5 Persiapan Gen Z Dalam Memasuki Dunia Kerja

0
30
gen z masuk dunia kerja
Sumber Foto: istockphoto

Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Gen Z

Selain milenial, generasi Z atau gen Z juga punya peran yang cukup dominan di tengah masyarakat saat ini.

Sebagian besar dari generasi ini siap untuk memasuki dunia kerja. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar benar-benar layak masuk dunia kerja dan dapat memberikan performa terbaik.

Berikut ini Money+ beberkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan generasi Z saat akan memasuki dunia kerja:

1. Pengetahuan sesuai Bidang Kerja

Sumber Foto: iStockphoto

Hal paling utama yang harus dipersiapkan saat gen Z Indonesia akan memasuki dunia kerja adalah pengetahuan.

Tentunya pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan sesuai dengan bidang kerja yang akan digeluti. Ini menjadi bekal dasar yang harus dimiliki oleh siapapun agar bisa masuk ke dunia kerja.

Tanpa pengetahuan yang layak maka akan sulit untuk menunjukkan performa optimal di bidang tersebut. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pengetahuan tersebut. Mulai dari menjalani pendidikan formal hingga informal.

Selain itu bisa juga dengan belajar secara autodidak lewat membaca buku, artikel, bahkan menonton video.

Bahkan saat ini banyak platform online yang memungkinkan semua orang belajar banyak mengenai sebuah bidang pekerjaan. 

2. Semangat Pantang Menyerah

Poin lain yang juga harus dipersiapkan oleh gen Z ketika akan masuk dunia kerja adalah semangat serta sikap pantang menyerah.

Sifat ini sangat penting untuk dimiliki karena akan ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi di dunia kerja.

Jika tak ada semangat pantang menyerah maka akan sulit untuk terus bertahan di bidang kerja yang digeluti. 

Apa yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap semangat ini? Pertama, pilihlah bidang pekerjaan yang paling kamu sukai.

Bekerjalah di bidang yang sesuai dengan bakatmu sehingga kamu akan terus bersemangat. Kemudian tentukan apa yang menjadi targetmu sehingga kamu akan terus terpacu untuk mencapai target tersebut. 

3. Kemampuan Bersosialisasi

Sumber Foto: Shutterstock

Saat memasuki dunia kerja, kemampuan bersosialisasi ini sangat penting untuk dimiliki.

Salah satu karakteristik gen Z adalah mudah untuk bersosialisasi sehingga hal ini tentu tidaklah sulit untuk dipersiapkan.

Namun jika kamu termasuk tipe orang yang introvert dan sulit berinteraksi dengan orang lain maka latihlah mulai dari sekarang. 

4. Kemauan untuk Terus Belajar

Sumber Foto: Pexels

Generasi ini juga harus mempersiapkan kemauan keras untuk terus belajar saat mulai memasuki dunia kerja. Poin yang satu ini juga sangat penting karena dunia kerja akan terus berkembang. Bagaimanapun juga kamu harus membuka diri dan belajar banyak hal baru demi mendukung performa di tempat kerja. 

Persiapkan dirimu untuk mau mempelajari banyak hal. Usahakan kamu terus membuka diri terhadap berbagai jenis hal yang ada di sekelilingmu.

Sikap seperti ini sangat dibutuhkan agar kamu bisa terus upgrade kemampuan dan menapaki jenjang karier yang semakin tinggi. Dengan begitu kamu dapat terus bertahan dan bersaing di dunia kerja seiring waktu berjalan. 

5. Pengelolaan Finansial

Tips atur keuangan
Sumber Foto: Shutterstock

Gen Z lahir tahun 1996-2015 dan sebagian besar tidak begitu peduli terhadap manajemen finansial. Setelah masuk dunia kerja, kemampuan mengelola finansial harus benar-benar dipersiapkan dengan baik.

Kamu harus sadar betul bahwa manajemen finansial akan menjamin masa depanmu. Kelola uang gajimu dengan sebaik mungkin agar kamu bisa menikmati finansial yang mapan.

Bagi kamu gen Z yang sekarang siap masuk dunia kerja, pastikan kamu benar-benar mempersiapkan semua hal ini. Jangan lupa, rencanakan investasi sedini mungkin setelah kamu dapat penghasilan sendiri.

Investasi bersama P2P Lending Amartha akan jadi pilihan terbaik karena dijamin aman dan nilai bagi hasil yang kompetitif yaitu hingga 15% flat per tahun. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here