5 Produk yang Prospek untuk Bisnis Ekspor

0
110
bisnis ekspor
Sumber Foto: Pexels

Ini Dia Produk Bisnis Ekspor Dengan Prospek Tinggi

Bisnis ekspor memang sangat menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Selain meningkatkan brand awareness hingga ke luar negeri, trafik penjualan pun bisa meningkat drastis jika berhasil menjajakan produk hingga ke luar negeri.

Apalagi, kita tinggal di negara Indonesia yang sudah terkenal sejak dulu keanekaragamannya. Dengan demikian, kita punya banyak peluang untuk bisa ekspor barang apa saja. Namun, perlu diketahui jika tidak semua produk memiliki prospek yang tinggi di pasar global.

Untuk bisa menjalankan usaha ekspor, selain memiliki syarat menjadi eskportir, ada baiknya kamu juga mengetahui produk apa saja yang berpotensi tinggi di dunia agar bisa meraup keuntungan besar. Di bawah ini, kami berikan beberapa komoditi potensial ekspor di Indonesia.

Baca Juga: Ikan Koi, Peluang Bisnis di Masa Pandemi Yang Menjanjikan

5 Bisnis Ekspor Indonesia yang Dicari Dunia

Jika kamu tertarik dengan bisnis ekspor impor, mungkin beberapa bisnis di bawah ini akan cocok untuk kamu. Karena, beberapa komoditi ini banyak dicari dunia. Apa saja? Berikut selengkapnya!

1. Produk Perikanan dan Kelautan

Sudah dari sejak dulu Indonesia dikenal dengan negara maritim yang memiliki lautan terbesar kedua setelah laut China Selatan. Namun, tetap saja Indonesia yang mampu menjadi penghasil ikan terbanyak dan terbesar di dunia.

Sebagai negara kepulauan dengan laut yang luas, sudah pasti produk perikanan dan kelautan menjadi salah satu produk yang memiliki potensi ekspor tinggi di dunia.   Meskipun dalam komoditi ini masih belum termasuk komoditas utama ekspor Indonesia. 

2. Produk Tekstil Kulit

Selanjutnya, kekayaan sumber daya alam Indonesia yang tidak kalah potensial yaitu produk tekstil kulit. Kamu pasti tidak menyangka, jika ternyata produk tekstil yang terbuat dari kulit hewani ini merupakan salah satu komoditi yang sedang naik daun di pasar global.

Biasanya produk tekstil kulit ini terbuat dari kulit kambing, kerbau, sapi, rusa, dan buaya. Kulit ini kemudian diolah oleh para pengrajin atau pelaku UKM. Jangan salah, usaha ini memiliki nilai jual yang cukup menggiurkan.

Kabarnya, pada tahun 2016 hingga tahun 2017, usaha ekspor produk tekstil kulit ini mencapai 25 juta Dolar Amerika Serikat. Hebat sekali bukan?

3. Peralatan Medis

Siapa sangka ternyata negara berkembang ini memiliki potensi komoditi ekspor dalam bidang kesehatan seperti peralatan medis? 

Direktur Jenderal Perdangan Luar Negeri Kementrian Perdagangan yakni Didi Sumedi mengatakan jika potensi ekspor peralatan medis Indonesia di tahun 2021 ini sudah tembus angka 4,54 miliar Dollar AS. Nilai ini setara dengan Rp 63,4 triliun. 

4. Tanaman Obat

Tidak berhenti sampai di peralatan medis saja, bisnis ekspor dalam bidang kesehatan yang berpotensi lainnya yaitu tanaman obat. Yap, Indonesia terkenal dengan tanaman-tanaman herbalnya yang memiliki khasiat dan kualitas baik di dunia.

Kamu juga perlu tahu jika Indonesia merupakan salah negara produsen tanaman obat terlengkap di dunia. Nilai transaksi ekspornya pun mencapai 17,6 juta Dollar AS. Hal ini karena permintaan ekspor produk terus meningkat di berbagai negara maju.

5. Rempah-Rempah 

Sudah sejak dulu sekali jika Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Bahkan, dulu Indonesia sempat dijajah karena tergiur dengan rempah-rempahnya. Sehingga, tidak salah jika rempah-rempah menjadi salah satu produk potensial ekspor.

Rempah-rempah yang menjadi komoditi ekspor Indonesia diantaranya buah pala, cengkeh, tembakau, dan sejenisnya. Komoditi ekspor ini juga sangat berpotensi memberikan keuntungan yang sangat besar.

Selain dengan mengetahui beberapa komoditi bisnis ekspor di atas, untuk bisa meraup keuntungan lebih kamu bisa ikut investasi P2P lending yang aman seperti di Amartha. Psstt… keuntungannya mencapai 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here