5 Perempuan Tangguh Ini Jadi Orang Terkaya di Indonesia

5 Perempuan Tangguh Ini Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Sebagian besar orang terkaya di Indonesia masih didominasi oleh Pria dalam daftar 50 orang terkaya versi Forbes. Dua perempuan terkaya masuk dalam daftar 50 terkaya ini yakni Arini Subianto dan Kartini Muljadi, tetapi ada tiga perempuan tangguh lainnya yang disebut sebagai perempuan terkaya di Indonesia. Siapakah mereka? Kali ini, Amartha mencoba memberikan profil singkat mengenai lima perempuan terkaya di Indonesia.

Arini Subianto

Majalah Forbes Indonesia mengantarkan Direktur Utama Persada Capital Investama ini berada di peringkat 32 sebagai 50 orang terkaya di Indonesia. Perempuan berusia 47 tahun ini memiliki total kekayaan mencapai Rp 12 triliun. Perusahaan yang dipimpinnya bergerak di bidang kelapa sawit, batubara, karet dan kayu. Selain itu, dia juga mempunyai bisnis di bidang properti, perhotelan dan kesehatan.

Dia merupakan putri dari pengusaha bernama Benny Subianto yang merupakan pendiri perusahaan tersebut. Bagi Anda penggemar buku, mungkin tak asing lagi dengan toko buku Aksara. Ya, dia merupakan pemilik dari toko buku tersebut.

Kartini Muljadi

Kartini Muljadi (88) merupakan pemilik perusahaan farmasi PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC). Dia memiliki total harta sebesar Rp 9,1 triliun. Kekayaan ini membuatnya masuk dalam daftar 50 orang terkaya versi Majalah Forbes Indonesia. Dia memulai karirnya sebagai hakim di Pengadilan Istimewa Jakarta. Kemudian, dia beralih menjadi notaris.

Pada 1990, dia memutuskan pensiun dini sebagai notaris. Dia mendirikan kantor pengacara dan konsultan hukum bernama Kartini Muljadi & Rekan.(KMR). Perempuan berusia 88 tahun ini sukses mendirikan kantor itu dan dikenal menangani kasus-kasus perusahaan- perusahaan besar nasional dan multi- nasional.

Bakat bisnisnya itu menurun pada ketiga anaknya yakni Sucipto Muljadi pemilik multi perusahaan (XINTAI, Well head & X dan Mastree), Handoyo Muljadi dan Dian Muljadi yang merupakan pemilik kelompok bisnis Tempo Scan Group.

Siti Hartati Murdaya

Siti Hartati Murdaya (72) masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia tahun 2018 pada Majalah Globe Asia. Dia bersama suaminya  memiliki total kekayaan sekitar Rp 20,3 triliun. Bersama sang suami Murdaya Poo (77), dia merupakan pemilik PT Central Cipta Murdaya (CCM) yang bergerak di bidang perdagangan, manufaktur, propert, energi dan teknologi informasi.

Salah satu usahanya yang paling dikenal di masyarakat adalah sepatu League yang diproduksi oleh perusahaan Berca Retail Group. Perusahaan ini merupakan distributor utama League, Nike, Nike Golf, And1, dan Adidas, dengan jaringan penjualan tersebar di Indonesia. Dia juga yang membeli PT. Jakarta International Expo (PRJ) sebesar Rp 1 triliun.

Melinda Tedja

Melinda Tedja (74) bersama suaminya Alexander Tedja (74) merupakan pemilik perusahaan properti dan mal terbesar di Indonesia, Pakuwon Group. Dia mengawali bisnis properti di Surabaya. Sebelumnya, sang suami merupakan pengusaha di bidang perfilman dan perbioskopan yakni PT ISAE FILM (1972), PT Pan Asiatic Film (1991) dan PT Menara Mitra Cinema Corp (1977). Pada 1982, dia memfokuskan diri untuk menjadi pengusaha properti dan mal. Pada 1990an, mal Tunjungan Plaza di Surabaya berhasil menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

Di Jakarta, pemilik  PT Pakuwon Jati Tbk. ini membangun Kota Kasablanka dan Gandaria City di Jakarta Selatan. Kini, keluarga Tedja memiliki total kekayaan Rp 1,7 triliun.

Siti Hardianti Rukmana

Perempuan yang dikenal dengan nama Tutut Soeharto (69) ini termasuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia menurut Globe Asia. Dia memiliki perusahaan bernama Citra Lamtoro Gung Persada yang bergerak di bidang Jalan tol, investasi dan properti Putri dari Presiden ke-2 Soeharto ini memiliki total kekayaan sebesar 205 juta dollar AS

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: