent Investor yang ditulis oleh seorang ekonom bernama Benjamin Graham, yang juga menjadi panutan bagi dirinya. Apalagi, Warren Buffet mengungkapkan pendapatnya bahwa buku ini adalah buku investasi terbaik yang pernah ia baca.

Dalam buku The Intelligent Investor memperkenalkan filosofi “investasi nilai”, yang melindungi investor dari risiko kehilangan uang dan mengajari mereka tentang pentingnya investasi jangka panjang yang menguntungkan. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana membuat analisa fundamental sebelum akhirnya membeli sebuah produk investasi seperti saham.

2. Yuk Nabung Saham – Nicky Hogan

Sumber Foto: Amazon

Buku untuk belajar saham pemula ini ditulis oleh orang yang terjun langsung dan mengerti tentang dunia saham di Indonesia.

Nicky Hogan adalah seorang Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Jadi, tidak salah lagi jika buku investasi saham ini jadi satu daftar wajib baca untuk kamu yang baru mau terjun di dunia saham.

Tenang saja, buku untuk saham ini menjelaskan apa pentingnya berinvestasi dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Sangat relate dengan keseharian kita dan membuat orang yang masih awam tak lagi takut untuk berinvestasi.

Buku ini juga menjadi sebuah kampanye #nabungsaham agar semakin banyak investor ritel di pasar modal Indonesia.

3. Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki

Sumber Foto: Amazon

Rekomendasi buku untuk belajar saham pemula berikutnya adalah Rich Dad, Poor Dad. Buku untuk saham ini disusun dengan bahasa yang kasual dan mudah dimengerti untuk pemula.

Buku ini menjelaskan kepada pembaca bagaimana orang miskin yang dilatih untuk bekerja demi, sedangkan orang kaya bekerja untuk mendapatkan pengetahuan.

Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran mengenai bagaimana mengelola keuangan, sehingga bisa hidup dengan keadaan keuangan yang lebih stabil.

Selain itu, di buku panduan saham ini ini, kamu juga bisa mempelajari prinsip dasar memulai investasi yang menguntungkan. Robert Kiyosaki akan mengajari kamu cara mengalokasikan uang ke dalam tiga aset utama, yakni properti, bisnis, dan saham atau obligasi.

4. Who Wants To Be A Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean

Sumber Foto: Gramedia

Buat kamu yang bosan dengan metode membaca buku panduan saham yang berisi tulisan semua, berarti akan cocok dengan satu ini.

Meski membahas tentang saham, buku investasi saham karya Lukas Setia Atmaja & Thomdean ini membawa suasana membaca yang berbeda. Sebab, kamu akan diajak seperti sedang membaca komik tentang saham.

Yap, buku untuk saham yang satu ini memang berisikan gambar dan tulisan yang tidak asing bagi para pecinta komik. Bahasanya tentu ringan dan sangat menarik.

Buku panduan saham  ini juga menjadi salah satu buku wajib baca buat kamu yang baru mau mulai berinvestasi dalam saham. Melalui cover bukunya saja sudah terlihat banyak animasi di dalamnya. Seru banget deh!

5. Investory – Andhika Diskartes

Sumber Foto: Diskartes.com

Rekomendasi buku belajar saham pemula yang terakhir adalah Investory dari Andhika Diskartes. Buku panduan saham yang satu ini mengupas segala hal terkait investasi dari level yang mudah untuk para pemula yang memiliki keinginan besar berkecimpung di dunia pasar modal.

Investory cocok untuk semua orang yang belum paham mengenai finansial. Tidak hanya sekadar menyajikan teori, buku investasi saham ini juga menyuguhkan beberapa contoh yang terjadi di pasar saham Indonesia. Gaya bahasa yang dikemas dalam buku Investory juga ringan dan mudah dimengerti orang awam.

Well, itulah 5 rekomendasi buku belajar saham pemula yang bisa kamu coba untuk dibaca. Yang mana saja sudah kamu baca?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here