5 Perempuan Tangguh Indonesia yang Diakui Dunia

Hari Ibu dirayakan pada 22 Desember di Indonesia. Awal mulanya, pada 1928, Perserikatan Perkoempolan Isteri Indonesia (PPII) di kongres ketiga, Dalem Jayadipuran, Yogyakarta menyatakan Hari Ibu jatuh pada 22 Desember. Kongres ini memperjuangkan emansipasi perempuan di Tanah Air. Mereka ingin agar perempuan di Indonesia mendapatkan peran penting dalam pembangunan. Kala itu, mereka memperjuangkan pendidikan untuk perempuan hingga kawin paksa.

Presiden Soekarno telah memberikan Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 bahwa Hari Ibu pada 22 Desember menjadi Hari Ibu Nasional. Beberapa perempuan tangguh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia seperti Raden Ajeng Kartini, Cut Nyak Dhien dan Martha Christina Tiahahu. Namun, saat ini, banyak perempuan tangguh zaman sekarang yang telah diakui dunia atas perannya dalam membangun Indonesia. Siapa saja? Berikut 5 perempuan tangguh yang diakui dunia.

Sri Mulyani

Sebelum menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia, Kabinet Kerja 2014-2019, Sri Mulyani Indrawati telah menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Dia juga pernah menjadi Menteri Keuangan RI pada era Presiden SBY. Bahkan, seperti dikutip Wikipedia, dia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Dia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 ini merupakan pengusaha sukses yang memiliki perusahaan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air. Istilah “Tenggelamkan” menjadi viral di media massa. Dia tak segan untuk menenggelaman kapal-kapal asing ilegal di perairan Indonesia. Dia mendapatkan penghargaan Leaders for a Living Planet Award 2016 dari WWF sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan serta The BBC 100 Women pada 2017.

Tri Rismaharini

Tri Risma Harini, atau yang akrab disapa Risma ini merupakan Wali Kota Surabaya. Dia menjadi perempuqnpertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya. Pada Juli 2018, Surabaya di memperoleh penghargaan Lee Kuan Yew City Prize bersama dengan Hamburg, Jerman; Kazan, Rusia; dan Tokyo, Jepang. Penghargaan ini diperoleh karena Surabaya dianggap sebagai salah satu kota besar di dunia yang mampu mempertahankan dan mengelola kampung di tengah kota dengan manajemen pemerintah dan partisipasi masyarakat yang sangat baik di tengah laju pembangunan kota yang semakin berkembang dengan pesat. Surabaya menjadi kota pertama di Indonesia yang memperoleh penghargaan ini. Pada 2015, nama Tri Rismaharini masuk sebagai 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune bersama dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Dian Pelangi

Dian Pelangi merupakan desainer dan pengusaha perempuan yang telah populer di Indonesia dan internasional. Dian Pelangi telah memamerkan karyanya di  Islamic Fashion (Pepin Press, Netherlands), The International Fair of Muslim World at Le Bourget, Paris, serta The 2014 Haute Arabia Fashion Show di Blvgary Hotel, London.

Lindswell Kwok

Lindswell telah mencatat berbagai prestasi saat mewakili Indonesia sebagai atlet muda wushu di berbagai kejuaraan internasional. Dia telah meraih empat medali emas untuk Kejuaraan Dunia Wushu. Baru-baru ini, dia mendapatkan medali emas di Asian Games 2018.

Di Amartha, banyak perempuan tangguh yang berusaha untuk membangun ekonomi keluarga secara mandiri. Mereka merupakan pengusaha mikro yang ingin mandiri. Melalui Amartha, mereka mendapatkan pembiayaan modal dari para pendana di perkotaan. Dengan fintech peer to peer lending, Amartha dapat menghubungkan antara pendana di kota dengan peminjam di desa. Mau ikut membantu ekonomi di desa? Anda bisa memulai pendanaan sebesar Rp 3 juta dengan imbal hasil menarik hingga 15% di amartha.com .

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/5-perempuan-tangguh-indonesia-yang-diakui-dunia">
LINKEDIN
%d bloggers like this: